Brilio.net - Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-75 dipastikan tidak seperti tahun-tahun sebelumnya. Masih merebaknya pandemi Covid-19 mengharuskan masyarakat mengedepankan protokol kesehatan dan menghindari kerumunan. Pesta rakyat yang menjadi atraksi tahunan hampir di semua daerah di Indonesia setiap 17 Agustus, sangat mungkin tidak bakal semeriah tahun-tahun sebelumnya.

Tahun ini, upacara pengibaran dan penurunan bendera di pelataran Istana Merdeka pun dikabarkan digelar secara terbatas dengan mengutamakan keselamatan dan keamanan masyarakat dari pandemi Covid-19. Namun hal itu tak harus memupuskan semangat kita untuk tetap khidmat memeringati hari kemerdekaan dengan semangat Bhineka Tunggal Ika, kendati harus dilakukan secara virtual.

Nah biar perayaan 17 Agustus-an tetap seru meski dilakukan secara virtual, 7 cara ini mungkin bisa menginspirasi kamu merayakannya di rumah.   

1. Rencanakan harimu dengan bantuan Asisten Google

Google Kemerdekaan © 2020 brilio.net@yans_brilio 

Loading...

Awali dengan menanyakan inspirasi kegiatan 17-an seru ke Asisten Google. Cukup ucapkan “Ok Google, 17-an saat ini enaknya ngapain ya?”. Nanti Google bakal menampilkan aplikasi dan platform apa saja yang bisa kamu manfaatkan di tengah perayaan hari kemerdekaan.

2. Siapa sih ilustrator Google Doodle tujuh belasan kali ini

Google Kemerdekaan © 2020 brilio.netGoogle Doodle Hari Kemerdekaan RI Ke-74 (Google.com)

Kenali ilustrator di balik Google Doodle dan cerita inspirasinya dengan klik Google Doodle yang muncul di halaman utama. Seperti tahun lalu, saat peringatan hari kemerdekaan Indonesia ke-74, Google menampilkan doodle karya seniman Hari Prast yang melukiskan kemeriahan perayaan 17-an, tradisi yang dijunjung tinggi. Dalam doodle itu juga digambarkan masyarakat yang bergotong royong membuat gapura.

3. Minta Asisten Google untuk ingetin sikap sempurna dan berdiri tegak di pukul 10.17 pagi

Sampaikan penghormatan dan siap serentak untuk sikap sempurna, berdiri tegak pada saat penaikan bendera merah putih. Pasang alarm dengan ucapkan “Ok Google, pasang alarm jam 10.17 pagi.”

Kamu juga bisa minta Asisten Google nyanyikan lagu Indonesia Raya loh. Penasaran? Coba ucapkan “Ok Google, nyanyikan lagu Indonesia Raya” atau “coba nyanyi lagu Indonesia Raya”

4. Tonton livestream upacara bendera dari Istana Merdeka di YouTube

Google Kemerdekaan © 2020 brilio.net

Google.com

Upacara penaikan dan penurunan bendera akan di siarkan langsung dari Istana Merdeka di kanal ‘Sekretariat Presiden’. Jangan lupa nyalakan pengingat biar gak ketinggalan siarannya yah.

5. Ikuti upacara bendera bersama teman dan keluarga lewat Duo

Google Kemerdekaan © 2020 brilio.net@yans_brilio 

Gak hanya beragam filter seru, acara tujuhbelasan jadi lebih meriah dengan video call lancar hingga 12 orang di Google Duo yang juga dilengkapi setelan mode hemat kuota. Nah kamu bisa deh ikut upacara bendera ala kamu. Yang khidmat yah.

6. Temukan fakta menarik seputar Kemerdekaan Republik Indonesia di Asisten Google

Google Kemerdekaan © 2020 brilio.net@yans_brilio 

Dapatkan informasi menarik dari pantun kemerdekaan hingga bacakan teks proklamasi. Cukup tanyakan “minta pantun kemerdekaan”, “fakta unik Kemerdekaan RI” atau “coba bacakan teks proklamasi” ke Asisten Google.

7. Isi harimu dengan beragam film seputar kemerdekaan Indonesia

Google Kemerdekaan © 2020 brilio.net

Google.com

Cari kata kunci ‘film kemerdekaan Indonesia’ dan lihat rekomendasinya film juga platform streaming-nya di Google Search. Kamu tinggal pilih deh mau nonton film-film keren bernuansa kemerdekaan yang bisa menambah wawasan keindonesiaan kamu.  

Dirgahayu Republik Indonesia. 75 Tahun Indonesia Maju!