×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
11 Penyebab kanker usus yang perlu kamu waspadai

View Image

0

BRILIO » Kesehatan

11 Penyebab kanker usus yang perlu kamu waspadai

Sepele memang. Tapi ternyata sangat fatal akibatnya untuk kesehatanmu di masa mendatang

26 / 07 / 2019 22:01

Brilio.net - Kanker masih menjadi momok terbesar bagi manusia. Bagaimana tidak, penyakit yang satu ini tergolong sangat mematikan. Kanker dapat menyerang seluruh bagian organ tubuh manusia. Mulai dari bagian luar hingga organ penting di dalam tubuh, seperti usus.

Kanker usus merupakan istilah umum untuk penyebutan kanker usus besar. Kanker ini biasanya terjadi pada orang dewasa. Meski begitu bisa juga terjadi pada kalangan usia berapa saja. Kanker usus dimulai dari munculnya gumpalan kecil, sel non-kanker (jinak) yang disebut polip yang terbentuk di dalam usus.

Seiring waktu berjalan, polip ini menjadi tumbuh tidak normal dan merusak jaringan normal di dekatnya sehingga menjadi kanker usus. Jika kanker usus berkembang, banyak perawatan tersedia untuk membantu mengendalikannya, termasuk pembedahan, terapi radiasi dan perawatan obat, seperti kemoterapi.

Akan tetapi alangkah baiknya jika kamu bisa menjaga kesehatan dengan baik. Mencegah lebih baik daripada mengobati. Mengetahui apa penyebab dari kanker usus bisa membuatmu lebih waspada.

Berikut beberapa penyebab kanker usus yang perlu kamu tahu dan bisa kamu cegah sedini mungkin, seperti dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Jumat (26/7).

Loading...

1. Usia.

penyebab kanker usus pixabay

foto: pixabay.com

Usia menjadi salah satu faktor utama dari kasus penyakit ini. Mayoritas orang yang terkena kanker usus besar berusia lebih dari 50 tahun. Kendati demikian, kanker usus besar juga dapat didiagnosis pada usia berapa saja.

2. Alkohol.

penyebab kanker usus pixabay

foto: pixabay

Sudah menjadi pembicaraan umum, kalau alkohol dapat merugikan kesehatan tubuh. Penggunaan alkohol yang berlebihan meningkatkan risiko kanker usus besar. Dilansir dari coloncancer.about.com, sebaiknya mulai dari sekarang kamu harus mulai menghindari minuman beralkohol.

3. Sudah memiliki riwayat kanker.

penyebab kanker usus pixabay

foto: pixabay

Jika kamu sudah pernah menderita kanker usus besar atau polip, maka kemungkinan besar kamu bisa terjangkit lagi di kemudian hari. Sebaiknya sering-seringlah mengontrol kesehatan langsung ke dokter.

4. Radang usus.

penyebab kanker usus pixabay

foto: pixabay

Radang usus kronis, seperti kolitis ulserativa dan penyakit crohn, dapat juga meningkatkan risiko kanker usus besar. Mulailah sejak dini merawat kesehatan usus, mulai dari merubah gaya hidup dan pola makan menjadi lebih sehat.

5. Genetika.

penyebab kanker usus pixabay

foto: pixabay

Keturunan dapat meningkatkan risiko kanker usus besar. Mutasi gen yang diturunkan dari generasi ke generasi keluarga dapat meningkatkan risiko kanker usus besar secara signifikan.  

Contoh penyebab genetik yang paling umum dari kanker usus besar adalah mutasi menuju FAP (familial adenomatosa poliposis) dan HNPCC (kanker kolorektal non-poliposis herediter).

6. Berasal dari riwayat keluarga.

penyebab kanker usus pixabay

foto: pixabay

Jika kamu memiliki riwayat keluarga dengan kanker usus besar, kamu lebih mungkin terserang kanker usus besar. Apabila ada lebih dari satu anggota keluarga menderita kanker usus besar atau kanker dubur, risiko bahkan akan bertambah lebih besar lagi.

7. Makanan.

penyebab kanker usus pixabay

foto: pixabay

Makanan yang tidak sehat dapat memperburuk kesehatan. Seringnya mengonsumsi makanan yang tinggi lemak dan kolesterol dapat menyebabkan kanker usus. Misalnya terlalu banyak makan daging merah dan daging olahan.

8. Kurang olahraga.

penyebab kanker usus pixabay

foto: pixabay

Orang yang tidak aktif lebih mungkin terjangkit penyakit kanker usus. Melakukan aktivitas fisik secara teratur seperti olahraga dapat mengurangi risiko kanker usus besar.

9. Obesitas.

penyebab kanker usus pixabay

foto: pixabay

Orang yang mengalami obesitas memiliki peningkatan risiko kanker usus besar. Ini juga dapat menyebabkan peningkatan risiko kematian akibat kanker usus besar jika dibandingkan dengan orang yang memiliki berat badan normal.

10. Diabetes.

penyebab kanker usus pixabay

foto: pixabay

Orang dengan diabetes atau resistensi insulin juga memiliki peningkatan risiko kanker usus besar. Secara umum, penderita diabetes bisa 40% lebih mungkin terjangkit penyakit ini. Dibandingkan dengan mereka yang tidak menderita diabetes.

11. Menahan buang air besar.

penyebab kanker usus pixabay

foto: pixabay

Buang air besar merupakan salah satu hal yang alami dan dilakukan setiap hari. Namun terkadang ada juga orang yang justru menahan keluarga kotoran dari tubuh. Menahan feses tentu saja tidak nyaman dilakukan. Dari segi kesehatan juga sering menahan BAB keluar dapat menyebabkan risiko kanker usus meningkatkan.





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    50%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    50%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more