Brilio.net - Siapa yang tidak mengenal browser Chrome? Aplikasi web browser besutan perusahaan besar Google ini sangat andal digunakan untuk berselancar di dunia internet dengan beragam fitur yang canggih. Karena itu, Google Chrome menjadi salah satu browser internet paling populer di dunia.

Namun tahukah Sobat Brilio bahwa selain banyak fitur canggih yang diusung, Chrome juga memiliki fitur tersembunyi yang tak kalah banyak, lho. Terlebih, fitur-fitur terselubung ini bakalan sangat berguna untuk memudahkan penggunaan Chrome sehari-hari agar lebih efisien.

Penasaran apa saja fitur-fitur tersebut? Langsung saja dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Kamis (2/12), inilah fitur-fitur tersembunyi Google Chrome yang jarang diketahui.

1. Lempar layar dengan Cast Your Screen.

7 fitur tersembunyi Google Chrome © 2021 brilio.net

foto: brilio.net

Apakah Sobat Brilio udah tahu dengan Chromecast, kamu bisa melemparkan atau cast konten layanan streaming seperti Netflix dan Hulu dari HP ke TV kamu? Selain itu, kamu juga bisa share screen dari PC ke smart TV dengan fitur Chromecast ini. Cara aksesnya, cari pengaturan dan pilih Cast pada Google Chrome. Nantinya, akan ada pilihan kamu ingin cast tab, desktop, ataupun file tertentu.

2. Kontrol musik yang terintegrasi.

7 fitur tersembunyi Google Chrome © 2021 brilio.net

foto: How2Do

Fitur terselubung satu ini berguna ketika kamu membaca sebuah artikel sambil mendengarkan musik. Chrome menyediakan fitur built-in kontroler musik yang bisa diakses dari ikon note musik dari bar menu.

3. Telusuri tab yang kamu butuhkan.

7 fitur tersembunyi Google Chrome © 2021 brilio.net

foto: pcmag

Chrome juga bisa memudahkanmu dalam menelusuri tab yang telah dibuka. Dengan fitur ini, kamu tidak perlu menghabiskan banyak slot tab pada Google Chrome sehingga kamu bisa menelusuri web penting lain yang dibutuhkan. Aksesnya pun cukup mudah, cukup ketik di kolom pencarian Chrome, bila ada situs yang sudah kamu buka, akan ada tulisan "Switch to this tab" di bawah link tersebut.

4. Bisa buka tab yang nggak sengaja kamu tutup.

7 fitur tersembunyi Google Chrome © 2021 brilio.net

foto: thefastcode.com

Pernahkah Sobri tidak sengaja menutup tab dan panik karena lupa nama situs tersebut? Tenang dulu, karena ada fitur dari Chrome yang bisa membantumu kembali mengunjungi website tadi. Untuk kembali ke situs yang tertutup, cukup tekan Control/Command + Shift +T. Cara manual dapat dilakukan dengan mengklik kanan tab kosong pada Chrome dan pilih "Buka kembali tab yang tertutup."

5. Tambahkan artikel ke daftar baca.

Fitur yang satu ini sangat cocok bila kamu nggak sempat membaca artikel dan ingin menyimpan artikel tersebut ke daftar baca. Cara aksesnya, klik ikon bookmark dan pilih "Add to reading list." Setelah itu klik tombol Reading List dalam bar bookmark untuk mengakses semua artikel yang kamu simpan. Selebihnya, untuk artikel yang telah terbaca maupun belum terbaca akan ditandai secara terpisah.

6. Chrome bisa membuat dan mengelola password.

7 fitur tersembunyi Google Chrome © 2021 brilio.net

foto: pcmag

Membuat password yang unik untuk tiap akun di website dan mengingatnya membutuhkan otak sekelas komputer. Untuk itu, Chrome bisa membantu mengelola password secara random ketika kamu membuat akun baru dan menyimpannya untuk kemudian hari.

7. Chrome Task Manager.

7 fitur tersembunyi Google Chrome © 2021 brilio.net

foto: HowToGeek

Sama seperti PC, browser memiliki task manager versinya sendiri untuk memonitori beragam proses yang berjalan. Untuk mengakses ini, klik tiga titik vertikal > More Tools > Task Manager. Selesai, kamu bisa melihat apa saja yang sedang berjalan pada Google Chrome kamu.

(brl/tin)

(brl/tin)