Brilio.net - Darah adalah manifestasi penting yang dimiliki manusia. Tanpa darah manusia tidak bisa hidup. Darah punya peranan penting, yaitu menyalurkan nutrisi dan oksigen ke seluruh tubuh dari satu bagian ke bagian lain.

Di dalam darah terdapat kandungan hemoglobin atau protein darah, yang berperan penting dalam mentransfer oksigen ke seluruh bagian tubuh. Protein harus bergabung dengan zat besi untuk bekerja menentukan 'kekuatan' darah. Ketika kekurangan tekanan darah, dapat menyebabkan penyakit seperti anemia.

Tanda-tanda orang yang menderita anemia ialah sering pusing terutama saat bangun tidur, mudah lelah, mual, hingga penglihatan kabur. Sayangnya beberapa orang kerap mengabaikan gejala-gejala tersebut karena dianggap ringan atau akibat gangguan dari tidur.

Jika anemia tidak diobati dalam jangka waktu yang lama dapat menyebabkan kerusakan pada otak dan jantung. Dan cara terbaik untuk menghindari anemia adalah dengan menjaga jumlah darah tetap tinggi.

Dilansir dari Boldsky, tekanan darah idealnya normal 120/80 mm Hg. Apabila menurun dari kisaran itu berarti dianggap sebagai tekanan darah rendah. Memiliki tekanan darah rendah, kemungkinan memiliki efek merugikan bagi tubuh.

Loading...

Disamping memeriksakan diri pada dokter, kamu bisa mencari alternatif lain. Pasalnya, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menetralkan tekanan darah memakai bahan alami, baik mengonsumsi makanan maupun minuman tanpa efek samping.

Nah, apa saja minuman alami penambah darah? Simak rangkuman brilio.net dari berbagai sumber pada Jumat (6/11).

1. Minum teh daun jelatang

minuman penambah darah © freepik.com

foto: freepik.com

Dilansir dari doctor.ndtv.com, teh daun jelatang atau yang bahasa Inggrisnya disebut Nettle, dikenal sebagai tonik penambah darah. Minuman ini mengandung zat besi dan vitamin C yang cukup baik untuk membantu membentuk darah. Tapi minuman ini tidak disarankan bagi ibu hamil.

2. Kopi.

minuman penambah darah © freepik.com

foto: freepik.com

Dikutip dari thedailymeal, kopi kerap dianggap sebagai minuman menambah darah dengan cepat, bahkan jika kamu tidak sedang mengalami anemia sekalipun. Kopi diyakini bisa meningkatkan tekanan darah pada peminum pemula. Tapi tidak terlalu berdampak bagi yang sudah terbiasa minum kopi.

3. Jus bayam.

minuman penambah darah © freepik.com

foto: freepik.com

Dihimpun dari food.ndtv.com, bayam tidak hanya penuh dengan zat besi tetapi juga merupakan sumber kalium, magnesium, vitamin C, B6, B2, K, E, karotenoid, dan tembaga yang sangat baik untuk tubuh. Kamu bisa mengolah bayam jadi jus. Padukan dengan buah apel supaya rasanya lebih lezat.

4. Jus labu.

minuman penambah darah © freepik.com

foto: freepik.com

Dikutip dari food.ndtv.com, labu atau sitaphal adalah 'harta karun' berupa antioksidan dan mineral yang dapat memberikan keajaiban bagi kesehatan. Bukan hanya buahnya saja, bahkan biji labu pun disebut-sebut sebagai salah satu sumber zat besi terbaik.

Kamu bisa makan biji labu untuk camilan atau memasukkannya ke dalam mangkuk smoothie. Minum jus labu secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

5. Jus buah bit.

minuman penambah darah © freepik.com

foto: freepik.com

Menurut food.ndtv.com, jus merah hasil dari buah bit, adalah salah satu ramuan penyembuhan atau obat yang tidak boleh kamu abaikan. Buah bit kaya akan zat besi dan kalium. Jus bit juga dapat melakukan keajaiban untuk tingkat tekanan darah.

6. Smoothie biji rami dan wijen.

minuman penambah darah © freepik.com

foto: freepik.com

Berdasarkan food.ndtv.com, biji rami dan wijen kaya akan zat besi, serat, antioksidan, protein, dan manfaat lain. Kamu bisa memanfaatkan campuran biji rami dan wijen jadi smoothie. Agar rasanya lebih lezat, tambahkan susu dan madu.

7. Jus plum.

minuman penambah darah © freepik.com

foto: freepik.com

Dikutip dari timesofindia.indiatimes.com, jus prune yang terbuat dari plum kering atau plum, mengandung banyak nutrisi yang dapat berkontribusi untuk kesehatan. Menariknya lagi, prune adalah sumber energi yang baik, dan tidak menyebabkan kenaikan cepat kadar gula darah.

Setidaknya, setengah cangkir jus prune mengandung 3 mg atau 17 persen zat besi. Ambil 5 buah plum kering, tambahkan 1/4 gelas air, dan diamkan selama 15-20 menit. Kemudian blender bersama plum basah, 1 gelas air, 1 sdt jus lemon, dan 2 sdt gula.

8. Jus bayam dan mint.

minuman penambah darah © freepik.com

foto: freepik.com

Dikutip dari timesofindia.indiatimes.com, jus berwarna hijau cerah ini paling pas dikonsumsi saat pagi hari. Jus bayam dan mint merupakan sumber zat besi yang baik dan berbagai nutrisi lain seperti vitamin A dan C. Selain untuk penderita anemia, minuman ini juga baik untuk menurunkan berat badan.

Caranya, campurkan 4 cangkir bayam yang sudah dicincang kasar, 1 cangkir daun mint cincang halus, dan 1/2 cangkir air. Blender hingga halus, lalu saring. Tambahkan 1 sdm jus lemon dan 1 sdt bubuk jinten, kemudian aduk rata. Agar rasanya kian segar, tambahkan beberapa es batu.

9. Jus campuran sayur.

minuman penambah darah © freepik.com

foto: freepik.com

Dikutip dari timesofindia.indiatimes.com, sangat baik mengonsumsi campuran dari berbagai sayuran yang sangat kaya akan vitamin dan mineral, terutama zat besi, vitamin C, dan serat. Kamu bisa membuat jus dari 2 cangkir bayam cincang kasar, 1 cangkir kangkung (robek), 1 cangkir labu cincang, 1/4 cangkir amla, dan 1 sdm madu. Haluskan menggunakan 2 gelas air dingin.

10. Air garam.

minuman penambah darah © freepik.com

foto: freepik.com

Dikutip dari boldsky, mencampur setengah sendok teh garam dengan satu gelas air putih bisa membantu menaikkan tekanan darah secara alami. Minum dua kali sehari secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.