Brilio.net - Di era sekarang sudah nggak heran ya kalau semuanya mengarah pada sistem robotik, termasuk di dunia kedokteran. Nah buat kamu para cewek, ada kabar gembira nih. Sekarang sudah ada robot yang bisa melakukan pemeriksaan hingga tindakan operasi lho, khususnya untuk hal-hal yang berkaitan dengan ginekologi.

Selama ini, untuk urusan prosedur klinik yang berkaitan dengan kondisi organ genital wanita selalu dilakukan seorang dokter. Tapi sekarang, robot pun bisa melakukannya. Seperti dilansir brilio.net dari Cosmopolitan, Selasa (8/11), robot yang diberi nama Da Vinci Surgical bisa bekerja layaknya seorang dokter.

Robot Da Vinci © 2016 brilio.net

Robot ini bisa melakukan beberapa prosedur non-invasif seperti operasi pengangkatan tumor pada rahim, termasuk mengatasi kelainan panggul. Canggihnya lagi, robot ini bisa melakukan tindakan yang nggak bisa dilakukan dokter, yakni membuat sayatan dengan goresan sangat tipis. Nah dengan cara ini, bekas sayatan pasca operasi bakal lebih cepat sembuh, serta dapat mengurangi risiko pendarahan.

"Bedah robotik memiliki banyak manfaat penting, termasuk waktu pemulihan di mana biasanya wanita bisa sembuh dalam waktu satu pekan, kini pasien bisa pulang hanya dalam sehari," kata Direktur Layanan Ob-Gyn di Rumah Sakit Elmhurst, Dr Barry Brown.

Loading...

Robot Da Vinci © 2016 brilio.net

Demi menjamin keselamatan pasien, Da Vinci Robot yang dilengkapi beberapa partisi dengan fungsi khusus dan sudah mendapat izin dan Food and Drug Administration (FDA) sejak tahun 2000. Robot ini dapat dioperasikan seorang ahli ginekologi yang mengontrolnya dari ruang khusus. 

Kini, robot canggih Da Vinci resmi menjadi bagian di rumah sakit Queens, New York. Kemudian akan segera beroperasi di Rumah Sakit Elmhurst. Kamu berani dioperasi robot?