Brilio.net - Para astronom dikabarkan baru saja menemukan lagi 10 planet ramah kehidupan yang diklaim persis bumi, dari segi ukuran dan suhu udaranya.

Sehingga sampai saat ini total sudah ada 19 planet di luar sistem tata surya, dan disebut kemungkinan untuk menjadi tempat adanya kehidupan seperti di Planet Bumi.

Para ilmuwan menemukan calon-calon planet yang bisa ditempati kehidupan itu pada penerawangan terakhir dari observasi Teleskop Ruang Angkasa Kepler milik NASA terhadap 200.000 sampel bintang dalam konstelasi Cygnus. Namun sampai kini NASA belum merinci kembali 10 planet baru itu.

Ratusan ribu kandidat planet itu termasuk 10 planet berbatu baru yang jarak dari bintangnya telah memungkinkannya mengandung air. Jika air itu ada, para ilmuwan yakin air likuid adalah kunci untuk kehidupan.

"Pertanyaan penting kita adalah apakah kita sendirian. Mungkin saja Kepler hari ini memberi tahu kita secara tidak langsung bahwa kita tidak sendirian," kata ilmuwan program Kepler Mario Perez dalam konferensi persnya, seperti dilansir brilio.net dari Antara, Minggu (2/7).

Loading...

NASA meluncurkan teleskop Kepler pada 2009 untuk mempelajari planet-planet mirip bumi. Selama empat tahun menjalani misi, Kepler sudah menemukan 2.335 planet dan 1.699 calon planet, sehingga total 4.034 planet. Jumlah itu sudah termasuk 50 planet yang ukuran dan suhunya sama dengan bumi. Para ilmuwan juga menyatakan keberadaan sekitar 3.500 planet di luar sistem tata surya.

Data Kepler juga menyediakan cara baru dalam menaksir apakah sebuah planet punya permukaan padat seperti bumi, atau hampir seluruhnya gas seperti Neptunus. Pembedaan ini akan membantu ilmuwan di bumi untuk menemukan planet-planet seperti bumi atau mendapatkan petunjuk adanya kehidupan di luar bumi.