Brilio.net - Buah tak pernah jatuh jauh dari pohonnya. Ungkapan itu biasanya digunakan untuk menunjukkan bahwa seorang anak pasti punya kemiripan dengan orangtuanya, entah itu kemiripan dari ayah ataupun dari ibu.

Banyak orang biasanya hanya memandang kemiripan anak dan orangtua dari unsur fisik saja, seperti bentuk wajah dan tubuh. Tak banyak yang menyadari jika karakter dan kebiasaan sang anak dan orangtua, utamanya sang ibu, itu mirip.

Nah, buat membuktikan, sembilan tanda yang dilansir brilio.net dari bustle.com, Kamis (28/4, ini tunjukkan kalau sebenarnya kamu dan ibumu itu punya kepribadian yang mirip.

1. Kamu punya suara yang sama di telepon.

9 tanda anak mirip ibu © 2016 brilio.net

Cewek dengan ibunya kerapkali punya suara yang mirip. Hal itu tak akan disadari saat bertemu langsung. Kemiripan suara biasanya terasa saat mendengarkan suara di telepon. Banyak kejadian, saat yang mengangkat telepon rumah itu sang anak, tapi orang yang menelepon menganggap kalau yang menerima itu sang ibu. Kamu pernah mengalami?

2. Punya kebiasaan buruk yang sama.

9 tanda anak mirip ibu © 2016 brilio.net

Anak dan ibu biasanya punya kebiasaan buruk yang sama. Misalnya lupa mematikan kompor gas, lupa menaruh kunci, sering memotong pembicaraan orang lain, atau banyak kebiasaan buruk lainnya. Antara anak perempuan dan ibunya pasti punya kebiasaan yang sama deh! Iya kan?

3. Anak perempuan adalah fotokopi dari kepribadian sang ibu.

9 tanda anak mirip ibu © 2016 brilio.net

Bisa dibilang kalau anak perempuan adalah fotokopi kepribadian sang ibu. Anak biasanya punya intonasi berbicara yang sama dengan sang ibu, bahkan lengkap dengan mimik, tawa, hingga gestur tubuh.

4. Anak punya perspektif hidup yang mirip dengan sang ibu.

9 tanda anak mirip ibu © 2016 brilio.net

Disadari apa tidak, kedekatan emosional sang ibu dengan anak juga akan memengaruhi perspektif hidupnya. Apalagi kebiasaan hidup bersama ibu membuatnya akan meniru apa yang dilakukan sang ibu.

5. Kemiripan itu bisa terlihat dari lagu favorit yang sama.

9 tanda anak mirip ibu © 2016 brilio.net

Hal ini bisa terjadi, bisa juga tidak. Kamu dan ibumu bisa jadi punya lagi favorit yang sama. Kalaupun tak mempunyai selera musik yang sama, paling nggak kalian punya kesamaan menyukai beberapa lagu. Jika itu terjadi, kamu bisa coba ajak ibumu berjoged sambil mendengarkan lagu favorit itu. Maka lihatlah kemiripan kalian yang semakin terlihat.

6. Kamu kadang merasa melakukan hal yang sangat mirip dengan ibu.

9 tanda anak mirip ibu © 2016 brilio.net

Tanpa disadari, anak pasti bakal mengikuti hal-hal alami yang dilakukan oleh sang ibu. Tak hanya cara bicara dan gestur tubuh, tapi juga saat panik menghadapi suatu masalah.

7. Kamu juga bakal menggunakan cara ibu dalam menghadapi masalah.

9 tanda anak mirip ibu © 2016 brilio.net

Untuk memecahkan suatu masalah yang menimpamu, disadari atau tidak, kamu bakal mengikuti cara orangtuamu menyelesaikan masalah. Ya, secara kamu kan selalu lihat bagaimana orangtuamu menyelesaikan masalah. Apalagi jika orangtua kerap memberikan nasihat kepada anak-anaknya. Alam bawah sadarmu bakal membawa pikiranmu untuk menirukan cara mereka menyelesaikan masalah.

8. Kebijaksanaanmu itu terbentuk dari nasihat yang diberikan ibumu selama bertahun-tahun.

9 tanda anak mirip ibu © 2016 brilio.net

Saat kamu punya masalah, orangtua pasti akan memberikan nasihat atau saran. Nasihat yang sedikit itu lama kelamaan bakal membentuk karaktermu sendiri dan kebijaksanaanmu dalam mengambil keputusan.

9. Kamu pun merasa sangat mirip dengan orangtuamu.

9 tanda anak mirip ibu © 2016 brilio.net

Mulai dari fisik yang mirip hingga karakter yang mirip bakal membuatmu semakin merasa jika kamu mirip dengan ibumu. Kemiripan itu semakin terlihat saat kamu berusia 60 tahun. Saat usia-usia itu, karaktermu bakal terlihat sangat mirip dengan ibumu dulu.