Brilio.net - Jejak Kerajaan Kutai Kartanegara Ing Martadipura banyak ditinggalkan di Kota Tenggarong. Kota kecil ini dulunya merupakan ibu kota kerajaan. Lokasinya hanya 45 km dari ibu kota provinsi, Samarinda dan kurang lebih 120 km dari Bandara Sepinggan Balikpapan atau sekitar tiga jam perjalanan.

Kota seluas 398,10 km persegi ini meskipun relatif sepi, namun menyediakan banyak tempat yang layak untuk dikunjungi. Berikut ini beberapa destinasi paling oke untuk dijadikan tempat selfie atau wefie, Jumat (15/7).

1. Jembatan Repo-repo. Jembatan ini merupakan akses menuju Pulau Kumala.




2. Pulau Kumala. Banyak sekali spot selfie di sini. Ada rumah adat, patung naga, bangunan singgasana raja mirip pura, dan lin-lain. Tapi yang paling nggak ada duanya adalah di depan patung hewan ikonik Lembuswana.




3. Planetarium Jagat Raya. Outdoor maupun indoor semuanya oke. Di dalam ruangan ada pameran ilmu tata surya, sedangkan di bagian luar ada taman tata surya.

BACA JUGA: Kamu itu tipe sahabat seperti apa sih? Cek di kuis ini deh

4. Museum Mulawarman. Di sini tersimpan bukti-bukti sejarah Kerajaan Kutai Kartanegara Ing Martadipura. Kamu bisa selfie atau wefie sesukamu di depan barang-barang kerajaan. Kamu sekaligus bisa belajar sejarah.




5. Kedaton Kutai Kartanegara. Meski hingga sekarang belum dibuka untuk umum, tapi berfoto di depan bangunan cukup worthed.




6. Masjid Jami' Hasanudin. Masjid yang telah dibangun sejak sebelum kemerdekaan ini punya nilai sejarah bagi masyarakat.




7. Museum Kayu. Kamu bisa berpose di depan berbagai jenis pohon kayu. Ada pula awetan buaya predator manusia di sini.


Yang berikutnya ini cocok buat keluarga. KLIK NEXT

2 dari 2 halaman


8. Taman Ulin Indah. Inilah tempat nongkrong yang asyik di sore hari yang cocok untuk semua usia. Selain menawarkan keasrian, tempat ini juga menyediakan fasilitas permainan seperti ayunan, perosotan, danlain-lain, serta tersedia banyak gazebo.




9. Monumen Pancasila Sakti. Terdapat bangunan utama berupa relief yang mengisahkan perjuangan masyarakat setempat mempertahankan tanahnya. Sekelilingnya berupa taman bunga yang selalu dirawat.




10. Ladang Budaya. Boleh dibilang tempat ini yang paling kekinian dibanding yang lain. Paling ditonjolkan di sini adalah rumah-rumah khas daerah yang dibangun dari kayu.




11. Tepian Sungai Mahakam. Tempat ini lebih dikenal dengan istilah turap. Sepanjang tepian adalah tempat yang worthed abis untuk ambil gambar. Ada Skate Park, landmark Tenggarong, atau di bagian turapnya. Background sungai dan jembatan Mahakam juga oke.




12. Jam Bentong. Bangunan ini merupakan pusat informasi wisata yang ada di Kabupaten Kutai Kartanegara. Kamu bisa berfoto baik di dalam maupun di luarnya.