Brilio.net - Dikenal dengan julukan Paris Van Java, Bandung tak hanya kaya dengan wisata alam, namun juga dikenal dengan kelezatan kulinernya yang sayang untuk dilewatkan.

Yup, kota yang dinobatkan sebagai salah satu kota terbaik di Asia untuk makanan tradisional ini, memiliki banyak restoran legendaris dengan menu tradisional yang patut diacungi jempol.

Ibu kota dari provinsi yang sedang merayakan hari ulang tahunnya yang ke-77 tepat di tanggal 19 Agustus ini, nyatanya memiliki beragam kuliner legendaris yang kualitas rasanya tidak perlu diragukan lagi.

Kamu para generasi muda juga wajib banget coba kuliner legendaris ini supaya kita bisa sama-sama ikut turut melestarikan cita rasa kuliner Indonesia.

Apakah kamu siap untuk mencoba kuliner legendaris yang ada di Bandung? Simak rekomendasinya di sini, Jumat (19/8).

1. Warung C Mar - Braga

Rekomendasi Kuliner Legendaris Bandung © 2022 brilio.net

foto: Iga bakar warung C Mar

Warung C Mar yang berada di kawasan wisata Jl. Braga menjadi salah satu kuliner legendaris di Bandung yang hampir tak pernah sepi dari pembeli. Berbagai menu masakan khas Sunda sederhana, seperti aneka jenis pepes, tumisan, hingga semur jengkol, menjadi ciri khas utama warung yang sudah berdiri selama puluhan tahun ini. Kamu pasti bakal ketagihan dengan cita rasa masakan rumahan yang nikmat khas Warung C Mar.

2. BMC 1928 - Sumur Bandung

Rekomendasi Kuliner Legendaris Bandung © 2022 brilio.net

foto: Stawberry Yoghurt BMC

BMC atau Bandoengsche Melk Centrale merupakan kedai yang menjual susu di Kota Bandung sejak tahun 1928. Menurut sejarah, BMC didirikan oleh orang-orang Belanda yang ingin mengembangkan bisnisnya setelah berhasil membuka perkebunan di daerah Lembang, Jawa Barat.

Hingga saat ini, BMC secara konsisten menjaga kesegaran dan kemurnian susu yang disajikan pada menu-menu andalan mereka seperti yoghurt, milkshake, es krim, dan masih banyak lagi. Pas banget deh buat menemani momen santai kamu dengan orang-orang tercinta di waktu senggang!

3. AA Bistik - Astana Anyar

Rekomendasi Kuliner Legendaris Bandung © 2022 brilio.net

foto: Nasi goreng bistik AA Bistik

Jika membahas tentang kuliner legendaris, nama AA Bistik Astana Anyar tentunya tidak boleh ketinggalan. Meskipun menjual bistik, kuliner legendaris yang berlokasi di Jalan Astana Anyar ini hanyalah sebuah tempat makanan sederhana. Menu andalan mereka, yakni nasi goreng bistik masih menjadi primadona sejak tahun 1989-an.

Perpaduan nasi goreng, bistik ayam empuk, dan campuran kentang goreng yang renyah dijamin akan menambah selera makanmu. Selain di Jalan Astana Anyar, AA Bistik juga ada di Jalan Kliningan, Buah Batu. Kamu bisa langsung memesan AA Bistik dari dua outlet tersebut melalui ShopeeFood, jadi nggak perlu repot keluar rumah deh.

4. Mie Kocok Persib Gorowok - Sumur Bandung

Rekomendasi Kuliner Legendaris Bandung © 2022 brilio.net

foto: Mie Kocok Persib & Baso

Jangan mengaku pecinta kuliner kalau kamu belum pernah mencoba kuliner yang satu ini. Mie Kocok merupakan hidangan yang berisi mie kuning pipih, tauge, serta potongan kikil yang diguyur dengan kuah kaldu sapi kental. Tak lupa, jeruk nipis dan irisan daun seledri juga ditambahkan untuk membangkitkan cita rasa segar dan aroma yang nikmat.

Salah satu nama mie kocok yang paling legendaris dan masih eksis hingga kini adalah Mie Kocok Persib. Selain kuahnya yang gurih, penambahan iga sapi sebagai toping pelengkap menjadikan Mie Kocok Persib sebagai juara kuliner bertahan di Kota Bandung. Rasanya dijamin ngeunah pisan, euy!

5. Cendol Elizabeth Official - Astana Anyar

Rekomendasi Kuliner Legendaris Bandung © 2022 brilio.net

foto: Es Cendol Original Cendol Elizabeth

Belum sah rasanya menjadi akang dan teteh Bandung sebelum kamu mencoba minuman satu ini. Salah satu ikon kuliner legendaris Kota Bandung yang sudah eksis hingga pasar mancanegara adalah Cendol Elizabeth milik Haji Rohman yang sudah dikelola sejak tahun 1972.

Keaslian rasa dari minuman yang berasal dari tepung tapioka, daun suji, dan gula kelapa ini selalu diburu tak hanya oleh warga Bandung namun juga pendatang dari luar kota. Bahkan Kang Emil, Gubernur Jawa Barat, menjadikan Cendol Elizabeth sebagai ‘minuman diplomasi’ pada saat menerima kunjungan Menteri Luar Negeri Inggris, Elizabeth Mary Truss, tahun 2021 lalu.

6. Batagor Riri - Lengkong

Rekomendasi Kuliner Legendaris Bandung © 2022 brilio.net

foto: Paket Batagor Isi 10 Batagor Riri

Batagor atau baso tahu goreng merupakan kudapan asli Bandung yang melegenda. Dipadukan dengan bumbu kacang, kecap manis, dan air perasan jeruk nipis membuat batagor cocok dikonsumsi dalam berbagai kesempatan. Salah satu batagor asli Bandung yang terkenal adalah Batagor Riri, yang sudah berdiri sejak tahun 1985. Jika kamu mencari kudapan ringan yang pas untuk dinikmati bersama teman dan keluarga di rumah, maka Batagor Riri adalah jawabannya.

Itu dia enam rekomendasi ikon kuliner legendaris kota kembang yang wajib kamu coba! Jangan khawatir kalau belum pernah coba, karena kamu bisa langsung memesan semua makanan legendaris tersebut di ShopeeFood. Nggak pakai ribet, kamu bisa langsung menikmati makanan tersebut bersama sahabat dan keluarga di rumah!

Dalam rangka merayakan hari ulang tahun Jawa Barat tahun ini, kamu juga bisa mendapatkan promo spesial di ShopeeFood dengan cara memasukkan kode promo HUTJABAR saat melakukan pemesanan di berbagai restoran favoritmu. Kode promo ini berlaku selama tanggal 19-23 Agustus 2022 bagi para pengguna baru ShopeeFood di daerah Jawa Barat, selama persediaan masih ada.

Selain itu, ShopeeFood juga masih punya beragam promo spesial lainnya bagi para pengguna setianya. Caranya gampang, kamu tinggal klaim saja promo-promo yang ada di ShopeeFood. Nikmati juga promo Gratis Ongkir setiap melakukan pemesanan di ShopeeFood. Jadi, tunggu apalagi? Yuk pesan sekarang!

(brl/lak)

(brl/lak)