Brilio.net - Buah berry memiliki jenis yang beragam dan memiliki warna yang menarik serta rasa yang enak. Sebenarnya ada banyak jenis buah berry di dunia yang dibudidayakan maupun tumbuh bebas di alam liar namun tidak semua jenis berry dapat dikonsumsi. Selain warna dan rasanya, ternyata buah berry juga memiliki berbagai jenis vitamin dan kaya akan antioksidan. Tidak heran jika buah yang sering dijadikan sebagai garnish maupun topping makanan khususnya dessert ini dijuluki superfood.

Di Indonesia, jenis berry yang sering ditemui di pasaran yakni strawberry, blackberry, blueberry, dan raspberry. Nah, buat kamu yang penasaran tentang jenis dan manfaat buah berry yang lainya brilio.net punya rangkumannya khusus buat kamu, Jumat (31/1).

1. Blackberry.

berry © 2020 brilio.net

foto: pinterest.com

Loading...

Buah berry yang memiliki warna gelap, memiliki bentuk berbulir bulir dan menyerupai buah raspberry ini adalah blackberry. Blackberry memiliki rasa yang sedikit lebih pahit dan kuat dibandingkan dengan jenis buah berry lainya. Meski memiliki rasa yang berbeda blackberry memiliki kandungan seperti vitamin, mineral, serat, kalori dan polifenol yang dapat membantu mengurangi peradangan dan menurunkan risiko penyakit jantung dan kanker.

2. Strawberry.

berry © 2020 brilio.net

foto: pinterest.com

Buah berry yang tentunya sudah sering dijumpai di pasaran ini adalah strawberry. Buah yang kerap dijadikan sebagai pilihan masakan dan minuman ini memiliki rasa yang asam dan sedikit manis. Buah yang berwarna merah dengan bintik hitam ini memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, asam folat, serat dan antioksidan.

Kandungan yang ada pada strawberry mampu membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan kolestrol, membantu mengelola gula darah, dan melawan efek penuaan pada otak.

3. Raspberry.

berry © 2020 brilio.net

foto: pinterest.com

Buah berry yang cukup populer ini biasanya mudah untuk ditemukan saaat musim panas. Raspberry terkenal akan cita rasanya yang manis dan menyegarkan. Kandungan kalori yang rendah membuat buah ini cocok dikonsumsi buat kamu yang sedang berusaha menurunkan berat badan.

4. Blueberry.

berry © 2020 brilio.net

foto: pinterest.com

Seperti namanya buah yang memiliki warna biru tua yang mencolok. Blueberry memiliki kandungan antioksidan, air, serat, vitamin C, vitamin K dan zat mangan ini mampu melindungi dari kanker, penyakit jantung, dan demensia serta dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

5. Balckcurrant.

berry © 2020 brilio.net

foto: pinterest.com

Buah berry yang satu ini sekilas mirip dengan buah anggur. memiliki kandungan yang sangat kaya seperti mineral, vitamin, antosianin, dan antioksidan yang dapat mempercepat pembentukan sel, dan memerangi radikal bebas.

6. Goji Berry.

berry © 2020 brilio.net

foto: pinterest.com

Goji Berry memiliki kandungan vitamin C, vitamin B2, vitamin A, zat besi, dan antioksidan yang bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh, melawan penyakit jantung, membantu pencernaan dan mencegah kanker.

Mengonsumsi buah goji berry juga tidak boleh sembarangan karena buah yang masih mentah jika dikonsumsi dapat menjadi racun. Selain itu buah ini juga tidak dianjurkan dikonsumsi saat hamil, menyusui, dan saat mengonsumsi obat pengencer darah.

7. Mulberry.

berry © 2020 brilio.net

foto: pinterest.com

Buah mulberry atau biasa disebut dengan murbei adalah berry yang cukup umum ditemukan di Indonesia. Buah yang memiliki rasa manis dan berwarna gelap ini seringkali diolah menjadi selai. Murbei mengandung vitamin C, vitamin K, dan zat besi. Kandungan tersebut tentunya sangat baik untuk kesehatan tubuh.

8. Cranberry.

berry © 2020 brilio.net

foto: pinterest.com

Buah cranberry memiliki cita rasa yang asam. Buah yang terkenal karena baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh ini kaya akan vitamin C yang tinggi. Selain itu buah ini juga memiliki kandungan antioksidan yang dapat menghambat penyebaran bakteri pada dinding saluran kemih sehingga baik untuk membantu mencegah masalah infeksi pada saluran kencing.

9. Cloudberry.

berry © 2020 brilio.net

foto: pinterest.com

Buah yang memiliki bentuk kecil dan berwarna oranye kekuningan ini memang jarang ditemukan di Indonesia. Tapi buah berry ini memiliki manfaat detoksifikasi yang baik karena mengandung zat aktif yang dapat menetralkan racun dan mengurangi sisa air, lemak, dan garam dalam tubuh.

10. Huckleberry.

berry © 2020 brilio.net

foto: pinterest.com

Buah berry yang tampilannya mirip dengan blueberry namun dengan tampilan warna yang sedikit lebih gelap. DAri segi rasa huckleberry memiliki rasa yang lebih asam dibandingkan blueberry. Kandungan mineral dan antioksidan yang terdapat pada buah ini dapat membantu pembentukan pembuluh darah yang dapat memperkuat kinerja jantung.

Reporter: Feny Nidya