Brilio.net - Banyak hal yang bisa menyebabkan bau badan. Tapi, kebanyakan orang percaya hal-hal yang sering kamu dengar seperti kurangnya menjaga kebersihan, keringat, sampai aktivitas yang padat menjadi hal yang justru menyebabkan bau badan. Padahal salah kaprah lho, Sob!

Biar kamu nggak semakin salah kaprah karena mitos-mitos yang sering beredar tentang bau badan, ada baiknya kamu simak uraian di bawah ini yang dijamin bikin kamu tercerahkan.

Berikut adalah penyebab-penyebab bau badan yang dipercaya orang padahal cuma mitos belaka, yang dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Rabu (26/10) khusus buat kamu.

1. Keringat penyebab bau badan.

mitos bau badan © 2016 brilio.net

foto: dailyhealthhub.com

Hanya karena keringat adalah salah satu limbah yang dikeluarkan dari tubuh kita, orang sering secara otomatis menganggap bahwa itu adalah penyebab utama bau badan. Selain itu, karena sebagian besar keringat biasanya dikeluarkan oleh tubuh melalui ketiak, maka orang sering menyimpulkan bahwa keringat menyebabkan munculnya bau badan.

Padahal hal itu sama sekali nggak benar. Keringat memang bentuk limbah tubuh, tapi nggak berbau. Bakteri lah yang menyebabkan bau badan. Karena bakteri membutuhkan keringat untuk berkembang dan bakteri tersebut akhirnya menciptakan bau yang nggak menyenangkan.

2. Hanya orang jorok yang bau badan.

mitos bau badan © 2016 brilio.net

foto: topyaps.com

Bau badan juga bisa karena akibat dari perubahan mendadak dalam hormon, efek samping obat, stres, dan faktor lainnya. Bukan berarti orang yang jorok menjadi bau badan. Jadi kalau ada teman kamu yang bau badan meski dia rajin mandi, itu bisa saja terjadi.

3. Jenis makanan tertentu nggak bikin bau badan.

mitos bau badan © 2016 brilio.net

foto: santacruzdentist.com

Karena asupan makanan melalui mulut, orang beranggapan bahwa konsumsi makanan hanya akan menjadi salah satu faktor yang memengaruhi bau badan atau aroma tubuh. Akibatnya, ketika orang makan makanan yang berbau tajam seperti bawang putih, bawang merah, dan kopi, mereka menganggap bahwa obat kumur atau sikat akan cukup untuk membersihkan mulut dan mengusir bau badan.

Sayangnya, apa yang kamu makan juga mempengaruhi kulitmu. Bau menembus kulit, dan ketika aroma dari bahan makanan tersebut masuk ke sistem metabolisme tubuhmu, maka terjadilah yang namanya bau badan.

4. Bau badan terjadi hanya karena aktivitas fisik berlebih.

mitos bau badan © 2016 brilio.net

foto: gamammoth.com

Stres, kecemasan, dan depresi dapat berkontribusi untuk keringat berlebih dan bau badan. Sangat mudah untuk fokus pada kondisi fisik yang dapat menyebabkan bau badan dan mengabaikan faktor lainnya. Namun, faktanya, aktivitas fisik bukan satu-satunya penyebab bau badan.

5. Terlalu menjaga kebersihan badan bikin nggak bau badan.

mitos bau badan © 2016 brilio.net

foto: basset.net

Banyak orang berpendapat kalau mandi atau sering membersihkan badan akan membuat bau badan hilang. Padahal hal itu justru memperburuk keadaan. Terlalu sering membersihkan badan justru akan mengeringkan kulit dan menyebabkan tubuh untuk melawan dengan memproduksi lebih banyak keringat.

Nah, untuk mengatasi bau badan, kamu bisa banget pakai #GantengKit GATSBY yang menyajikan rangkaian men’s grooming dengan produk-produk lengkap khusus buat cowok biar kamu makin percaya diri. Salah satunya adalah dengan pakai GATSBY Urban Cologne.

Ada tujuh varian aroma yang bisa kamu pilih sesuai kepribadian kamu. Dijamin memberikan keharuman pribadi yang tahan lama di segala aktivitas kamu. Selengkapnya, bisa cek di sini nih Sob! 

 

(brl/swh)