Brilio.net - Singapura bukan cuma gudangnya tempat belanja dan kulineran enak. Kamu juga bisa cuci mata di taman-taman unik yang dimiliki Singapura. Memangnya ada taman unik di Singapura?

Nih, udah dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (3/11), taman-taman unik yang bakal memanjakanmu selama liburan di Singapura:

1. Gardens by The Bay.

konsep taman Istimewa

foto: greateasternlife.com

Gardens by the Bay ini adalah taman yang menggabungkan konsep alam dan bangunan futuristik. Taman ini bakal bikin liburanmu nggak terlupakan. Memangnya ada apa aja sih, di sini? Kamu bisa menemui beberapa spot asyik sebagai berikut:

- Ruang konservatori yang terdiri dari Cloud Forest dome dan Flower dome. Di Cloud Forest dome kamu bakal disuguhi air terjun buatan dalam ruangan terbesar dan suhu ruangan yang begitu dingin dan berkabut menyesuaikan kondisi alam asli. Selain itu, kamu juga akan melihat bunga-bunga Mediteranian dan dari beberapa daerah di Flower dome.

konsep taman Istimewa

foto: gardensbythebay.com.sg

- Supertree grove, bangunan yang masuk top 5 landmark Singapura ini mirip pohon dengan kanopi lebar. Ketinggiannya mencapai 50 meter. Kalau malam, bangunan ini semakin cantik dengan warna-warni cahaya menarik.

konsep taman Istimewa

foto: gardensbythebay.com.sg

- OCBC Skyway, jembatan yang menghubungkan beberapa Supertree Grove. Dengan ketinggian 22 meter dan panjang 128 meter, bikin kamu bisa menikmati area Marina Bay sejauh mata memandang.

konsep taman Istimewa

foto: gardensbythebay.com.sg

 

2. Singapore Botanic Gardens.

konsep taman Istimewa

foto: yoursingapore.com

Singapore Botanic Gardens adalah taman tertua di Singapura dan menjadi situs warisan dunia UNESCO, lho. Taman ini cocok banget buat piknik, joging, dan melihat koleksi tanamannya. Terutama tanaman eksklusif anggrek yang punya nama tokoh terkemuka dan selebritis yang pernah berkunjung ke sini, seperti Vanda William Catherine (terinspirasi nama Pangeran William dan Kate, sang istri) dan Paravanda Nelson Mandela (tokoh anti-apartheid Afrika Selatan). Di sini juga ada spot untuk konser musik klasik yang bisa kamu nikmati bareng kekasih.

Kalau kamu pengen ke sini, lokasinya dekat dengan Orchard Road dan merupakan tempat yang enak untuk jalan-jalan pagi sebelum mulai aktivitas belanja.

 

3. Southern Ridges.

konsep taman Istimewa

foto: yoursingapore.com

Kawasan Southern Ridges juga cocok buat kamu melepas penat. Kawasan ini menghubungkan lima taman, yakni Mount Faber Park, Telok Blangah Hill Park, HortPark, Kent Ridge Park dan Labrador Nature Reserve. Cocok banget untuk kamu jalan-jalan melepas penat, penyuka sejarah, pecinta alam, pengamat burung, seru-seruan bareng temen, atau kalau kamu mau ngajak keluarga juga bisa banget.

Di sini kamu bisa ke spot-spot asyik dan melakukan aktivitas yang melepas sumpek, antara lain:

- Henderson Waves, jembatan berbentuk seperti gelombang yang berfungsi sebagai jembatan penyeberangan yang menghubungkan antara Mount Faber Park sampai Telok Blangah Hill Park.

konsep taman Istimewa

foto: nparks.gov.sg

- Marang trail, jalan setapak yang menghubungkan Harbourfront MRT Station sampai Mount Faber dengan suguhan kerindangan pepohonan.

konsep taman Istimewa

foto: flickr.com/photos/eustaquio

- Jalan-jalan menjelajah hutan dan kanopi, sekaligus menemui beragam varietas flora dan fauna yang ada.

konsep taman Istimewa

foto: blogs.nicholas.duke.edu

4. Fort Canning Park.

konsep taman Istimewa

foto: sg.asia-city.com

Fort Canning Park terletak di River Valley Road, Singapura. Taman ini merupakan taman kota yang terdiri dari gundukan-gundukan tanah dilapisi rumput taman yang terbelah dengan jalan setapak berpaving. Apa saja yang bisa kamu lakukan di sini?

- Olahraga pagi

konsep taman Istimewa

foto: livingnomads.com

- Nonton konser

konsep taman Istimewa

foto: travelerfolio.com

- Lihat orang lagi pre-wedding, bahkan ngadain wedding party.

konsep taman Istimewa

foto: pinterest.com

Layaknya taman wisata, Fort Canning Park ini terbagi ke dalam beberapa bagian, ada waduk, ada bangunan bersejarah seperti bunker bawah tanah, tempat pameran artefak, rumah seni sekaligus kafe, dan banyak lagi. Maka nggak heran kalau semisal kamu liburan ke sini, eh di sisi lain Fort Canning Park ada yang gelar nikahan atau garden party.

Kamu nggak perlu khawatir terbatas jam kalau ke sini, Sobat Brilio. Fort Canning Park ini bukan 24 jam, lho. Kamu bisa sepuasnya jalan-jalan ngademin hati dan pikiran di sini.

 

5. MacRitchie Reservoir Park.

konsep taman Istimewa

foto: nparks.gov.sg

Taman ini disebut sebagai pintu gerbang ke cagar alam Singapura yang cocok bagi pecinta alam dan penggemar olahraga. Di kawasan waduk MacRitchie ini kamu bisa jalan santai di antara pepohonan hutan yang rindang, berjalan di jembatan di sela-sela pepohonan yang ada, bahkan mendayung kayaks menjelajah hutan.

Selain menjelajah hutan, kamu juga nggak akan menyesal kalau menyusuri tepian waduk MacRitchie. Pasalnya waduk ini memiliki keanekaragaman hayati yang ada di pinggiran waduk, suasananya rindang, dan pasti bisa jadi background foto buat nambah koleksi Instagram atau Pinterest-mu. Rasakan sensasinya menghirup udara segar bareng temen-temen biar penat hilang.

konsep taman Istimewa

foto: sites.google.com/site/soonkiatgrouph

Nah, kira-kira taman mana yang bakal kamu kunjungi kalau ke Singapura, Sobat Brilio?

Ada kabar baik, lho. Kamu bisa jalan-jalan gratis ke Singapura bareng artis pujaanmu, Rizky Febian dan Ify Alyssa! Gimana caranya? Yuk, ikutan Travel Battle #SGAduSeru! Info selengkapnya bisa kamu cek di sgaduseru.brilio.net. Update juga informasi wisata Singapura hanya di yoursingapore.com.