Manfaat susu kambing untuk kecantikan.

manfaat susu © 2022 brilio.net

foto: freepik.com

22. Melembutkan kulit.

Susu kambing mengandung anti pembengkakan yang bisa melembutkan kulit kering dan kulit yang rusak. Ada pula kandungan trigliserid yang bertindak sebagai pelembap alami kulit. Selain itu, tingkat pH pada susu kambing bisa mencegah kulit kering dan bisa melindungi kulit dengan nutrisi.

23. Mengobati jerawat.

Mengaplikasikan susu kambing pada wajah bisa mengatasi masalah jerawat yang disebabkan oleh bakteri. Hal in karena susu kambing mengandung alpha hydroxy acid alami, yang merupakan elemen exfoliant alami yang menghilangkan sel-sel kulit mati dari kulit.

Oleh karena itu, manfaat susu kambing secara tidak langsung juga mampu memperbaiki kulit berjerawat. Vitamin yang terkandung pada susu kambing memiliki beberapa sifat anti-peradangan yang dapat membantu mengurangi kemerahan jerawat. Kandungan beberapa zat aktif dalam formula sabun susu kambing mampu mengatasi dengan optimal gejala-gejala jerawat kemudian menghilangkan secara alami flek-flek bekas jerawat.

24. Melembapkan kulit.

Selain melembutkan kulit, susu kambing juga dapat melembabkan kulit. Hal ini karena susu kambing mengandung PH yang setara dengan kulit yang akan membuat kulit nampak lembab dan lembut. Cara mendapatkan manfaat susu kambing untuk kecantikan adalah dengan menggunakan masker susu kambing secara rutin misal 3 kali dalam seminggu.

25. Mencerahkan kulit.

Susu Kambing cocok untuk kulit kering, sensitif, eksim, psoriasis. Sabun susu kambing cocok untuk orang yang mempunyai jenis kulit kering atau sensitif, atau juga mempunyai masalah kulit seperti eksim dan psoriasis. Formula yang terdapat dalam susu kambing mampu menetralisir kulit dari kekeringan dan juga bisa menormalkan kulit yang cenderung berminyak.

Selain itu, susu kambing juga diyakini mengandung bahan alami yang bisa mengatasi kulit akibat tersengat sinar matahari terutama untuk kulit pada iklim tropis. Penggunaan susu kambing secara rutin bisa mencegah kulit kasar, kering dan kusam. Kamu bisa menggunakan masker dari susu kambing secara teratur untuk mencerahkan kulit.

26. Mencegah penuaan dini.

Meski masih berusia muda, seseorang dapat mengalami penuaan dini seperti munculnya flek hitam hingga keriput.

Kondisi tersebut dapat dicegah, salah satunya dengan memanfaatkan susu kambing sebagai masker. Susu kambing dapat membantu merangsang produksi kolagen dalam tubuh. Menggunakan masker susu kambing dapat membantu mencegah munculnya tanda-tanda penuaan dini.

27. Meregenerasi kulit.

Sel kulit mati yang menumpuk dapat menyebabkan kulit wajah menjadi kusam. Salah satu cara untuk mengangkat sel kulit mati yaitu dengan eksfoliasi. Kandungan Alpha-hydroxyl Acid (AHA) pada susu kambing bisa mengangkat sel-sel kulit mati sehingga kulit akan tampak lebih sehat dan cerah. Bahkan, ini juga bisa menghilangkan noda pada wajah.

Selain itu, susu kambing mengandung vitamin A yang berperan membantu proses perbaikan sel-sel kulit. Setelah sel-sel kulit mati terangkat, wajah akan terlihat lebih cerah dan bercahaya. Kandungan nutrisi dalam susu kambing pun dapat membantu proses perbaikan sel-sel kulit yang rusak. Kulit pun akan tampak lebih cerah dan bersih.

28. Membantu membersihkan kulit.

Sabun yang berbahan dasar susu kambing menawarkan lemak dalam jumlah tinggi, terutama asam kaprilat. Hal ini memungkinkan untuk menghilangkan kotoran dan dengan lembut tanpa menghilangkan asam lemak alami pada kulit.

29. Menjaga dan memperbaiki lapisan terluar kulit.

Susu kambing mengandung niasin yang berfungsi melindungi bagian epidermis kulit. Dalam hal ini manfaat susu kambing untuk kecantikan adalah menjaga dan memperbaiki lapisan terluar kulit. Lapisan atau jaringan epidermis kulit adalah jaringan terluar kulit yang berfungsi melindungi jaringan di bawahnya. Akibatnya, kulit bagian luar tidak mudah rusak dan keriput.

