Brilio.net - Di masa pandemi ini ada fenomena menarik pada orang-orang yang sudah kangen jalan-jalan. Road trip kini menjadi salah satu cara liburan yang banyak dipilih masyarakat.  

Maklum, dengan mengendarai mobil pribadi, mereka bisa melakukan perjalanan keluar kota tanpa harus bercampur dengan orang lain seperti naik transportasi umum. Selain itu mereka juga lebih fleksibel menentukan kota tujuan maupun wisata yang akan disinggahi. 

Apalagi, dengan road trip bisa sekalian boyong satu keluarga untuk liburan bersama. Semua pasti sudah merasa bosan karena sejak tahun lalu kegiatan bepergian semakin beresiko terpapar Covid-19.

Nah buat kamu yang ingin membawa keluarga liburan road trip, berikut tips yang perlu diperhatikan agar liburan aman, nyaman serta terhindar dari paparan Covid-19.

1. Rencanakan perjalanan dengan matang

5 Tips Road Trip © 2021 brilio.net pymnts.com

Meski naik mobil pribadi, namun road trip pun butuh perencanaan. Yang paling krusial adalah menentukan kota yang akan dituju karena di masa pandemi ini status tiap kota bisa berubah tiap hari. Ada yang kemarin masih zona hijau, namun hari ini masuk zona merah.

Kamu juga harus update perkembangan kasus positif di Indonesia dan kota-kota mana saja yang memiliki status zona hijau hingga merah. Dengan begitu, kamu bisa menentukan destinasi paling aman untuk dikunjungi bersama keluarga.

Mendatangi zona hijau dapat meminimalisir risiko terpapar Covid-19, karena tingkat penularan yang rendah di kota tersebut. Namun bukan berarti kamu bisa bebas tanpa menjalankan protokol kesehatan ya! Bahkan di zona hijau pun kamu tetap wajib menjalankan protokol kesehatan yang dianjurkan tanpa terkecuali. Bukankah mencegah lebih baik daripada mengobati, bukan?

2. Buat daftar barang yang perlu dibawa

5 Tips Road Trip © 2021 brilio.net mycalcas.com

Bepergian di masa pandemi mengharuskan kamu bawa barang-barang ekstra, seperti masker kain atau medis beserta cadangannya. Lalu juga hand sanitizer serta cairan desinfektan untuk pakaian dan permukaan benda. Barang-barang ini wajib untuk melindungi kamu dan keluarga dari potensi penularan Covid-19 saat berada di ruang publik.

Selain itu, kamu juga harus memikirkan barang apa yang akan dibawa ke kota tujuan, seperti pakaian, obat-obatan, serta printilan lain yang berguna saat perjalanan. Agar rapi dan mudah dicari, jangan lupa gunakan car seat organizer untuk menata barang-barang penting selama perjalanan. Selain itu bawa juga botol minum dan perlengkapan makan sendiri agar terjamin kebersihannya.

3. Tentukan itinerary dan beli tiket masuk tempat wisata secara online

5 Tips Road Trip © 2021 brilio.net escapecampervans.com

Jika kamu sudah menemukan kota yang pas untuk road trip, selanjutnya adalah membuat itinerary wisata apa saja yang ingin dikunjungi. Namun di masa pandemi ini kamu harus double cek ke tempat wisata melalui akun media sosial masing-masing untuk mengetahui jam operasional terbaru dan juga persyaratan masuk ke dalamnya. Pasalnya wisata yang buka pun diharuskan membatasi jumlah pengunjung yang merupakan bagian dari protokol kesehatan untuk mencegah kerumunan orang.

Masukkan wisata alam dalam list tujuan wisata kamu karena selain pemandangannya pasti menawan, wisata outdoor jauh lebih aman dibanding indoor karena sirkulasi udara lebih baik dan area wisata yang luas sehingga pengunjung tak berkerumun di satu tempat.

Jika sudah memiliki list wisata apa saja yang ingin dikunjungi dan statusnya buka, maka sebisa mungkin beli tiket masuknya secara online sehingga kamu  tidak perlu berlama-lama di loket masuk untuk antre beli tiket. Cukup tunjukkan e-tiket yang dibeli, kamu beserta keluarga pun bisa langsung masuk ke dalam tanpa harus antre beli tiket on the spot. Beli tiket wisata secara online pun seringkali menawarkan promo menarik sehingga bisa hemat biaya liburan.

4. Hindari terlalu banyak berhenti saat di perjalanan

5 Tips Road Trip © 2021 brilio.net charlesmeyerins.com

Jika perjalanan dari kota asal ke tujuan lumayan jauh, ada baiknya kamu tidak terlalu sering berhenti untuk menghindari interaksi dengan orang lain maupun situasi yang kelewat ramai. JIka melalui jalan tol, mampirlah ke rest area hanya jika mendesak seperti buang air, ibadah maupun mengisi bahan bakar.

Sementara itu, ingat untuk selalu mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir setelah menggunakan toilet umum atau gunakan hand sanitizer jika menyentuh permukaan yang juga disentuh banyak orang.

5. Persiapkan kebutuhan road trip

5 Tips Road Trip © 2021 brilio.net

nymetroparents.com

Jika kamu sudah mencatat barang-barang apa saja yang perlu dibawa, segera beli jika ada yang kurang. Misalnya vitamin, obat-obatan yang sering dikonsumsi (obat pusing, flu, masuk angin dan juga obat anti mabuk perjalanan, masker medis dan masker kain untuk double mask, serta car seat organizer untuk membuat mobil kamu lebih rapi jadi tidak akan merasa suntuk karena kondisi dalam mobil yang berantakan.

Kamu bisa membeli produk road trip keluaran Eiger yang memang dirancang untuk memenuhi kebutuhan perlengkapan kegiatan outdoor, terutama di masa pandemi ini. Kamu bisa membuka Eiger Lazmall dan menemukan berbagai peralatan penting, seperti masker dan hand sanitizer yang wajib dibawa kemana-mana, cutlery set untuk tiap anggota keluarga, botol minum dengan insulasi untuk stok air dingin atau panas selama perjalanan, travel bag organizer untuk menyimpan barang sesuai jenisnya agar lebih rapi, car seat organizer yang punya banyak sekat dan saku mesh untuk menyimpan barang-barang penting seperti tisu, masker, hingga HP dengan rapi.

Agar perjalanan kamu tetap menyenangkan dan aman dari Covid-19, satu lagi yang penting adalah memastikan tubuh dalam kondisi sehat dan prima saat akan liburan. Karena imun tubuh yang kuat akan melindungi kamu dari berbagai penyakit termasuk virus Covid-19. Terpenting, selalu menerapkan prokes di manapun kamu berada ya. Selamat berlibur!