Brilio.net - Tanaman cocor bebek (Bryophyllum pinnatum) dikenal sebagai tanaman hias dengan warna bunga bervariasi, merah, merah muda, kuning, cokelat, jingga, ungu dan lainnya. Sama seperti namanya, tanaman cocor bebek ini memiliki struktur daun mirip paruh bebek.

Bentuk daunnya oval serta berukuran cukup lebar. Biasanya pada bagian tepinya bergerigi halus.

Tanaman berkembang biak melalui tunas daun. Tanaman cocor bebek dianggap sebagai tanaman invasif karena persebarannya sangat cepat dan mudah.

Di balik bentuk dan bunganya yang cantik sebagai tanaman hias, rupanya daun cocor bebek ini memiliki manfaat kesehatan loh. Cocor bebek dapat digunakan sebagai obat tradisional untuk mengurangi berbagai masalah kesehatan, salah satunya meringankan sakit gigi.

Lalu apa saja manfaat daun cocor bebek? Berikut brilio.net himpun dari berbagai sumber, Rabu (16/9), 10 manfaat daun cocor bebek untuk kesehatan.

Loading...

1. Meringankan sakit gigi.

Manfaat daun cocor bebek freepik.com

foto: freepik.com

Ada banyak hal yang menyebabkan sakit pada gigi. Mulai dari infeksi, gigi berlubang, penyakit gusi dan banyak lainnya. Nah, salah satu solusinya dapat memanfaatkan daun cocor bebek.

Caranya, kamu bisa menghaluskan 4-6 lembar daun cocor bebek. Lalu tempelkan pada bagian gigi yang sakit.

2. Antiseptik luka.

Manfaat daun cocor bebek freepik.com

foto: freepik.com

Manfaat berikutnya yakni dapat menjadi antiseptik luka atau pengganti cairan sterilisasi. Sebab diketahui cocor bebek memiliki sifat antiinflamasi dan dapat menghentikan peradangan ringan secara alami.

Cara penggunaannya, tumbuk beberapa lembar daun cocor atau jumlahnya sesuaikan dengan luka. Setelah itu tambahkan sedikit air hingga berbentuk pasta. Kemudian oleskan atau tempelkan pada luka. Diamkan beberapa jam.

Bakteri dan kuman yang menempel pada luka pun akan lebih bersih, sehingga proses penyembuhannya akan lebih cepat.

3. Mengatasi jerawat.

Manfaat daun cocor bebek freepik.com

foto: freepik.com

Kandungan antiinflamasi dan antibakteri mampu membunuh bakteri penyebab jerawat. Cara menggunakannya, haluskan beberapa lembar daun cocor bebek, lalu campur dengan sedikit air.

Usapkan pasta daun cocor bebek tersebut pada wajah. Diamkan selama beberapa jam dan bilas dengan air hangat.

Pemakaian secara teratur tak hanya dapat menyembuhkan jerawat, namun juga bisa menghilangkan bekas jerawat.

4. Mengobati bisul.

Manfaat daun cocor bebek freepik.com

foto: freepik.om

Selain mengatasi masalah jerawat, daun cocor bebek dapat digunakan untuk meringankan bisul. Siapkan 7-8 helai daun cocor bebek. Haluskan daun tersebut dan campur dengan madu serta air hangat.

Kemudian minum sebagian ramuan tersebut untuk menjadi antiseptik yang bekerja dari dalam tubuh. Sisa ramuan tersebut, tempelkan pada bisul. Dengan penggunaan ini, bisul akan pecah dan mengering dengan sendirinya.

5. Meredakan sakit kepala.

Manfaat daun cocor bebek freepik.com

foto: freepik.com

Saat sakit kepala menyerang, kamu dapat mengonsumsi daun cocor bebek ini. Dalam daun cocor bebek mengandung asam folat, kalsium, magnesium, dan glucoside. Kandungan tersebut mampu membuat otot-otot di kepala lebih rileks.

Kamu dapat mengonsumsinya secara langsung dengan mengunyahnya tanpa harus dimasak terlebih dulu. Namun, jika tidak terlalu suka dengan rasanya, bisa dengan merebusnya. Tak perlu khawatir sebab tumbuhan ini aman untuk dikonsumsi.

6. Mengatasi sembelit.

Manfaat daun cocor bebek freepik.com

foto: freepik.com

Masalah sembelit bisa diatasi dengan membuat teh dari daun cocor bebek yang dikeringkan. Lalu seduh dengan air hangat dan dicampur dengan madu alami. Minum pagi sebelum beraktivitas.

7. Mengobati keseleo.

Manfaat daun cocor bebek freepik.com

foto: freepik.com

Saat mengalami keseleo atau terkilir, kamu bisa melakukan pertolongan pertama tanpa langsung dipijat dulu. Yakni dengan menghaluskan daun cocor bebek segar hingga berbentuk pasta. Kemudian oleskan pada bagian yang mengalami keseleo secara rutin.

8. Menurunkan demam.

Manfaat daun cocor bebek freepik.com

foto: freepik.com

Daun cocor bebek dapat digunakan sebagai pertolongan bagi penderita demam. Lumatkan 2-4 lembar daun cocor bebek. Kemudian jadikan sebagai obat kompres di dahi atau kepala untuk menurunkan panas.

Bisa juga dengan merebusnya, kemudian air rebusan daun tersebut digunakan sebagai kompres tubuh.

9. Meringankan gejala asma.

Manfaat daun cocor bebek freepik.com

foto: freepik.com

Manfaat selanjutnya yakni dapat meringankan gejala asma. Selain praktis, kesembuhan asma juga akan lebih cepat dan alami dengan bahan ini.

Rebus daun cocor bebek secukupnya hingga lunak. Kemudian minum air rebusan tersebut secara rutin. Selain itu, daun yang sudah direbus bisa juga dikonsumsi untuk lalapan.

10. Suplemen untuk tulang.

Manfaat daun cocor bebek freepik.com

foto: freepik.com

Kandungan zat magnesium dan kalsium pada daun cocor bebek ini bermanfaat sebagai suplemen untuk tulang. Caranya, minum air rebusan daun cocor bebek atau mengonsumsi secara langsung sebagai lalapan.