Brilio.net - Air jahe kerap jadi solusi yang tepat saat cuaca mulai dingin. Sensasi hangat yang ditimbulkan dapat memberikan rasa lega pada tenggorokan dan juga perut.

Kenikmatan ini akan meningkat ketika kamu menambahkan gula merah dalam minumanmu. Selain bisa mengurangi sensasi pedas dari jahe, ramuan ini akan memberikan efek menenangkan pada tubuhmu. Organ tubuh pun akan terjaga dan terhindar dari serangan penyakit.

Jahe merupakan rempah yang menyimpan banyak khasiat baik untuk tubuh, mulai dari kandungan vitamin C hingga antioksidan. Selain itu, masih ada kandungan beberapa vitamin dan mineral seperti zat besi, kalium, vitamin C, vitamin B3, vitamin B6, serta folat. Sementara itu, gula merah atau gula jawa sebagai pemanis alami juga memiliki kandungan fosfor, magnesium, hingga flavonoid.

Dengan campuran jahe dan gula merah, akan memberikan banyak manfaat untuk kesehatanmu. Simak penjelasan selengkapnya dalam ulasan brilio.net dari berbagai sumber pada Rabu (21/7) berikut ini.

Loading...

Manfaat air jahe untuk kesehatan.

1. Meredakan pusing.

Manfaat air jahe dan gula merah untuk kesehatan © pexels.com

foto: pexels.com

Rasa pusing kerap hinggap karena berbagai alasan. Kelelahan, tekanan dalam pikiran, sampai dengan pertanda dari gangguan kesehatan tertentu. Konsumsi segelas air jahe untuk meredakan pusing. Nikmati selagi hangat untuk menambah efek tenang dalam tubuh.

2. Mengatasi batuk.

Ramuan minuman jahe sudah dipercaya masyarakat Indonesia sebagai salah satu obat alami, apalagi untuk jahe merah. Secara umum, kandungan flavonoid pada jahe merah memiliki sifat antiperadangan. Jadi, tak hanya untuk meredakan gejala batuk, jahe merah juga efektif untuk menyembuhkan gejala sakit tenggorokan.

3. Meredakan nyeri otot.

Menurut studi dari University of Georgia, Amerika Serikat, jahe memiliki efek antiperadangan yang juga berkhasiat mengurangi sakit otot. Dalam penelitian tersebut, para ahli melakukan riset terhadap 74 orang untuk melakukan beberapa latihan fisik. Sehingga, cara ini bisa dimanfaatkan untuk mengatasi nyeri pada otot akibat berbagai aktivitas.

4. Antikanker dan cegah penuaan.

Manfaat air jahe dan gula merah untuk kesehatan © pexels.com

foto: pexels.com

Perlu kamu ketahui bahwa jahe diketahui bersifat antiinflamasi dan antioksidatif yang bisa mengendalikan proses penuaan. Jahe juga memiliki potensi antimikroba yang dapat membantu dalam mengobati penyakit menular. Bahkan, manfaat jahe disebut-sebut dapat mencegah berbagai kanker.

5. Menangkan infeksi virus dan bakteri.

Khasiat jahe lainnya ialah bisa menangkal infeksi dan virus yang masuk ke tubuh. Hal ini lantaran kandungan gingerol dalam jahe dipercaya bisa menghambat infeksi bakteri, seperti shigela, E-coli, dan lain-lain.

6. Menjaga kesehatan tulang.

Manfaat jahe lainnya yaitu menyehatkan tulang. Dengan rajin mengonsumsi jahe, maka kamu akan terhindar dari berbagai penyakit, seperti tulang keropos, sakit tulang, dan lainnya.

7. Meredakan nyeri haid.

Nyeri di sekitar perut sering dirasakan para wanita ketika haid. Sejumlah peneliti membuktikan bahwa jahe yang dikonsumsi dapat meredakan nyeri menstruasi pada wanita. Bahkan, khasiat dari jahe disebut tak berbeda jauh dengan obat ibuprofen dan asam mefenamat. Kamu bisa meminum perasan jahe secara rutin selama dua hari berturut-turut. Maka, nyeri yang begitu menyiksa akan hilang.

8. Mengatasi mual.

Manfaat air jahe dan gula merah untuk kesehatan © pexels.com

foto: pexels.com

Minumlah air rebusan jahe ketika kamu merasa mual. Konsumsi selagi hangat untuk meredakan rasa mual di dalam tubuh. Cara ini menjadi salah satu pengobatan yang terkenal di beberapa negara.

9. Memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Mengonsumsi jahe menjadi cara untuk menjaga kebugaran tubuh. Hal ini lantaran jahe banyak mengandung vitamin C dan magnesium. Kandungan ini membuatnya membantu tubuh untuk memperkuat sistem imun.

10. Menjaga pencernaan.

Jahe dapat menjaga kesehatan lambung dan pencernaan. Bahkan, jahe untuk bisa mengatasi luka pada lambung, rutin mengonsumsinya maka kamu akan terbebas dari masalah pencernaan.

Manfaat gula merah untuk kesehatan.

11. Mencegah anemia.

Manfaat air jahe dan gula merah untuk kesehatan © pexels.com

foto: pexels.com

Kandungan zat besi dan folat tersimpan dalam gula merah. Kandungan tersebut ampuh mencegah terjadinya anemia. Selain itu, gula merah dapat mempertahankan kadar normal sel darah merah dan juga mempercepat peredaran darah.

12. Antiperadangan.

Kandungan antiperadangan dan antimikroba di dalam gula merah dapat mengatasi luka minor dan luka terbakar, karena bersifat antiseptik. Caranya, cukup dengan menempelkan gula merah ke area luka dan diamkan beberapa saat.

13. Mengatasi sariawan.

Sariawan memang memiliki bentuk kecil, namun akan sangat mengganggu jika dibiarkan. Kamu bisa memanfaatkan gula merah sebagai salah satu solusinya. Caranya pun cukup sederhana, kamu hanya butuh segelas kunyit asam yang dimasak menggunakan gula merah. Ramuan ini sudah lama digunakan nenek moyang untuk mengatasi sariawan dan panas dalam.

14. Mengatur kadar kolesterol.

Manfaat air jahe dan gula merah untuk kesehatan © pexels.com

foto: pexels.com

Gula merah mengandung senyawa niacin yang berperan dalam mengatur kolesterol dalam darah, sehingga kadar kolesterol dapat dijaga untuk tetap normal. Akan tetapi, perlu diingat untuk mengonsumsi pemanis ini sesuai kebutuhan, tanpa perlu berlebihan.

15. Meredakan nyeri sendi.

Dengan menggabungkan gula merah dan jahe, kamu bisa mendapatkan manfaat yang tak kalah baik. Salah satu permasalahan yang bisa diatasi dengan cara ini adalah nyeri sendi. Selain itu kamu juga dapat meminum segelas susu hangat dengan tambahan satu sendok makan gula merah, maka akan memperkuat tulang dan menjauhkan dari masalah kesehatan tulang.