Brilio.net - Hampir semua orang pernah mengalami luka bakar, seperti pengendara sepeda motor terkena knalpot panas, terkena setrika panas ketika menyetrika pakaian. Selain itu bisa juga terkena percikan minyak panas ketika menggoreng sehingga menimbulkan luka bakar yang terasa panas di kulit.

Luka bakar ini sering kali menyebabkan kulit melepuh dan berisi air sehingga tak jarang ketika luka ini sembuh, maka akan meninggalkan bekas luka berwarna kecokelatan pada kulit.

Bekas luka bakar ini tentu saja akan mengganggu penampilan, terutama jika terjadi di bagian kulit terbuka seperti tangan dan kaki. Tak dimungkiri kondisi ini bisa membuat kepercayaan diri seseorang akan menurun.

Luka bakar yang terjadi akibat beberapa insiden ringan tersebut ini dapat dihilangkan bekasnya dengan menggunakan bahan alami di sekitar kita. Bahan yang digunakan untuk menghilangkan luka bakar mudah didapatkan.

Dilansir brilio.net dari berbagai sumber pada Kamis (6/8) berikut 10 cara menghilangkan bekas luka bakar secara alami dengan bahan-bahan yang mudah ditemukan disekitar kita.

Loading...

-1. Madu.

Bekas luka bakar © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Madu merupakan bahan makanan yang dihasilkan oleh lebah dan memiliki banyak khasiat di dalamnya, seperti mempercepat penyembuhan luka. Madu dapat membantu dalam mengobati infeksi yang disebabkan oleh luka bakar, bahkan membantu memudarkan bekas luka bakar hingga delapan puluh persen karena madu mempunyai sifat anti-inflamasi dan antibakteri.

Caranya, cukup dengan mencampurkan madu dengan sedikit kunyit yang telah dihaluskan. Setelahnya oleskan pada bekas luka bakar.

-2. Lidah buaya.

Bekas luka bakar © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Lidah buaya terkenal sebagai tanaman yang mempunyai sifat anti-inflamasi. Sehingga lidah buaya cocok untuk meringankan dan menenangkan kulit yang iritasi akibat luka bakar.

Tak hanya itu, lidah buaya juga dapat membantu penyembuhan luka dan menghilangkan bekas luka bakar pada kulit. Caranya, kupas kulit lidah buaya kemudian oleskan secara langsung pada bagian kulit yang terluka.

-3. Kentang.

Bekas luka bakar © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Kentang memang banyak dikenal sebagai bahan alami yang mampu memudarkan bekas luka. Selain itu, kentang juga mampu mengeluarkan panas dari dalam tubuh sehingga pas dan sangat baik digunakan untuk mengatasi luka bakar.

Caranya, rebus 1 buah kentang, kupas kulitnya hingga bersih. Kemudian potong menjadi dua bagian, lalu gosokkan kentang pada bagian luka atau bekas luka. Lalu berikan pijatan lembut selama 5-10 menit lalu bersihkan dengan air.

-4. Kunyit.

Bekas luka bakar © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Kunyit memiliki sifat anti-inflamasi serta antiseptik yang efektif untuk membantu mengobati bekas luka bakar. Seperti yang telah dijelaskan di atas, kamu dapat menyampurkan bubuk kunyit dengan madu untuk kemudian dioleskan pada bekas luka bakar.

-5. Susu.

Bekas luka bakar © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Selanjutnya, kamu dapat menggunakan susu murni untuk membantu menenangkan kulit yang teriritasi dan menghilangkan bekas luka yang tertinggal. Caranya, kamu dapat menyampurkan 2 sendok makan susu murni, dengan 1 sendok teh air perasan kunyit. Oleskan pada bagian yang mengalami luka bakar. Pijat dengan lembut selama beberapa menit dan biarkan selama 5 menit.

-6. Tomat.

Bekas luka bakar © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Tomat yang memiliki rasa asam, memiliki khasiat untuk menyejukkan kulit. Tomat banyak mengandung vitamin A, C, E dan K yang sangat berguna untuk proses penyembuhan luka. Selain itu, tomat dapat membantu mencerahkan warna kulit di area yang mengalami luka bakar.

-7. Yoghurt.

Bekas luka bakar © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Yoghurt adalah hasil fermentasi susu murni. Selain memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan, yoghurt juga dapat memudarkan bekas luka bakar.

Manfaat yoghurt akan lebih maksimal apabila dicampurkan dengan tomat dan putih telur. Caranya dengan mencampurkan 1 sendok makan tomat yang sudah dihaluskan dengan 1 sendok makan putih telur dan yoghurt ke dalam mangkuk.

-8. Minyak wijen.

Bekas luka bakar © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Minyak wijen menjadi bahan alami yang tidak hanya melembapkan kulit tetapi juga dapat menyerap rasa panas pada kulit akibat luka bakar. Bukan hanya itu, minyak wijen juga dapat mencegah timbulnya bekas noda kehitaman setelah luka bakar sembuh. Caranya tetes dan oleskan minyak wijen langsung pada bagian luka.

-9. Minyak lavender.

Bekas luka bakar © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Selain minyak wijen, ada pula minyak lavender yang dapat berguna untuk menyembuhkan luka bakar karena memiliki sifat antiseptik. Minyak lavender dapat mengurangi rasa sakit pada luka bakar dan dapat meminimalisir jaringan parut yang terbentuk pada kulit.

Caranya, campurkan minyak lavender dengan minyak lain seperti minyak zaitun atau baby oil. Kemudian oleskan campuran minyak tersebut pada bekas luka bakar.

-10. Bawang merah.

Bekas luka bakar © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Bawang merah memiliki kandungan sulfur dan quercetin yang dapat membantu menghilangkan bekas luka bakar. Caranya, kupas bawang merah yang di haluskan kemudian campur dengan 1 sdt minyak lavender.

Campuran ini memadukan kandungan sulfur, quercetin, dan sifat antiseptik dari bawang merah dan minyak lavender yang ampuh untuk menghilangkan bekas luka bakar.