Brilio.net - Mengkonsumsi air dingin di tengah teriknya matahari memang sangat menyegarkan. Selain jadi pelepas dahaga, minum air dingin juga memberikan efek adem pada tubuh.

Namun, banyak orang yang sering mengira mengkonsumsi air dingin dapat memicu kegemukan. Sehingga meminum air dingin bisa membahayakan tubuh manusia. Lantas apakah itu fakta atau mitos belaka?

Faktanya, menurut dokter sekaligus Hydration Science Director Danone-AQUA, Tria Rosemiarti, hal tersebut merupakan mitos.

Saat minum air dingin atau pun hangat, air yang sampai ke dalam tubuh akan menyesuaikan suhu tubuh. Sehingga tidak akan terjadi hal membahayakan di dalam tubuh akibat perbedaan suhu.

air © 2019 brilio.net

foto: pixabay

"Sebetulnya air dingin ataupun air hangat, kalau diminum masuk ke tubuh sudah berubah jadi suhu tubuh. Karena di lambung kan suhu tubuh, jadi gak masalah. Kecuali, kalau dia sedang ada peradangan mungkin air dingin membuat tidak nyaman, jadi disarankan air biasa atau air hangat," ujar Tria, seperti dikutip dari dream.co.id, Kamis (10/10).

Air putih memiliki kegunaan yang luar biasa untuk tubuh. Seperti membuat kita tetap fokus dan membuang sisa metabolisme tubuh yang berbahaya.

Jika takut gemuk akibat air dingin, Tria memastikan bahwa air dingin tak mungkin membuat seseorang bertambah berat badan. Alasannya karena air putih memiliki 0 kalori bahkan ketika didinginkan.

"Kan ada mitos, air dingin bikin gemuk, kan air itu 0 kalorinya jadi gak akan membuat gemuk," ungkapnya.

air © 2019 brilio.net

foto: pixabay

Air putih justru baik untuk tubuh agar berat badan terus terjaga. Dengan mengganti minuman dengan air putih, akan mengurangi konsumsi kalori kita perharinya. Minum air putih sebelum makan pun akan membantu kita merasa kenyang lebih cepat sehingga tidak memakan lemak berlebih.

"Air putih itu kan 0 kalori. Jadi kalau minum kopi digantikan dengan air putih pasti mengurangi kalori. Dengan minum air putih sebelum makan itu juga membuat kenyang sehingga asupan berlemak mungkin akan berkurang," ujar Tria.

Tidak lupa, untuk menjaga berat badan tetap stabil Sahabat Dream juga perlu menjaga asupan makanan dan berolahraga secara rutin.