Brilio.net - Peneliti Jerman Justin Schmidt baru-baru ini mengungkap jenis serangga paling menyakitkan di dunia. Dalam penelitiannya, Schmidt bahkan sampai menjadikan dirinya objek dari sengatan-sengatan serangga yang diteliti.

Dikutip dari Science Alert, Senin (29/8), Justin dibantu istrinya, yang juga ahli hewan, berkeliling ke beberapa negara untuk menemukan jenis-jenis serangga yang berbeda. Lalu serangga apakah yang paling berbahaya sengatannya? Berikut ini daftar 6 serangga paling menyakitkan sengatannya di dunia:

1. Semut api merah.

Digigit serangga © 2016 brilio.net

Nama Ilmiah: Solenopsis Invicta
Tingkat Sengatan: 1 (tidak sakit)
Deskripsi: Biasa ditemukan di area lembap yang memiliki banyak tumbuhan. Kerap juga ditemukan di rumah seperti di sudut-sudut rumah yang tersentuh.

2. Serangga Cicada.

Digigit serangga © 2016 brilio.net

Nama Ilmiah: Sphecius grandis
Tingkat Sengatan: 1,5
Deskripsi: Sengatan lebah yang banyak ditemukan di Amerika bagian Utara ini akan menyebabkan kesakitan pada awal sengatan. Namun jika semakin digosok atau disentuh akan semakin menyakitkan. Ada baiknya diobati dengan pelan tanpa memberikan tekanan pada bagian tubuh yang disengat.

3. Lebah Madu.

Digigit serangga © 2016 brilio.net

Nama Ilmiah: Apis mellifera
Tingkat Sengatan: 2
Deskripsi: Sengatannya mengakibatkan rasa seperti kulit terbakar dan korosif. Saat terkena sengatan lebah ini, sebaiknya segera diolesi dengan cairan alkali lalu kemudian dengan cairan asam.

4. Lebah Jaket Kuning.

Digigit serangga © 2016 brilio.net

Nama Ilmiah: Vespula pensylvanica
Tingkat Sengatan: 2
Deskripsi: Sengatan serangga ini menyebabkan rasa panas pada kulit tubuh. Memiliki 3 bagian tubuh utama yaitu kepala, thorax, dan abdomen. Di bagian abdomen inilah serangga ini menyimpan jarum penyengat dan racunnya.

5. Lebah Polybia.

Digigit serangga © 2016 brilio.net

Nama Ilmiah: Polybia simillima
Tingkat Sengatan: 2,5
Deskripsi: Sering membuat rumah di bawah daun dan ranting pepohonan. Beberapa di antaranya kerap mamasuki rumah untuk mendekat pada cahaya.

6. Semut Beludur.

Digigit serangga © 2016 brilio.net

Nama Ilmiah: Dasymutilla klugii
Tingkat Sengatan: 3 (paling sakit)
Deskripsi: Sengatan lebah ini mirip sekali dengan kesakitan yang dirasakan saat kulit terkena siraman minyak panas. Serangga yang banyak ditemukan di Amerika bagian Barat ini memiliki tubuh merah-hitam dan berbulu.