×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
10 Gudeg paling fenomenal di Jogja, pernah coba?

View Image

0

BRILIO » Jalan-Jalan

10 Gudeg paling fenomenal di Jogja, pernah coba?

Kuliner khas Jogja ini sungguh istimewa.

17 / 12 / 2015

Brilio.net - Belum ke Jogja kalau belum mencicipi Gudeg asli Jogja. Makanan khas dari Jogja yang sudah melegenda ini selali menjadi buruan favorit para penikmat kuliner. Bahkan membuat Jogja disebut sebagai Kota Gudeg. Sensasi rasa gori atau nangka muda serta krecek dengan siraman bumbu areh atau kuah santan yang gurih di lidah, membuat kuliner khas Jogja ini semakin istimewa.

Nah, untuk kamu yang ingin jalan-jalan ke Jogja, ini dia referensi gudeg fenomenal di Jogja, seperti yang telah dikumpulkan brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (17/2).

1. Gudeg Yu Djum

10 Gudeg paling fenomenal di Jogja, pernah coba?

foto: kuliner.panduanwisata.id

Loading...

Wijilan adalah salah satu daerah di Jogja yang terkenal dengan deretan warung gudeg menggugah selera. Jika kamu menelusuri daerah Wijilan, saatnya mampir ke Gudeg Wijilan Yu Djum. Salah satu gudeg legendaris di antara banyak gudeg lainnya. Bumbu Gudeg Yu Djum yang manis dipadu dengan kuah yang pedas, mampu membuat sensasi rasa yang tidak terlupakan. Gudeg Yu Djum juga menyediakan paket kendil yang bisa dibawa pulang sebagai oleh-oleh untuk sanak saudara.

2. Gudeg Permata

10 Gudeg paling fenomenal di Jogja, pernah coba?

foto: kotajogja.com

Bioskop permata adalah salah satu bioskop yang terkenal pada masa lampau di Jogja, namun ketika malam semakin larut ternyata ada yang lebih legendaris lagi, yaitu Gudeg Permata. Gudeg yang berada di depan Bioskop Permata menawarkan kuah gurih dan manis. Berlokasi di tengah Kota Jogja tepatnya di Jalan Gajah Mada, membuat gudeg ini mudah untuk dicari dengan jam buka pukul 20.00-02.00 dini hari.

3. Gudeg Pawon

10 Gudeg paling fenomenal di Jogja, pernah coba?

foto: Olenka Priyadarsani

Saat kamu melintas Jalan Janturan No 36-38 Warungboto, Umbulharjo jangan heran saat melihat banyaknya mobil dan motor yang terparkir di jalan kecil tersebut. Bukan karena ada hajatan, tetapi mereka semua antre untuk menikmati Gudeg Pawon, salah satu warung gudeg yang cukup fnomenal di Jogja. Tak kalah unik dengan sensasi rasanya, Gudeg Pawon juga memiliki lokasi yang unik, yaitu di pawon dimana pengunjung dapat masuk ke pawon (dapur) untuk memilih dan menikmati kuliner ini.

4. Gudeg Bu Hj Amad

10 Gudeg paling fenomenal di Jogja, pernah coba?

foto: tripadvisor.com

Gudeg Bu Hj Amad ini juga merupakan salah satu gudeg paling hits di Jogja. Terletak di seberang Fakultas Kehutanan Universitas Gadjah Mada, gudeg ini juga menyajikan pilihan lauk seperti gudeg pada umumnya. Walaupun sudah memiliki rumah makan yang besar namun harga di sini cukup murah sehingga banyak orang yang memilih membeli gudeg di rumah makan ini. "Gudeg ini juga tahan 48 jam, bahkan pernah saya bawa ke Malaysia pesanan teman dengan menggunakan besek," ujar Puput, warga asli Jogja yang bekerja di Kuala Lumpur.

