×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Tak cuma bikin keriput, selfie ternyata berpotensi merusak matamu

View Image

0

BRILIO » Ilmiah

Tak cuma bikin keriput, selfie ternyata berpotensi merusak matamu

Ilustrasi Selfie. (foto: stylist.co.uk)

Hasil penelitian ini sangat mengejutkan.

06 / 04 / 2016

Brilio.net - Baru-baru ini sebuah studi menyatakan selfie bikin keriput wajah. Tak kalah mengagetkan, studi terbaru mengungkapkan bahwa obsesi kamu terhadap foto diri bisa juga membahayakan kesehatan mata, lho. Tim peneliti dari Royal Association of Optometrists meneliti 2.500 pengguna media sosial (karakteristiknya yaitu yang mengunggah foto lima atau lebih dalam sehari), untuk memonitor efek Instagram, Snapchat, Facebook, dan Twitter terhadap mata. Penelitian ini menunjukkan kebiasaan selfie menyebabkan kondisi serius mata pada satu dari lima orang. Terutama, kerusakan pada lensa akibat terlalu fokus ke tempat lain selain kamera, seperti dikutip brilio.net dari STYLIST, Rabu (6/4).

"Tren pertumbuhan menatap ke kejauhan melewati kamera sebenarnya memiliki efek yang merugikan bagi kesehatan mata banyak orang. Dengan sengaja tak memfokuskan mata supaya tampak bosan, lebih menarik, dan biar terkesan merenung lebih dari kondisi kamu sebenarnya, kamu memberikan tekanan besar pada lensa matamu," kata Sally Fee, profesor yang memimpin penelitian tersebut.

Tim peneliti sendiri belum resmi memberikan nama apa untuk kondisi ini. Sejauh ini masih menggunakan nama 'middle-distance Insta-eye'. Mereka juga mengidentifikasi sejumlah isu lain, termasuk kerusakan retina akibat cahaya lingkungan yang terlalu redup dan kerusakan jaringan mata akibat mencari sudut angle selfie tinggi yang pas berulang kali.

Sally menambahkan bahwa cedera langsung kornea mata bisa juga berasal dari ponsel dan bisa jadi dari kecerobohan penggunaan tongsis yang menimpa mata.

Intinya, yang bikin mata kamu bermasalah saat selfie adalah jarak yang kamu rentangkan antara mata dengan ponsel kamu. Belum lagi kalau kamu mau selfie tapi dengan pose yang menempatkan mata nggak menatap kamera langsung, bikin beban tersendiri bagi matamu. Tak hanya itu, kamu sering mengambil foto selfie berulang kali untuk mendapatkan foto terbaik, dari berbagai angle. Jadilah permasalahan matamu menumpuk.

Loading...

Mulai sekarang, jaga kesehatan matamu, ya. Selfie seperlunya biar tugas mata kamu nggak terbebani banget.







Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    67%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    33%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more