Brilio.net - Sejak awal peluncuran hingga sekarang, iPhone digandrungi oleh banyak orang. Pasalnya Apple selalu berusaha untuk memperbaharuinya produk smartphone ini secara berkala. Hal tersebut dilakukan atas dasar untuk memenuhi kebutuhan dan memberi rasa puas konsumennya. Bahkan di setiap seri iPhone yang telah diluncurkan memiliki keunggulannya tersendiri.

Pada Oktober 2018 lalu, perusahaan asal Amerika Serikat itu meluncurkan lagi versi terbaru iPhone penerus seri X. Bila dibandingkan dengan seri sebelumnya, iPhone terbaru seri XS, XS Max, dan XR memang tidak banyak ada perubahan yang mengejutkan. Meski bentuknya terlihat mirip, namun ada beberapa hal yang harus kamu tahu tentang ketiga seri iPhone terbaru yang dua bulan lalu baru dirilis.

Nah untuk kamu yang hanya ingin tahu atau bahkan akan membeli ponsel, beberapa informasi iPhone XS, XS Max, dan XR ini berguna banget sebagai referensi lho. Langsung saja yuk simak ulasan perbandingan antara ketiga seri itu, supaya nggak kebingungan dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, Jumat (7/12).

1. iPhone XS

iPhone XS, XS Max, XR istimewa

Loading...

foto: Apple.com

- Layar

Dari segi layar, iPhone XS memiliki ukuran mencapai 5,8 inci. Bila dibandingkan dengan seri lainnya, ukuran layarnya memang relatif kecil. Meski begitu, kualitas layar yang dimiliki iPhone XS lebih unggul dibandingkan XR, karena dibuat dengan layar Organic Light-Emitting Diode atau yang dikenal dengan OLED.

- Warna dan Bahan Body

iPhone XS hanya tersedia tiga warna, yaitu space gray, silver, dan gold. Berbeda dengan iPhone XR yang tersedia bermacam-macam warna. Tak hanya itu, body ponsel tersebut juga dibuat dari bahan stainless steel dan dilapisi dengan kaca.

- Kamera

Selain memiliki layar besar, ponsel tersebut dilengkapi dengan kamera depan dan belakang yang beresolusi tinggi. Masing-masing kamera berukuran 7 dan 12 Megapixels (MP). Cocok banget buat kalian yang suka selfie atau mengabadikan momen penting menggunakan smartphone.

- Kapasitas Penyimpanan Internal

Tidak hanya kameranya saja lho yang memiliki resolusi tinggi, iPhone XS juga memiliki kapasitas penyimpanan internal besar dan menyediakan memory 64 GB, 256 GB hingga 512 GB. Jadi kalian bisa memilih di antara ketiga itu.

- RAM dan Jaringan

Random Access Memory (RAM) yang dimiliki iPhone XS ini lebih unggul dibandingkan dengan ponsel lainnya yang mencapai 4 Gigabyte (GB) dan jaringannya sudah 4G, dilengkapi dengan Wifi dan Bluetooth.

- Harga iPhone XS

Harga iPhone XS di pasaran dipengaruhi oleh kapasitas penyimpanan internalnya. iPhone XS 64 GB dijual sekitar Rp 20 jutaan. Sedangkan iPhone XS 256 GB dihargai Rp 23 jutaan, dan iPhone XS 512 GB mencapai Rp 27 jutaan.

2. Iphone XS Max

iPhone XS, XS Max, XR istimewa

foto: Apple.com

- Layar

Layar iPhone XS Max memiliki ukuran lebih besar dibandingkan XS yang mencapai 6,5 inci. Kualitas layarnya tidak beda jauh dari iPhone XS tapi lebih unggul dibandingkan XR. Hal ini karena layarnya dibuat dengan layar Organic Light-Emitting Diode atau yang dikenal dengan OLED dari bahan organik.

- Warna dan Bahan Body

iPhone XS Max hanya tersedia tiga warna, yaitu space gray, silver, dan gold, sama seperti seri XS dan berbeda dengan iPhone XR yang tersedia bermacam-macam warna. Tak hanya itu, body ponsel tersebut juga dibuat dari bahan stainless steel dan dilapisi dengan kaca.

- Kamera

Sama halnya dengan fitur yang ada pada iPhone XS, selain memiliki layar besar, ponsel ini dilengkapi dengan kamera depan dan kamera belakang. Masing-masing kamera berukuran 7 dan 12 Megapixels (MP). Kalian pilih yang mana nih?

- Kapasitas Penyimpanan Internal

Tidak jauh berbeda dengan iPhone XS, XS Max memiliki kapasitas penyimpanan internal besar dan menyediakan pilihan memory dari 64 GB, 256 GB hingga 512 GB. Cukup besar untuk menyimpan semua data, aplikasi, dan foto-foto kalian semua kok.

- RAM dan Jaringan

Kualitasnya sama persis dengan Random Access Memory (RAM) yang dimiliki iPhone XS. Pasalnya kapasitasnya bisa mencapai 4 Gigabyte (GB) dan jaringannya sudah 4G, dilengkapi dengan Wifi dan Bluetooth.

- Harga iPhone XS Max

iPhone XS Max sedikit lebih mahal dibandingkan seri XS, selisihnya bisa mencapai dua jutaan rupiah. Biasanya iPhone XS Max 64 GB dibanderol sekitar dengan Rp 22 jutaan. Sedangkan iPhone XS Max 256 GB dihargai Rp 25 jutaan dan iPhone XS Max 512 GB mencapai Rp 29 jutaan.

3. iPhone XR

iPhone XS, XS Max, XR istimewa

foto: Apple.com

- Layar

Diantara iPhone XS, dan XS Max, iPhone XR memiliki kualitas layar yang sedikit berbeda, karena terbuat dari LCD. Layar tersebut kualitasnya tak jauh berbeda dengan layar-layar yang ada pada ponsel Android lainnya.

- Warna dan Bahan Body

Dibandingkan dengan iPhone XS dan XS Max, iPhone XR memiliki varian warna yang beragam. Seperti hitam, putih, kuning, oranye, dan biru. Tidak seperti iPhone lainnya yang hanya tersedia tiga macam warna. Body ponsel iPhone XR terbuat dari alumunium dan dilapisi kaca.

- Kamera

Tak jauh berbeda dengan fitur yang ada pada ponsel iPhone XS, atau XS Max, iPhone XR dilengkapi dengan kamera depan dan kamera belakang dengan resolusi besar. Masing-masing kamera berukuran 7 dan 12 Megapixels (MP).

- Kapasitas Penyimpanan Internal

iPhone XR ini tidak menyediakan kapasitas penyimpanan yang mencapai 512 GB. Tapi jangan khawatir, karena iPhone XR tetap menyediakan beberapa pilihan memory dari 64 GB, 128 GB, sampai 256 GB.

- RAM dan Jaringan

Berbeda dengan iPhone XS atau XS Max, Random Access Memory (RAM) yang dimiliki iPhone XR tidak mencapai 4 Gigabyte (GB), namun hanya 3 GB. Jaringannya juga 4G dan dilengkapi juga dengan Wifi dan Bluetooth.

- Harga iPhone XR

Bila dibandingkan harga iPhone XS dan XS Max jauh lebih murah, selisihnya mencapai tujuh juta rupiah. iPhone XR dengan kapasitas internal 64 GB dijual sekitar Rp 15 jutaan. Sedangkan iPhone XR 128 GB dihargai Rp 16 jutaan dan iPhone XR 256 GB mencapai Rp 18 jutaan.

Reporter: mgg/vaulika rinjani