Bukan pakai cuka apel dan lemon, ini cara hempaskan ketombe berkerak pakai 1 jenis daun penyedap

Bukan pakai cuka apel dan lemon, ini cara hempaskan ketombe berkerak pakai 1 jenis daun penyedap

Brilio.net - Ketombe merupakan masalah kulit kepala yang sering mengganggu penampilan imbasnya kepercayaan diri pun turun. Rasa gatal yang ditimbulkannya juga membuat kulit kepala makin tidak nyaman, bahkan ketombe membuat kulit kepala bersisik atau menjadi penyebab ketombe berkerak.

Ketombe disebabkan oleh siklus regenerasi sel kulit kepala yang terjadi terlalu cepat. Pada kulit kepala yang sehat, siklus regenerasi sel kulit kepala terjadi selama 14-28 hari, yang merupakan tahap optimal. Sel kulit kepala yang baru mendorong sel kulit mati ke permukaan kulit sehingga sel kulit mati terlepas secara alami.

Pada kulit kepala yang tidak sehat (kulit kepala berketombe), siklus regenerasi sel kulit kepala terjadi selama 7-14 hari. Lebih cepat 2 kali dari tahap optimal sehingga menimbulkan kondisi jamur malassezia meningkat, oksidasi sebum dan inflamasi meningkat, skin barrier melemah, produksi kulit kepala terlalu cepat dan menumpuk. Inilah yang menimbulkan munculnya ketombe.

Ketombe berkerak yang disebabkan infeksi jamur seboroik ini cukup membandel untuk diatasi. Tak mengherankan, banyak orang menjajal berbagai cara menghilangkan ketombe berkerak di kepala dengan menggunakan sampo anti-dandruff maupun metode alami lainnya. Bukan pakai cuka apel dan lemon, karena ada bahan alami lain yang juga ampuh untuk mengatasi ketombe berkerak.

Seperti unggahan dari akun TikTok @afsennah pada 25 Juli 2021. Video tersebut berisi tentang cara hempaskan ketombe berkerak pakai 1 jenis daun penyedap. Daun penyedap yang dimaksud adalah daun salam. Selain daun salam, pemilik akun juga menambahkan bahan lain yaitu minyak kelapa.

"Used this remedy more than 6 months ago and my dandruff was gone (Menggunakan obat ini lebih dari 6 bulan yang lalu dan ketombe saya hilang)," katanya dalam keterangan video unggahan, yang briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @afsennah, Minggu (3/9).

Hempaskan ketombe berkerak pakai 1 daun penyedap Berbagai sumber

foto: freepik.com

(brl/lea)

tags

Advertising
Advertising
STORIES