Brilio.net - Bagi kamu yang hobi mendaki gunung, ini kesempatan yang tepat untuk mendaki puncak Jaya Wijaya. Puncak tertinggi di Indonesia yang terletak di pulau paling timur Indonesia, Papua, tersebut semakin mudah dijangkau karena adanya penerbangan langsung ke Jayapura dari Jakarta oleh sebuah maskapai nasional.

Ini merupakan kabar baik bagi wisawatan domestik maupun mancanegara untuk menikmati Indonesia dari pucak tertinggi. Pemandangan dan tantangan yang didapatkan pendaki saat berada di puncak Papua tidak kalah sensasional dibanding puncak lain di dunia. Di puncak bersalju yang berada di ketinggian 4.884 meter di atas permukaan laut (mdpl) ini terdapat gletser Carstensz, satu-satunya gletser tropika di Indonesia.

Secara administratif, puncak gunung berada di Range Sudirman atau Dugunduguo, tepatnya di provinsi Papua Barat. Puncak Jayawijaya merupakan puncak tertinggi dari seluruh bagian wilayah Indonesia.

Dilihat dari tipe glesternya, gunung ini masuk dalam tipe Alpine Glaciation. Sedangkan di tempat yang lebih rendah dari puncak tertinggi, dapat dikategorikan ke dalam tipe Valley Glacier. Valley Glacier merupakan gletser yang mencair sehingga turun dan mengalir ke tempat yang lebih rendah. Dapat dipastikan, di wilayah pegunungan ini juga terdapat sungai es.

Fenomena bagus ini sulit ditemui di belahan bumi manapun. Sangat unik dan mengagumkan. Tidak heran jika Puncak Jaya Wijaya masuk dalam Seven Summit yaitu tujuh puncak benua, dan biasa dikenal sebagai Piramida Carstensz.

Adanya penerbangan langsung ke Jayapura dari Jakarta membuat kamu tidak hanya lebih mudah menikmati puncak tertinggi di Indonesia terserbut. Namun sejumlah objek lain yang ada di pulau tersebut juga bisa kamu eksplorasi. Sebut saja Taman Nasional Teluk Cendrawasih, Lembah Beliem yang terkenal dengan festivalnya, hingga Raja Ampat yang tersohor ke seluruh dunia.

Keindahan pulau yang berbentuk menyerupai kepala burung ini tidak hanya membuat para wisawatan ingin menjelajah semua pelosoknya, namun juga telah menjadi duta bangsa yang #BikinKerenIndonesia. Bukan cuman itu saja, kamu juga bisa melihat kekayaan wisata, kuliner, tradisi yang menjadi keungulan Indonesia yang lain melalui situs ini guys! telkomsel.com/bikinkerenindonesia.