×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
5 Manfaat kalau kamu mau konsisten memegang prinsip 'diam itu emas'

View Image

0

BRILIO » Kepribadian

5 Manfaat kalau kamu mau konsisten memegang prinsip 'diam itu emas'

ilustrasi: esserealis.wordpress.com

Diam bisa menjadi pertanda kamu sedang khidmat berpikir dan mempertimbangkan sesuatu.

27 / 12 / 2015

Brilio.net - Menjadi pendiam itu enak apa nggak sih? Memang ada beberapa orang yang memiliki karakter pendiam. Namun tak jarang ada yang memang sengaja diam dengan berbagai alasan.

Nah, ternyata diam tak selamanya buruk kok. Diam bisa menjadi pertanda kamu sedang khidmat berpikir dan mempertimbangkan sesuatu. Sebagaimana dilansir brilio.net dari Lifehack, Minggu (27/12), berikut lima manfaat diam bagi kamu:

1. Diam adalah senjata menarik perhatian orang

Kamu pasti pernah memperhatikan seseorang yang sedang bicara di depan umum tapi tak pernah digubris. Akhirnya dia diam dan justru membuat orang-orang memperhatikannya dan bertanya-tanya kenapa dia tiba-tiba berhenti bicara. Nah, tak dipungkiri diam memiliki efek ini. Jadi, kalau kamu ingin menyampaikan sesuatu tapi tak banyak digubris, diamlah untuk sejenak supaya orang mencurahkan perhatian sama kamu.

2. Diam bisa menjadi jawaban yang jelas

Loading...

Terkadang kata-kata justru bikin bingung kamu atau terlalu penuh kepura-puraan, mengingat lidah itu bisa saja bohong. Nah, dengan diam, orang akan mencerna dan mencoba mengartikan sikap dan kata-katamu sebelumnya. Diam bisa mempertegas jawaban 'ya' atau 'tidak' setelah kamu memberikan argumenmu sendiri. Diam juga bisa menjadi cara untuk tidak menyakiti orang dengan kata-kata atau tindakan kasar saat kamu tak sesuai pendapat dengan mereka.

3. Diam adalah bahasa nonverbal

Seringkali bahasa nonverbal menyukseskan komunikasi bahasa verbal kamu dan orang lain. Menurut HelpGuide.org, sangat penting untuk mengenali bahasa non verbal yang meliputi ekspresi wajah, gerka tubuh, kontak mata, postur, dan intonasi suara. Kemampuan untuk memahami dan menggunakan komunikasi nonverbal atau bahasa tubuh adalah alat ampuh yang dapat membantu kamu berhubungan dengan orang lain.

4. Diam adalah bentuk empati terhadap orang lain

Ada saat dalam hidup membuatmu diam guna lebih berempati kepada orang lain. Sebabnya, kadang kamu nggak punya pilihan kata yang tepat untuk disampaikan kepada orang lain. Dengan diam, kamu menunjukkan kepedulian pada orang lain tanpa kata-kata yang klasik dan siapa tahu justru tambah menambah keprihatinan orang tersebut.

5. Diam adalah wujud kesopanan

Diam adalah salah satu wujud kesopanan ketika kebiasaan mengoceh dan sok menggurui mulai bertebaran di mana-mana. Semakin berkembangnya zaman, orang jadi serba tahu. Tapi tak jarang orang yang serba tahu menyampaikan banyak informasi yang kadang belum tentu penting untuk disampaikan. Membuat dia dicap bawel dan sok tahu. Padahal, orang lain juga butuh diberi kesempatan untuk mengutarakan pendapat masing-masing. Maka, dengan diam bisa menjadi sarana untuk mengendalikan diri dan memberi kesempatan yang sama bagi orang lain.

Jadi, kamu mau pilih diam atau cerewet hayooo... ~







Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    33%

  • Ngakak!

    67%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more