30. Menjaga keseimbangan PH kulit.

Sabun dari susu kambing dapat membantu menyeimbangkan tingkat pH tubuh dengan sempurna. Asam kaprilat pada susu kambing dapat menurunkan keseimbangan pH sabun dan membuatnya hampir mirip dengan tubuh manusia. Hasilnya, kulit dapat menyerap sebagian besar nutrisi dari sabun dan berhasil mencegah serangan kuman.

31. Membuat kulit terasa kenyal.

Dengan mengonsumsi susu kambing dan menjadikannya masker wajah dapat membantu kulitmu menjadi lebih kenyal dan sehat. Hal ini dikarenakan kandungan vitamin C dalam susu kambing dapat merangsang produksi kolagen dalam tubuh serta membuat kulit lebih kenyal.

32. Mengontrol minyak berlebih

Manfaat susu kambing selanjutnya adalah bisa mengontrol kadar minyak di wajah. Karena di dalam susu kambing terdapat kandungan seng. Kandungan seng inilah yang dapat mengontrol kadar minyak wajah agar tetap seimbang.

33. Melindungi dari sinar ultraviolet

Paparan sinar ultraviolet memiliki dampak negatif bagi kulit dan tubuh. Hal tersebut karena sinar ultraviolet dapat memicu munculnya penuaan dini, kulit terbakar, gangguan mata hingga risiko kanker kulit.

Dengan memanfaatkan susu kambing ini, bisa terlindungi dari sinar ultraviolet yang berdampak negatif bagi kulit.

34. Sebagai eksfoliasi alami

Susu kambing memiliki kandungan eksfoliator alami, yaitu asam lactid. Selain itu terdapat kandungan senyawa yang kaya akan AHA (alpha hydroxy acids). Dengan menggunakan susu kambing secara rutin, dapat membantu eksfoliasi secara alami dan melembutkan kulit.

35. Merawat kulit kusam

Selain melembapkan, manfaat susu kambing adalah untuk merawat kulit kusam agar lebih cerah dan segar. Hal ini bisa dilakukan dengan cara menggunakan susu kambing sebagai campuran scrub rutin perawatan. Dengan menggunakan secara rutin, dapat mencerahkan kulit wajah dan terlihat lebih segar.

36. Baik untuk jantung.

Dilansir dari everydayhealth.com, susu kambing adalah alternatif yang sangat baik jika kamu mencari susu yang hampir setara dengan nutrisi susu sapi, namun susu kambing bukan pilihan terbaik untuk diminum setiap hari.

Mengkonsumsi susu kambing bisa menjaga kesehatan jantung karena kandungan magnesiumnya yang tinggi. Magnesium adalah mineral penting yang bermanfaat untuk meningkatkan kadar kolesterol baik dan menurunkan kadar kolesterol jahat.

37. Menjaga kesehatan gigi.

Dairy Goat Journal, pada susu kambing terkandung fluor alami yang bermanfaat untuk kesehatan gigi kita. Tidak hanya itu, kalsium yang ada pada susu kambing di mana bermanfaat pula untuk gigi dan gusi yang kuat. Susu kambing punya kandungan kalium, yaitu mineral penting yang dibutuhkan tubuh. Tertulis bahwa pada takaran 100 mililiter, jumlah kalium pada susu kambing mencapai 160 miligram.

38. Menurunkan peradangan.

Penelitian telah menunjukkan susu kambing memiliki sifat anti-inflamasi yang bisa membantu melawan peradangan. Sebab, susu kambing mengandung oligosakarida yang menunjukkan efek anti-inflamasi pada kolitis dan berguna dalam mengelola penyakit radang usus.

39. Membuat tidur lebih nyenyak.

Kandungan asam amino triptofan pada susu kambing, bisa membantu memproduksi hormon serotonin. Hormon serotonin ini berfungsi mengatur suasana hati dan merangsang otak dalam pengendalian waktu tidur. Dengan hormon itu, tubuh akan mengetahui kapan waktu bangun dan waktu tidur dengan baik. Mengkonsumsi susu kambing sebelum tidur akan membantu teman-teman memperbaiki siklus tidur.

 

MAGANG: ANNISA DHEANING TRIPRASIWI

MAGANG: FENI LISTIYANI