Brilio.net - Kalau berkunjung ke Yogjakarta, kamu nggak cuma bisa jalan-jalan ke tempat memiliki nilai budaya tapi juga wisata alam yang keren banget. Buat yang suka main air, di Jogja kamu juga bisa menikmati pantai yang indah, wisata sungai, dan air terjun.

Nah, berikut ini 10 wisata air terjun yang bisa kamu kunjungi di Jogja dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (16/6):

1. Air Terjun Kembang Soka, Kulon Progo.

foto: rentalmotordijogja

Kabupaten Kulon Progo terletak di bagain barat Provinsi Yogyakarta. Nah, di kabupaten ini kamu bisa menemukan air terjun Kembang Soka yang terletak di Dusun Kelir, Jatimulyo, Girimulyo.

2. Sri Gethuk, Gunungkidul.

foto: sewamotordijogja

Kalau yang ini populer banget. Sri Gethuk terletak di Kabupaten Gunungkidul yang memang terkenal sebagai surganya wisata alam di Jogja. Akses jalannya gampang menuju ke tempat ini.

3. Curug Indah Gedangsari, Gunungkidul.

foto: spadepicnic

Masih dari Gunungkidul, kamu bisa mengunjungi air terjun yang terletak di Desa Tegalrejo, Kecamatan Gedangsari ini. Tempatnya memang indah dan terbagi menjadi dua bagian, yakni atas dan bawah. Pastikan berhati-hati kalau mau berfoto ria ya.

4. Air Terjun Pantai Jogan, Gunungkidul.

foto: ransel.club

Letaknya berada di tepi pantai membuat air terjun ini semakin menawan. Jadi, selain ke Pantai Jogan kamu juga bisa menikmati air terjun Jogan. Letaknya berada di Desa Purwodadi, Tepus, Gunungkidul.

5. Grojogan Sewu, Kulon Progo.

foto: diasporaiqbal

Kalau ke Kulon Progo, kamu memang akan menemukan banyak air terjun. Salah satunya Grojogan Sewu yang terletak di Dusun Beteng, Jatimulyo, Girimulyo. Ajak teman-temanmu ke sini, pasti asyik!

Indah banget ya? KLIK NEXT untuk melanjutkan.

2 dari 2 halaman

6. Kedung Pedut, Kulon Progo.

foto: piknikasik

Yang satu ini juga terletak di Kabupaten Kulon Progo, tepatnya di Dusun Kembangm, Jatimulyo, Girimulyo. Tuh kan, dengan mengunjungi Kulon Progo saja kamu bisa ke beberapa tempat air terjun jadi bisa lebih irit untuk perjalanan kamu.

7. Curug Gede, Nglanggeran, Gunungkidul.

foto: andisapto.blogspot.com

Kalau kamu pernah mendengar tentang gunung api purba Nglanggeran, lokasi air terjun ini tak jauh dari gunung tersebut. Jadi, kapan siap main ke sana?

8. Jurang Pulosari, Bantul.

foto: mandrapahlawa

Nah, kalau yang ini letaknya di Kabupaten Bantul yang berada di wilayah Jogja bagian selatan. Berada di Desa Wisata Krebet Sendangsari, Pajangan, Bantul, lokasinya sedikit masuk perkampungan.

9. Curug Setawing, Kulon Progo.

foto: marikitadolan

Satu lagi dari Kabupaten Kulon Progo yang keren banget tempatnya. Lokasinya berada di Dusun Jonggrangan, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo. Oleh warga sekitar tempat ini sudah ditata menjadi semacam taman wisata.

10. Banyunibo, Gunung Kidul.

foto: rentalmobilyogyakarta

Yang satu ini berasal dari Kabupaten Gunung Kidul lagi. Kamu tinggal menuju ke Dusun Batur, Desa Putat, Kecamatan Patuk. Tempatnya lumayan hits untuk warga Jogja.