Brilio.net - Bagi kamu yang sering memakai Opera di komputer dan sedang mengalami kebingungan memilih versi Opera yang pas untuk ponsel pintar, kamu membaca artikel yang tepat. Karena, kali ini brilio.net akan menjelaskan perbedaan inti antara Opera Mobile dan Opera Mini.

Aplikasi browser Opera telah tersedia di smartphone semenjak 2012 di Play Store. Dua tahun kemudian, Opera memamerkan Opera versi mungilnya atau Lite bernama Opera Mini. Versi ini dikhususkan untuk penggunaan browser minim di versi smartphone yang tidak mempunyai spesifikasi canggih.

Opera Mini telah memiliki pengguna aktif sebanyak lebih dari 500 juta pengunduh dan sekarang didesain secara eksklusif untuk pengguna Android. Sebelumnya, browser versi lite dari Opera ini juga bisa digunakan di iOS, Windows 10 Mobile, hingga Blackberry. Hingga pada akhirnya pada tahun 2018, Opera Mini memutuskan merupakan aplikasi khusus untuk pengguna Android saja.

Berbeda dengan Opera Mini, versi mobile dari Opera memiliki jumlah pengunduh lebih sedikit, yaitu lebih dari 100 juta pengguna. Meski begitu, pengguna dari Opera Mobile tak hanya dari Android saja, melainkan dari iOS juga. Terlebih, fitur yang diusung juga lebih luas daripada Mini, salah satunya fitur keamanan berinternet yang semakin terjaga.

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

Namun sebenarnya apa sih perbedaan-perbedaan inti dari kedua browser besutan Opera untuk smartphone tersebut? Langsung saja dihimpun brilio.net dari berbagai sumber pada Rabu (22/12), inilah perbedaan Opera Mobile dan Opera Mini yang meliputi segi performa, tampilan antarmuka, hingga keamanan.

1. Performa.

Perbedaan Opera Mobile dan Opera Mini © 2021 brilio.net

foto: Play Store

Opera Mobile:

- Mengonsumsi space hard drive lebih banyak.

- Ada opsi untuk menghemat data namun tak diatur secara default.

Opera Mini:

- Performa lebih kencang dengan menghemat data, laman web terakses lebih cepat daripada browser web lainnya.

Dalam sistem kerjanya, Opera Mini bekerja mengirimkan permintaan ke Opera Servers untuk mengunduh suatu situs, mengompresnya, lalu mengirimkan kembali ke browser Mini. Karena situsnya mengalami kompres sebelum terkirim, proses ini yang membuat Opera Mini bekerja lebih cepat dari web browser lain.

Sembari mengompres, Opera Servers juga mengoptimalkan laman-laman situs yang dibuka pengguna secara display ke layar HP. Hal ini berarti beberapa laman tersebut akan terlihat lebih bagus di Opera Mini daripada Opera Mobile.

2. Tampilan antarmuka.

Perbedaan Opera Mobile dan Opera Mini © 2021 brilio.net

foto: Play Store

Opera Mobile:

- Tampilan antarmuka sedikit rumit namun fungsionalitas lebih terperinci dan user-friendly.

Opera Mini:

- Tampilan antarmuka sedikit berantakan.

Dari sisi tampilan antarmuka, Opera Mobile bisa dikatakan lebih unggul. Hal ini bisa dilihat dari sistem navigasi Opera Mobile yang lebih mudah diakses. Terlebih dengan fitur standar yang berada di Opera versi laptop juga banyak diusung di Opera Mobile, berbeda di Opera Mini yang kehilangan banyak fitur canggih Opera.

Salah satu fitur canggih yang terdapat di Opera Mobile adalah fitur untuk memperbesar (zoom in) halaman hingga 200% atau memperkecil (zoom out) halaman hingga 25%.

Di saat Opera Mobile punya fitur zoom yang user-friendly, Opera Mini hanya punya tampilan antarmuka yang lebih sederhana. Opera Mini hanya mengusung dua fase zoom yaitu halaman reguler dan memperbesar halaman (zoom in). Meski begitu, kamu bisa mengetuk untuk beralih untuk memperbesar halaman, di mana bisa membuat pemakaian lebih mudah.

3. Keamanan (security).

Perbedaan Opera Mobile dan Opera Mini © 2021 brilio.net

foto: Play Store

Opera Mobile:

- Pilihan lebih baik untuk menelusuri situs dan data yang aman.

Opera Mini:

- Teknologi encryption membuat Opera Mini kurang cocok membuka situs dan data yang aman.

Selanjutnya, Opera versi mobile men-support penelusuran situs dan data makin aman. Sedangkan Opera Mini bukanlah web browser yang tepat untuk berselancar secara aman di internet. Memori yang besar pada Opera Mini akan mendukung halaman terenkripsi.

Namun karena semua situs terkirim dan diproses di Opera Servers, laman-laman tersebut akan didekripsi dan kemudian terenkripsi ulang. Dengan kata lain, Opera Mini akan memuat laman terenkripsi, tapi laman tersebut akan didekripsi.

Manakah yang cocok untuk diunduh?

Opera Mobile atau Opera Mini? Pilihlah sesuai kebutuhan. Bila kamu ingin menelusuri situs-situs dengan aman atau kamu ingin kemampuan membuka banyak tab seperti kamu menggunakan browser PC, Opera Mobile merupakan pilihan yang tepat untuk kamu.

Sebaliknya, bila kamu memerlukan akses untuk menelusuri web yang cepat dan memakan sedikit data, Opera Mini adalah pilihan terbaik saat ini. Namun sekali lagi perlu diingat bahwasanya untuk kegiatan berselancar situs-situs di Opera versi mungil tidak seaman versi mobile. Oleh karena itu, pastikan untuk selalu membuka situs-situs yang resmi bisa diakses di Indonesia saja, ya.

(brl/tin)

(brl/tin)