Brilio.net - Mencintai budaya dan sejarah bisa kamu tunjukkan dengan berbagai cara. Salah satunya ditunjukkan oleh sebuah komunitas di Kota Malang, Jawa Timur. Komunitas ini tidak hanya sekadar berwisata ke tempat yang bersejarah, tapi juga turut berpartisipasi tuk menjaga, melestarikan, dan mempromosikan peninggalan sejarah serta budaya yang ada di Indonesia.

Komunitas Wisata Purbakala banyak melakukan kegiatan positif terhadap nilai sejarah dan kebudayaan di sekitar. Seperti  mengundang sejarawan maupun arkeolog untuk berbagi ilmu. Mereka juga menggandeng Dinas Pariwisata setempat untuk mensosialisasikan kepada anggota tentang kepurbakalaan.

Berawal dari awal 2012, empat orang penggagas komunitas ini mulai aktif mengajak mahasiswa sampai masyarakat umum untuk ikut andil. Tak ayal, kurang lebih 30-an orang ambil bagian di komunitas ini.

"Kebanyakan sih mahasiswa yang gabung di komunitas ini. Kami awalnya mengumpulkan data dari berbagai situs sesuai dengan tema misalnya kerajaan prasejarah, kemudian kami kumpulin literaratur dari berbagai sumber. Untuk lebih berimbang, kami juga menggali dari narasumber yang kompeten seperti pakar hingga dosen," kata Jhick Jenny (38) Salah satu penggagas Komunitas Wisata Purbakala kepada brilio.net, Jumat (8/1).

Menurut pria asli Malang ini, banyak ilmu yang didapat dengan ikut blusukan ke tempat bersejarah. Tidak sedikit informasi yang dulu kamu tidak ketahui bisa didapat saat berwisata purbakala. Selain asyik, tentu kamu akan turut melestarikan, menjaga dan peduli dengan keberadaan situs purbakala, terebih yang lokasinya dekat dengan rumah kamu.

Loading...

Banyak yang bergabung dengan Komunitas Wisata Purbakala pun tahunya dari media sosial, seperti Twitter dan Facebook. Selain berwisata, kamu bakal banyak belajar tentang literatur sejarah, nilai dan kebudayaan leluhur yang sangat kaya. Yuk gabung.