Brilio.net - Tak sedikit calon konsumen smartphone yang menggunakan ukuran megapiksel kamera sebagai patokan utama untuk kualitas foto yang bagus. Apakah kamu salah satunya?

Megapiksel sendiri pada dasarnya merupakan gabungan dari dua kata: 'mega' dan 'piksel'. Mega berarti satuan juta, sedangkan piksel adalah titik terkecil dalam elemen gambar.

Sebagai contoh, salah satu flagship andalan Samsung, yakni Galaxy S8 SAMSUNG Galaxy S8 - Midnight Black memiliki kamera belakang 12 megapiksel. Artinya, kamera tersebut memiliki 12 juta piksel yang kemudian saling menyusun membentuk sebuah gambar.

ukuran megapiksel di ponsel bukan jaminan foto apik © 2017 berbagai sumber

foto: infoescola.com

Memiliki smartphone dengan jumlah piksel kamera yang tinggi tentu merupakan keuntungan. Semakin banyak jumlah pikselnya, maka resolusi gambar yang dihasilkan akan semakin besar, hal ini berarti gambar akan terlihat semakin halus.

Namun apakah jumlah piksel merupakan jaminan kualitas foto yang apik? Jawabannya adalah, tidak.

Dilansir dari laman Time, Rabu (29/11), mantan perancang software kamera Apple, Nikhil Bhogal mengatakan kualitas piksel lebih utama daripada jumlah piksel dalam sensor kamera.

Bhogal menganalogikan cara piksel bekerja seperti sebuah ember yang menampung air hujan. Piksel sebagai ember, dan cahaya sebagai air hujan.

"Semakin besar ember, maka akan semakin banyak air hujan yang dapat ditampung. Hal ini tentu lebih efisien ketimbang harus meletakkan beberapa ember kecil di tempat yang sempit," kata Bhogal.

Selanjutnya, Bhogal juga mengatakan kualitas piksel yang baik juga mengurangi noise yang muncul pada foto.

"Kualitas piksel yang tinggi akan menghasilkan definisi warna yang lebih baik, kontras yang lebih baik, dan gambar yang lebih tajam," ujarnya.

Selain kualitas piksel, ada faktor lainnya yang menentukan kualitas kamera di smartphone, seperti tipe lensa, kualitas sensor, dan juga ukuran diafragma.

Diafragma sendiri merupakan bagian yang mengatur seberapa banyak cahaya yang masuk ke dalam sensor kamera smartphone. Semakin kecil bilangannya, maka cahaya yang masuk akan semakin besar, begitu pun sebaliknya.

Sebagai contoh, Oppo F5 OPPO F5 Gold memiliki kamera utama dengan diafragma sebesar f/1.8. Angka ini tentu akan membuat cahaya yang ditangkap semakin besar ketimbang Oppo seri A71 OPPO A71 Black yang hanya memiliki kamera utama dengan diafragma sebesar f/2.2.

Jadi kesimpulannya, ukuran atau jumlah megapiksel yang besar merupakan keuntungan tersendiri bagi sebuah smartphone. Namun ada banyak faktor yang harus dipertimbangkan jika ingin mendapatkan kualitas foto yang lebih maksimal.