Brilio.net - Jika ke Kalimantan Barat, sempatkan mengunjungi wisata alam Bukit Batu Daya. Sebuah bukit yang konon jika dilihat dari sisi berbeda penampilannya pun berbeda. Ada dua wujud yang paling kerap dilihat oleh para pengunjungnya, yaitu menyerupai gantang (takaran padi) dan mirip punuk unta. Bentuk yang mampu memperdaya indera penglihatan itu juga yang menginspirasi destinasi wisata ini dinamakan Batu Daya.

Batu Daya terdiri dari tiga batuan raksasa yang berjejer. Letaknya ada di Desa Batu Daya, Kecamatan Simpang Dua, Kabupaten Ketapang, Provinsi Kalimantan Barat. Tepatnya terletak di antara perbatasan Kecamatan Laor, Kecamatan Simpang Hilir dan Kecamatan Sukadana di Kabupaten Ketapang. Bukit batu Daya termasuk juga ke dalam kawasan Taman Nasional Gunung Palung (TNGP).

Jika berniat ke sana, kamu harus siap menjadi backpacker, sebab penginapan dan transportasi cukup sulit untuk didapatkan. Kamu dari Pontianak bisa naik speed boat menuju Telok Melano (ibu kota Kecamatan Simpang Hilir) selama 3 jam. Lalu menuju Desa Perawas, dilanjutkan menggunakan ojek sepeda motor atau menumpang truk pengangkut kayu yang sering menuju ke lokasi Bukit Batu Daya. Nah, berikut ini foto-foto keindahan Bukit Batu Daya, seperti dirilis brilio.net dari instagram, Jumat (29/7):

1. Sekelilingnya hijau.

foto: Instagram/@atnmemble

2. Mirip gantang kan?

foto: Instagram/@marchello_pb

3. Beda bentuknya ya?

foto: Instagram/@al_fatarizie

4. Kalau dari sini bentuknya mirip apa?

foto: instagram/@21adnan

5. Jalurnya masih alami.

foto: Instagram/@atnmemble

6. Beautiful!

foto: instagram/@eko_zanuardy

Bukit yang indah ya? KLIK NEXT untuk melihat foto-foto lainnya.

2 dari 2 halaman

7. Lebih dekat lagi.

foto: instagram/@pendaki_vakum

8. Begini penampakan batu daya dari dekat.

foto: instagram/@beregita.rosiana

9. Mirip punuk unta ya?

foto: instagram/@indonesia.trips

10. Wiiiih keren abis.

foto: instagram/@rickywirianto

11. Nih indahnya!

foto: instagram/@indonesiajuara