Brilio.net - Apa yang kamu pikirkan soal melamun? Kebiasaan ini kadang dinilai sebagai penghambat dalam pekerjaan dan hanya membuang-buang waktu saja. Bahkan degan sering melamun dianggap membuat tak bahagia. Nah, fenomena melamun ini memicu banyak pihak untuk melakukan penelitian. Salah satunya penelitian terbaru dari Gonda Multidisciplinary Brain Researh Ceter, Bar-Ilan University, Israel. Para peneliti menemukan di balik kegiatan melamun terdapat proses perencanaan bahkan kreativitas.

Dilansir brilio.net dari Inc, Selasa (12/7) , melamun bukannya melemahkan kinerja otak malah menyebabkan kinerja otak jadi lebih baik. Penelitian ini melibatkan peserta yang diminta untuk mengindikasikan sejauh mana mereka melamun saat menyelesaikan tugas. Hasilnya, partisipan yag pikirannya lebih sering mengembara alias melamun cenderung lebih baik dalam menyelesaikan permainan reaksi.

Penelitian lanjutan yang dipublikasikan melalu jurnal Psychological Science, menyatakan melamun mampu membuat otak berasosiasi menjadi lebih menarik. "Memikirkan masalah yang sama terutama saat stres tidak akan menghasilkan solusi kreatif, ujar salah satu peneliti Shira Baror.

Baror juga menyarankan, saat sedang stres karena sebuah masalah tinggalkan dulu persoalan tersebut. Beri kesempatan pada pikiranmu untuk mengembara hingga memunculkan ide yang kreatif dan brilio. Nah, sudahkan kamu melamun hari ini?

Loading...