Brilio.net - Bagi kamu yang suka travelling sambil belajar sejarah, museum adalah tempat yang cocok. Di museum kamu bisa berpetualang menikmati peninggalan-peninggalan manusia dan masyarakat masa lalu. Kamu bisa datang sendirian, atau rombongan bersama teman-temanmu.

Nah, di Malang (Jawa Timur) banyak museum yang menyimpan sejarah nasional. Kamu akan menyesal jika ke Malang tidak mengunjungi objek wisata museum tersebut. Berikut 8 museum yang wajib kamu kunjungi saat berada di Malang yang berhasil dihimpun oleh brilio.net dari berbagai sumber, Jumat (1/4).

1. Museum Brawijaya

muesum malang © 2016 brilio.netFoto: www.wisataindonesia.org

Untuk kamu menyukai tank, pistol, meriam, atau foto-foto peninggalan zaman Agresi Militer Belanda I dan II, kamu wajib menggunjungi museum yang berada di Jalan Ijen No 25 Malang. Letaknya yang berada di tengah-tengah kota memudahkan akses untuk menggunjungi tempat ini.

Loading...

2. Museum Mpu Purwa

muesum malang © 2016 brilio.net

Foto: www.tempatwisatamalang.com

Tempat ini berada di sebuah wilayah strategis di Jalan Sukarno Hatta Malang, tepatnya di komplek Perum Griyashanta. Bangunan yang didirikan tahun 2003 ini digunakan untuk menyimpan benda-benda cagar budaya yang terdapat di Kota Malang, yang merupakan peninggalan dari zaman kerajaan Kanjuruhan abad VIII M, hingga masa akhir kerajaan Majapahit abad XVI M.

3. Museum Musik Indonesia

muesum malang © 2016 brilio.netwww.surabaya.panduanwisata.id

Bagi pecinta musik sejati tak ada salahnya mengunjungi museum yang didirikan oleh komunitas Galeri Malang Bernyanyi. Museum ini berisi benda-benda bernuansa musik seperti piringan hitam, kaset tape, CD, pemutar musik zaman dulu hingga instrumen musik lawas. Museum ini berada di kawasan Griya Shanta Malang.

4. Museum Kesehatan Jiwa RSJ Dr Radjiman Wediodiningrat

muesum malang © 2016 brilio.netFoto: www.surabaya.panduanwisata.id

Museum ini terbilang sebagai salah satu museum yang unik karena menyimpan berbagai benda koleksi yang tidak biasa. Karena museum ini satu-satunya museum di Indonesia yang menyimpan koleksi peralatan rumah sakit jiwa. Bisa dibilang ngeri melihat ranjang khusus untuk pasien, pasung tangan yang digunakan untuk mencegah pasian agar tidak kabur dan lain-lain. Namun tidak ada salahnya untuk mengujungi museum ini, agar wawasan kita bertambah. Museum ini berlokasi di Lawang, Malang.

5. Museum Zoologi Frater Vianney

muesum malang © 2016 brilio.netwww.mitraajijaya.files.wordpress.com

Museum yang terletak di Dau, Kabupaten Malang ini sangat cocok untuk pecinta binatang. Pasalnya disini bisa menemukan ratusan koleksi spesimen konkologi, ilmu hewan kerang-kerangan darat dan laut, serta herpetologi (ilmu tentang biologi ular). Tak ada salahnya untuk mengunjungi museum yang unik ini.

6. Museum Oemah Munir

muesum malang © 2016 brilio.netFoto: www.indonesiadalamduniamodern.wordpress.com

Siapa yang tidak mengenal Munir, salah satu pejuang HAM asal Indonesia yang tewas terbunuh dalam perjalanan ke Belanda. Namanya diabadikan dan dijadikan sebagai sebuah museum yang di dalamnya berisi gambar, foto dan informasi terkait pelanggaran HAM yag ada di Indonesia. Museum ini terletak di Jalan Bukit Berbunga Kota Batu, tidak jauh dari Malang.

7. Museum Malang Tempo Doeloe

muesum malang © 2016 brilio.net

Foto: http://dindanoviasari.blogspot.co.id/

Museum Malang Tempo Doeloe berlokasi di Jl. Gajahmada, belakang Balaikota Malang. Museum ini menawarkan 20 lokal waktu yang berbeda, sesuai urutan waktu sejarah Kota Malang. Mulai zaman purbakala, penemuan pertama pondasi kota pada 1716 oleh Pemerintah Hindia Belanda, zaman revolusi 1945-1949, hingga sekarang.

8. Museum Sejarah Bentoel

muesum malang © 2016 brilio.net

Foto: http://blog.ub.ac.id/tiarasriwahyuni

Terletak di Jalan Wiromargo 32, museum yang dulunya adalah sebuah rumah yang digunakan sebagai usaha kecil-kecilan Rokok Bentoel ini menyimpan semua catatan sejarah perusahaan rokok Bentoel yang dapat kita gali. Buka mulai pukul 08.00 – 15.00 dengan harga tiket masuk gratis.

Laporan: Hesti Kusuma Wardhani