Brilio.net - Untuk orang yang jarang punya waktu merawat pekarangan rumah, sudah tentu jengkel jika melihat banyak rumput liar tumbuh. Tak jarang pemilik rumah menyewa orang untuk merapikannya. Nah berikut ini ternyata ada cara simpel dan efektif untuk membunuh rumput-rumput liar yang muncul di rumah.

Eksperimen menarik membunuh rumput-rumput liar ini pertamakali dilakukan oleh salah seorang bernama Muhammad Najib. Melalui akun media sosialnya, ia bercerita bahwa ia bisa membunuh rumput-rumput liar di sekitar rumahnya hanya dengan membuat cairan yang dia buat, dari bahan-bahan yang tersedia di dapur rumahnya.

Muhammad Najib menuturkan membunuh rumput-rumput liar itu menggunakan cairan campuran cuka, sabun cair cuci piring dan alat semprot air sebagai wadahnya.

"Tuangkan cuka itu di alat airbrush dan teteskan 3 atau 4 sendok besar sabun (cair) yang biasa untuk mencuci piring. Barulah semprotkan ke rumput-rumput liar di sekitar rumah," tulis Muhammad Najib seperti dikutip brilio.net dari akun media sosialnya, Rabu (17/5).

cuka rumput cuka rumput foto: Facebook/@luciusmaximus

Foto hasil dari semprotan itu tak lupa Muhammad Najib tampilkan. Dalam foto yang diunggahnya, terlihat rumput yang tadinya hijau berubah menjadi kuning kering dan mati. Berikut foto keadaan rumput liar sebelum dan sesudah disemprot menggunakan cairan cukak dan sabun cair:

cuka rumput cuka rumput foto: Facebook/@luciusmaximus

cuka rumput cuka rumput foto: Facebook/@luciusmaximus

Muhammad Najib menjelaskan bahwa cuka mengandung asam asetat dan asam asetat adalah bisa membunuh sebagian besar jenis tanaman. Sabun untuk mencuci piring akan bertindak sebagai perekat cuka itu, sehingga perlu dipastikan saat cairan disemprotkan harus lengket pada tanaman.

"Aku semprot sekali seminggu dan kemudian ketika aku kembali, rumput hijau telah jadi cokelat (mati). Tugas selanjutnya adalah untuk mengambil cangkul dan mencangkul semua rumput. Jangan terlalu keras karena bahkan setelah seminggu lalu disemprot, akar rumput ikut kering dan mudah dicabut," pungkas Najib dalam postingannya yang viral di media sosial tersebut.