5. Gudeg Manggar

10 Gudeg paling fenomenal di Jogja, pernah coba?

foto: kompasiana.com

Gudeg Manggar mungkin salah satu kuliner gudeg unik di Jogja. Pasalnya selain menampilkan kuliner gudeg pada umumnya, gudeg ini tidak berbahan dasar gori melainkan manggar atau kembang kelapa muda. Bentuknya yang sedikit bertekstur terasa begitu lezat ketika disantap dengan suwiran ayam. Bila ingin membawa Gudeg Manggar sebagai oleh-oleh, Gudeg Manggar Ibu Jumilah juga menyediakan kendhil (gudeg dalam periuk tanah liat) yang bisa dibawa ke mana-mana. Gudeg Manggar Ibu Jumilah berada di Jalan Srandhakan km 8 Bantul

6. Gudeg Sagan

10 Gudeg paling fenomenal di Jogja, pernah coba?

foto: tripadvisor.com

Jika ingin menikmati gudeg ditemani dengan live musik, datanglah ke Gudeg Sagan di Jalan Prof Dr Yohanes. Gudeg Sagan merupakan tempat makan yang menyuguhkan suasana yang ditujukan untuk anak muda. Suasana plus rasa gudeg yang enak membuat banyak anak muda yang menjadikan tempat ini untuk nongkrong. "Ciri khas gudeg ini adalah porsi arehnya yang begitu banyak sehingga membuat gudeg ini tetap basah dan berkuah, kalau yang suka gudeg basah seperti saya ini ya enak," ujar Olenka, seorang travelblogger pecinta gudeg.

7. Gudeg Mercon

10 Gudeg paling fenomenal di Jogja, pernah coba?

foto: tripadvisor.com

Jika biasanya gudeg terkenal dengan rasa manis yang dominan, di warung tenda milik Bu Tinah ini gudeg terhidang dengan rasa yang super pedas meledakkan mulut. Lombok rawit yang ikut ditambahkan ke dalam tiap piring sajian gudeglah yang membuat rasanya demikian. Gudeg Mercon Bu Tinah terletak di Jalan Asem Gede, dekat Pasar Kranggan, Jetis dan mulai buka pukul 21.00 WIB. "Saya biasanya sudah datang saat setengah jam sebelum buka, karena biasanya sudah banyak pembeli yang antre. Untung ini lokasinya dekat dengan kantor saya," ujar Fahru salah satu penggemar gudeg.

8. Gudeg Bu Tjitro

10 Gudeg paling fenomenal di Jogja, pernah coba?

foto: kotajogja.com

Gudeg Bu Tjitro merupakan salah satu gudeg legendaris di Jogja. Gudeg yang sudah berdiri sejak tahun 1925 ini awalnya terkenal dengan sajian gudeg dalam kendil. Namun karena dianggap merepotkan, gudeg yang biasanya dilengkapi dengan sambal goreng krecek, kacang tholo, tempe kedelai, telor itik dan ayam kampung ini disajikan pula dalam bentuk kaleng agar lebih mudah dibawa. Berlokasi di Jalan Janti No 330 atau tepatnya di depan JEC, Gudeg Bu Tjitro menjadi salah satu kuliner gudeg yang digemari wisatawan yang berkunjung ke Jogja.

9. Gudeg Batas Kota

10 Gudeg paling fenomenal di Jogja, pernah coba?

foto: yogyakarta.panduanwisata.com

Saat kamu ke Jogja jangan lewatkan sensasi kuliner tengah malam yang banyak ditemukan di penjuru kota. Salah satu kuliner malam yang patut dicoba adalah Gudeg Batas Kota. Lagi-lagi sensasi rasa manis, gurih dan pedasnya sambal krecek mampu membuat kamu tak ingin pergi dari Jogja. Gudeg ini berada di batas wilayah kota Jogja dan wilayah Kabupaten Sleman, tepatnya di depan Lippo Plaza Mall Jogja dan buka mulai pukul 9 malam. Porsinya yang cukup banyak bisa membuat pembelinya merasa puas dan ketagihan dengan sensasi rasa gudeg plus suasana malam di Jogja

10. Gudeg Ceker

10 Gudeg paling fenomenal di Jogja, pernah coba?

foto: makanjogja.com

Bagi kamu penggemar ceker ayam, gudeg ini bisa jadi salah satu destinasi wisata kulinermu. Terletak di jalan Seturan No 15 gudeg ini juga cocok untuk kamu yang tidak terlalu menyukai masakan manis karena rasa gudeg ini tidak terlalu manis dan cenderung gurih. Harganya pun cukup murah saja yaitu mulai Rp 8.000, kamu sudah bisa menikmati ceker ayam yang diolah sangat lembut dipadu dengan areh serta sambal. Yummy!





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    67%

  • Ngakak!

    33%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more