Brilio.net - Jika kamu sedang bertandang ke Jogja, menepilah sebentar di Jalan Ringroad Timur, kamu akan bisa menemukan salah satu soto yang ramai dan konon masuk dalam jajaran warung soto nikmat yang ada di Yogyakarta. Letaknya yang strategis, membuat tempat ini mudah ditemukan dan gampang dijangkau oleh siapa pun yang ingin menikmati soto berikut ini.

Warung soto yang bernama Soto Moneter ini memiliki keunikan tersendiri, yakni menyuguhkan soto sekaligus kemangi dan lenthok sebagai pelengkapnya. Rasanya? Wuih, jangan ditanya. Segar dan tentunya akan menggoyang lidah kamu semua.

Lezatnya Soto Moneter, kuah segar bercampur kemangi dan lenthok

Dinamakan Soto Moneter karena warung soto ini telah ada sejak Indonesia dilanda krisis moneter, beberapa tahun silam. Warung soto yang dinding bangunannya berbentuk anyaman bambu dengan emperan untuk parkir kendaraan motor ini nyatanya tak pernah sepi pengunjung dari pertama buka, yakni pukul 10.00 WIB hingga siang hari kira-kira pukul 12.00 WIB.

Lezatnya Soto Moneter, kuah segar bercampur kemangi dan lenthok

Loading...

Tak hanya soto daging sapi dan soto daging ayam saja yang disuguhkan di warung ini, kamu bisa menikmati menu tongseng menthok yang tak kalah istimewa. Tetapi kamu harus datang pagi-pagi, ya. Sebab, tongseng menthok yang ditawarkan di warung ini cepat habis.

"Saya sering ke sini, sama teman. Sekarang ngajakin ibu saya," ujar Rio, salah satu pengunjung setia Soto Moneter kepada brilio.net, Rabu (16/12).

Begitu memasuki warung Soto Moneter ini, pandangan mata akan berada tertuju pada pemilik warung soto yang sibuk meracik berbagai menu pesanan para pengunjung. Suasana sibuk sangat terasa di dapur kecil tersebut. Kamu bisa langsung menulis pesanan pada selembar kertas yang disediakan, kemudian baru mencari tempat duduk. Tak lama setelahnya, pesananmu akan datang. Dua porsi soto ayam dengan kemangi dan lenthoknya, beserta dua gelas es jeruk dihargai Rp 20.000,-. Cukup murah kan?

Lezatnya Soto Moneter, kuah segar bercampur kemangi dan lenthok

Lezatnya Soto Moneter, kuah segar bercampur kemangi dan lenthok

"Ini memang enak. Saya cocok sama sotonya. Kuahnya seger. Ditambah kemangi jadi tambah khas," imbuh Rio.

Kalau kamu sudah sarapan apa hari ini? Minat makan soto juga nggak?