Brilio.net - Aplikasi Snapchat ternyata menjadi sumber inspirasi bagi para pesaingnya. Baru-baru ini fitur berbagi video sementara tengah menjangkiti sejumlah platform mobile raksasa. Dipopulerkan Snapchat, fitur tersebut disalin oleh beberapa aplikasi lainnya. Sebut saja Instagram, aplikasi berbagi foto tersebut dituding menjadi aplikasi pertama yang menjiplak fitur Snapchat dengan menghadirkan Instagram Stories.

Bahkan pada Agustus 2016 lalu, CEO Instagram Kevin Systrom mengakui perusahaannya memang menjiplak konsep milik Snapchat dalam fitur Stories tersebut, seperti yang dilansir brilio.net dari TechCrunch, Rabu (15/3).

Instagram Stories itu dibuat persis dengan Snapchat Stories. Fitur baru itu dibuat untuk membagikan kejadian sehari-hari seperti yang biasa dilakukan lewat Snapchat dengan jangka waktu 24 jam.

Nah, selain Instagram ternyata ada beberapa aplikasi yang juga dituding menjiplak Snapchat.

Pengen tahu apa saja aplikasi tersebut? berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Rabu (15/3) deretan aplikasi yang dituding jiplak fitur Snapchat.

Loading...

1. WhatsApp.

aplikasi jiplak snapchat © 2017 brilio.net

WhatsApp yang lebih dikenal sebagai aplikasi pesan instan, pada Februari lalu meluncurkan fitur baru bernama Status. Fitur baru itu pun disebut sangat mirip dengan layanan utama Snapchat. Pasalnya fitur baru itu menawarkan dapat berbagi foto, video, dan GIF yang akan hilang setelah 24 jam, persis seperti fitur milik Snapchat. Bedanya, jika Snapchat memiliki filter, WhatsApp tidak.

2. Facebook Messenger.

aplikasi jiplak snapchat © 2017 brilio.net

Setelah Stories di Instagram serta Status di WhatsApp, Facebook resmi menghadirkan fitur berbagi video sementara ke aplikasi chat Messenger. Fitur yang sama persis dengan update status baru di Snapchat itu kini hadir juga di Facebook Messenger dengan nama 'Day'.

Seperti namanya, Day memungkinkan pengguna Messenger mengunggah foto dan video ke sebuah timeline khusus yang akan menghapus konten secata otomatis setelah 24 jam, ala fitur Stories di Snapchat.

Foto dan video itu juga bisa diimbuhi aneka tulisan, mask, dan stickers yang belakangan tersedia melalui upgrade fitur kamera di Messenger.