Brilio.net - Telur adalah sumber protein bagus bagi tubuh. Banyak olahan makanan yang menggunakan bahan dasar telur. Bahkan dimakan setelah direbus atau digoreng, telur juga lezat.

Nah, setelah mengetahui manfaat telur kini kamu juga patut tahu manfaat kulitnya.

BACA JUGA: 12 Khasiat tak terduga jika kamu rutin makan telur, dijamin sehat!

Berikut sederet manfaat kulit telur, sebagaimana dikutip brilio.net dari Healthy Food Plans, Kamis (5/4):

1. Penyubur tanaman.

 kulit telur oke © 2016 brilio.net foto: thecurtiscasa.com

Yup, kulit telur bisa menjadi pupuk organik. Kandungan kalsiumnya bagus untuk tanah. Lagipula, kulit telur mudah membusuk sehingga kandungan mineralnya bisa segera meresap di tanah yang akan dijadikan pupuk. Pupuk dari kulit telur ini tak perlu lagi diberi pasir dan tak perlu juga disterilisasi.

2. Penolak rusa.

 kulit telur oke © 2016 brilio.net foto: readingswithelizabeth.com

Bagi kamu yang tinggal di area yang berdekatan dengan habitat rusa, biasanya sih di luar negeri ya, bisa memanfaatkan kulit telur untuk menghalau mereka datang. Rusa di sini biasanya bikin jengkel menerobos rumah warga. Nah, kulit telur ini kalau ditaruh di pinggiran halaman rumahmu, rusa nggak akan suka. Rusa nggak suka dengan bau telur mentah. Sayangnya, kalau rusa sudah kabur, tikus penyuka telur bisa saja menghampiri kulit telur itu. Agak ribet, ya?

3. Memberi makan burung.

 kulit telur oke © 2016 brilio.net foto: birdwatchersdigest.com

Burung membutuhkan kalsium dalam jumlah besar saat sebelum dan setelah bertelur. Nah, kamu bisa memenuhi kebutuhan kalsiumnya ini dengan sengaja memberikan makanan berupa remah-remah kulit telur. Taruh saja di sekitar burung tersebut bersarang. Namun begitu, kamu harus mensterilkan kulit telur sebelum. Caranya adalah merendamnya dahulu dengan air mendidih.

4. Menjadi pot bibit tanaman.

 kulit telur oke © 2016 brilio.net foto: digucla.tumblr.com

Kamu bisa menggunakan kulit telur yang hanya berlubang salah satu ujungnya sebagai pot bibit tanaman. Tentu saja, bersihkan dulu bagian dalamnya dengan air matang dan tusuk lubang kecil di bagian bawah. Lembapkan sedikit bagian dalamnya kemudian tambahkan biji tanaman lalu biarkan tumbuh dengan sendirinya. Nanti, kalau sudah tumbuh lebih besar, kamu bisa merelokasinya ke pot atau lahan lain.

5. Pupuk langsung.

 kulit telur oke © 2016 brilio.net foto: casoteca.ro

Kalau nomor satu kulit telur diolah menjadi pupuk dalam skala lebih besar bersamaan dengan tanah, maka poin ini adalah tips memanfaatkan kulit telur secara langsung sebagai pupuk. Cukup remukkan kulit telur secukupnya dan taburkan di sekeliling tanaman langsung. Kulit telur akan segera membusuk menjadi pupuk organik.

6. Pembasmi hama.

 kulit telur oke © 2016 brilio.net foto: weknowyourdreamz.com

Kulit telur bisa mengusir siput yang menjadi hama tanaman, lho. Hanya dengan menaburkan remahan di sekeliling tanaman, si siput akan menghindar.

7. Keperluan estetika.

 kulit telur oke © 2016 brilio.net foto: thekitchn.com

Untuk poin ini, kulit telur bisa menjadi hiasan taman rumahmu atau hiasan beberapa sudut rumahmu. Bisa kamu letakkan begitu saja di ujung tanaman berdaun lancip dan kokoh atau bisa kamu jadikan pot tanaman mini seperti pada gambar.

Jadi, masih mau membuang kulit telur sembarang?