Brilio.net - Saat ini banyak sekali minuman yang diklaim dapat membantu menjaga kesehatan tubuh. Salah satunya adalah minuman yang terbuat dari sarang burung walet. Tak jarang, beberapa produk sarang burung walet ini pun bermunculan di media sosial ataupun online store.

Sarang burung walet atau dikenal juga dengan sebutan Edible's Bird Nest merupakan sarang yang tercipta dari air liur burung walet, yang kemudian menjadi padat. Diketahui, sarang burung walet memiliki khasiat baik bagi kesehatan. Sarang burung walet adalah salah satu tonik paling populer dalam Pengobatan Tradisional Cina (TCM).

Sarang burung walet asli biasanya berukuran 11 cm, dengan berat mencapai 16 gram. Ketika sudah dewasa, tingginya bisa bertambah menjadi 18 cm dan berat menjadi 32 gram. Burung walet menganyam sarang dari air liurnya di dalam gua atau bangunan kosong.

Banyak orang berternak sarang burung karena merupakan bisnis menguntungkan. Seperti diketahui, sarang burung walet bisa laku mahal di pasaran karena manfaat yang terkandung dalam sarang burung tersebut.

Manfaat sarang burung walet bukan rahasia lagi. Dari anak-anak hingga orang tua dan pria maupun wanita, setiap orang dapat menikmati kebaikannya untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan kehidupan secara keseluruhan. Selama ratusan tahun, budaya Cina sangat menghargai manfaat kesehatan dari sarang burung walet.

Loading...

Sarang burung walet mengandung kalsium, zat besi, kalium, natrium, fosfor, asam sialat, dan asam amino. Dengan kandungan gizi yang banyak, sarang burung walet bermanfaat untuk menjaga kesuburan organ reproduksi, menjaga kesehatan kulit, menguatkan kehamilan pada ibu hamil sehingga bayi yang akan dilahirkan akan lebih sehat.

Tak hanya itu, masih banyak manfaat lain dari sarang burung walet. Berikut 10 manfaat sarang burung walet untuk kesehatan, brilio.net rangkum dari purestnest.com dan sumber lain pada Selasa (15/12).

1. Mencegah resistensi insulin.

Manfaat kesehatan sarang walet © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Resistensi insulin menjadi salah satu faktor risiko terbesar dari penyakit diabetes. Kandungan zat gizi dalam sarang walet dapat membantu dalam mengurangi produksi insulin berlebihan. Selain itu, sarang walet juga dapat membantu menjaga kerja metabolisme tubuh dalam memecah lemak lebih efektif, sehingga bisa mencegah resistensi insulin.

2. Menjaga kesehatan jantung.

Manfaat kesehatan sarang walet © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Mengonsumsi sarang walet dalam bentuk minuman atau pun sup dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Hal ini dikarenakan sarang burung walet memiliki efek serupa obat penurun kolesterol, seperti simvastatin, tetapi tak sampai mengganggu kerja metabolisme dalam tubuh.

Dengan manfaat tersebut, sarang walet dapat membantu menurunkan risiko pengentalan darah atau hiperkoagulasi, sebagai akibat kolesterol tinggi. Sebab, hiperkoagulasi inilah yang menjadi penyebab umum terjadinya penyakit jantung atau kardiovaskular.

3. Baik untuk perkembangan otak janin.

Manfaat kesehatan sarang walet © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh National Center for Biotechnology Information (NCBI) Amerika Serikat, khasiat asam sialat yang terdapat pada sarang walet bermanfaat bagi perkembangan otak janin ketika di kandungan.

Sarang burung walet juga mengandung asam folat yang berguna untuk perkembangan janin dalam kandungan serta dapat mencegah anemia. Selain itu, ada juga kandungan asam amino yang dapat mengurangi kelelahan dan kecemasan pada ibu hamil.

4. Menjaga kesehatan tulang.

Manfaat kesehatan sarang walet © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Kehadiran jumlah kalsium yang cukup dalam sarang burung walet bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang, khususnya bagi anak-anak. Kalsium merupakan komponen penting untuk membangun tulang dan otot pada anak.

Sarang burung walet ini bisa diberikan pada anak-anak setidaknya ketika usianya sudah lebih dari 1 tahun. Namun sebelum dikonsumsi secara rutin, pastikan anak-anak tidak menunjukkan gejala alergi setelah mengonsumsi sarang burung walet.

5. Menjaga kesehatan kulit.

Manfaat kesehatan sarang walet © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Kulit cantik adalah kulit yang sehat. Mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung sarang burung walet dapat membantu menjaga kesehatan kulit. Epidermal Growth factor (EGF) yang terkandung dalam sarang walet dapat merangsang produksi kolagen dalam jumlah tinggi. Dengan begitu, sarang burung walet dapat memudarkan flek dan kerutan di wajah.

Selain itu, kandungan enzim dan hormon yang terdapat pada sarang walet berguna untuk memaksimalkan proses regenerasi sel. Selain itu, kandungan lain pada sarang burung walet berupa sialic acid dapat melindungi kulit agar terhidrasi dengan baik. Dengan adanya hidrasi kulit yang optimal, kerutan dapat dicegah sehingga bagus untuk proses peremajaan kulit.

6. Mempercepat pemulihan dari sakit.

Manfaat kesehatan sarang walet © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Sarang burung dipercaya dapat mempercepat pemulihan. Jika sarang burung walet dikonsumsi dalam jumlah sedang, bentuk protein dan nutrisinya yang telah dicerna tubuh dapat membantu pemulihan beberapa penyakit ringan hingga kronis. Secara khusus, sarang burung walet dapat membantu meringankan penyakit pernapasan seperti asma atau batuk kronis.

7. Melawan radikal bebas.

Manfaat kesehatan sarang walet © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Sarang burung walet mengandung zat antioksidan. Senyawa aktif ini bermanfaat melawan efek radikal bebas. Jika diabaikan, keberadaan radikal bebas dalam tubuh berisiko menyebabkan berbagai penyakit kronis.

8. Meningkatkan kesehatan organ reproduksi pada pria.

Manfaat kesehatan sarang walet © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Selain bagus dikonsumsi oleh wanita, terutama yang sedang hamil, sarang burung walet juga dapat memberikan manfaat untuk meningkatkan libido (gairah seksual kepada lawan jenis) pada pria. Hal ini disebabkan kandungan dalam sarang burung walet berkhasiat merangsang pembentukan hormon testosteron dan estradiol.

9. Menjaga kesehatan paru-paru.

Manfaat kesehatan sarang walet © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Meskipun bukan perokok aktif, seseorang tetap berisiko terkena penyakit paru-paru akibat paparan polusi. Memasukkan sarang burung walet ke dalam menu harian dapat menjaga paru-paru tetap bersih dan sehat. Hal ini dikarenakan adanya senyawa aktif yang mencegah radikal bebas masuk ke dalam tubuh.

10. Menjaga kekebalan tubuh.

Manfaat kesehatan sarang walet © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Kandungan protein dan kolagen aktif dalam sarang burung walet dapat membantu pertumbuhan sel epidermis dan memungkinkan tubuh menyerap beberapa trace elemen yang berkontribusi pada fisik otot anak. Dengan demikian, sistem kekebalan tubuh pada anak menjadi kuat.