Brilio.net - Beberapa tahun terakhir istilah content creator semakin familiar di telinga banyak orang. Sesuai namanya, menciptakan beragam konten yang dibagikan secara online jadi tugas utama content creator. 

Bukan hanya semakin familiar, sebagian anak muda bahkan menjadikan content creator sebagai pekerjaan impian. Hal ini tidak terlepas dari keberhasilan yang dicapai beberapa content creator di media sosial. 

Ada banyak platform untuk menjadi content creator. Satu di antara yang paling populer adalah Instagram. Namun dengan banyaknya pengguna Instagram, bukan hal mudah untuk jadi content creator sukses. Terutama bagi para pemula.

Jangan cuma asal bikin konten, kamu perlu strategi agar kontenmu bisa menarik followers. Strategi yang jadi rahasia para content creator sukses ini bisa bantu dapatkan 10.000 followers pertamamu. Berikut lima rahasianya yang dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (24/3).

1. Berikan konten autentik.

10 ribu followers pertama di Instagram  © 2022 berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Instagram merupakan platform yang dulunya berbasis foto. Wajar jika banyak penggunanya yang berlomba-lomba memamerkan foto terbaik. Namun ternyata, hal ini semakin tidak relevan dengan pengguna Instagram saat ini.

Sebaliknya, konten kehidupan sehari-hari yang apa adanya dan autentik kini jauh lebih diminati. Untuk itu, usahakan membuat konten yang autentik dan jadi diri sendiri. Kamu juga bisa menonjolkan kepribadianmu untuk membedakan dari content creator yang lain.

2. Jangan tergoda gimmick beli followers.

10 ribu followers pertama di Instagram  © 2022 berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Bukan rahasia lagi jika saat ini kamu bisa dengan mudah membeli ribuan followers. Cara instan ini memang terlihat menjanjikan. Namun, ada perbedaan besar antara followers asli dengan followers yang dibeli. 

Biasanya, followers palsu ini tidak akan peduli dengan konten yang kamu buat. Para followers yang dibeli juga jarang menghasilkan engagement tinggi. Kebanyakan dari mereka bahkan hanya berupa akun palsu yang tidak aktif. 

Sementara followers asli biasanya benar-benar menyukai konten ciptaanmu. Tak jarang mereka juga akan mengenalmu layaknya seorang teman. Meski tidak cepat, mendapat followers asli akan lebih baik untuk engagement Instagram.

3. Prioritaskan kualitas daripada kuantitas.

10 ribu followers pertama di Instagram  © 2022 berbagai sumber

foto: Instagram/@oppoindonesia

Segala sesuatu yang berkualitas memang cenderung lebih diminati. Begitu juga dengan konten Instagram. Konten autentik dengan kualitas tinggi biasanya akan lebih menarik perhatian. 

Terlebih, saat ini algoritma Instagram juga lebih mendahulukan konten dengan engagement tinggi. Untuk itu, sebaiknya kamu memprioritaskan kualitas dibanding kuantitas. 

Nggak harus pakai kamera DSLR, dengan kamera Oppo Reno7 Z 5G kamu sudah bisa membuat konten Instagram berkualitas. Oppo Reno7 Z 5G dibekali kemampuan foto portrait yang bisa memberi hasil maksimal. 

Kemampuannya untuk bikin latar belakang menjadi blur atau bokeh bahkan digadang-gadang mampu menyaingi hasil foto pada kamera DSLR. Hal ini berkat AI komputasi fotografi yang bisa mensimulasikan 25 ukuran bukaan algoritma diafragma yang disesuaikan mulai dari F/0.95 hingga f/16.

10 ribu followers pertama di Instagram  © 2022 berbagai sumber

foto: Oppo Indonesia

Smartphone yang mengusung Ultra-Slim Retro Design ini dibekali kamera belakang 64 MP, bokeh 2 MP, dan makro 2 MP. Dari ketiga kamera tersebut, kamera utama dan kamera bokeh memiliki ukuran lensa yang lebih besar. Selain itu ada juga kamera selfie beresolusi 16 MP.

Menariknya, Oppo juga menyematkan teknologi Dual Orbit Lights yang memberi efek menyala pada lensa kamera belakang. Teknologi ini merupakan salah satu fitur yang menambah nilai estetika pada desain Oppo Reno7 Z 5G.

10 ribu followers pertama di Instagram  © 2022 berbagai sumber

foto: Oppo Indonesia

Bukan hanya pada kamera, keunggulan lain bisa dilihat dari prosesor baru berupa Snapdragon 695 5G. Hal ini tidak hanya membuat performa Oppo Reno 7 Z 5G lebih kencang, tapi juga mendukung jaringan 5G yang stabil dan meningkatkan kecepatan internet.

Kecanggihan prosesor di dalamnya didukung RAM 8GB dengan opsi ekspansi hingga 5GB dan penyimpanan internal 128GB. Khusus untuk penyimpanan internal, kamu bisa memperluasnya dengan microSD hingga 1TB.

Perangkat ini juga dibekali baterai 4.500 mAh dan teknologi pengisian daya super cepat 33W SUPERVOOCTM. Dengan begitu, Oppo Reno 7 Z 5G dapat diisi penuh hanya dalam waktu 63 menit.

10 ribu followers pertama di Instagram  © 2022 berbagai sumber

foto: Oppo Indonesia

Hadir dari dua opsi warna, Hitam Kosmik dan Spektrum Pelangi, smartphone stylish ini sudah bisa didapatkan lewat aplikasi Oppo Store dan Oppo Official Store di e-commerce. 

Untuk informasi lebih lengkap mengenai Oppo Reno 7 Z 5G bisa kamu dapatkan di sini.

4. Kolaborasi jadi kunci.

10 ribu followers pertama di Instagram  © 2022 berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Berkolaborasi dan belajar dari content creator lain merupakan salah satu kunci penting dalam menaikkan followers. Dengan berkolaborasi, konten yang kamu buat bisa jadi lebih kreatif.

Cara ini juga secara tidak langsung memperlihatkan kamu sebagai content creator yang aktif di kalangan komunitas. Selain itu, kamu bisa melihat perspektif lain dan mendapat inspirasi baru untuk membuat konten.

5. Komitmen tinggi.

10 ribu followers pertama di Instagram  © 2022 berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Meningkatkan followers di Instagram memang bukan hal mudah. Dibutuhkan waktu, tenaga, dan ide inovatif. Untuk itu, kamu harus benar-benar berkomitmen agar usaha yang diberikan maksimal. 

Komitmen tinggi ini bisa dimulai dengan konsisten mengunggah konten sesuai tema yang kamu tentukan di awal. Tapi, hal ini bukan berarti kamu hanya mengunggah konten yang sama. Kamu harus tetap mengikuti tren dan perkembangan zaman agar tetap relevan.

(brl/lak)

(brl/lak)