Brilio.net - Microsoft mengadakan uji coba menerapkan fitur terbarunya, Citations pada browser miliknya, Microsoft Edge. Fitur ini akan sangat berguna untuk para mahasiswa menghasilkan atau mengelola kutipan ketika mereka hendak mencari tahu informasi untuk keperluan skripsi.

Untuk saat ini, hanya ada beberapa website akademik ataupun jurnal penelitian mendukung fitur seperti ini. Microsoft menjelaskan bahwa fitur Citations akan dikembangkan dan dipercanggih lagi.

Pengguna dapat menambah secara manual agar jika ada website yang tidak mendukung pengelolaan kutipan, mereka bisa dipermudah dengan fitur baru asal Microsoft ini.

Selain itu, pengguna dapat memilih format untuk membuat kutipan, seperti APA, MLA, dan Chicago. Selanjutnya, Microsoft Edge akan mendukung baik dalam bentuk teks maupun penuh kutipan atau full citations.

Pengguna dapat menggunakan fitur Citations pada sektor Collections di Microsoft Edge. Untuk saat ini, hanya pengguna Edge Dev dan Canary versi 95 atau lebih baru yang bisa menikmati fitur baru tersebut. Untuk cara akses Citations, pengguna harus mengikuti langkah-langkah sebagai berikut:

1. Klik ikon Collections.

2. Pilih ellipsis menu.

3. Aktifkan Citations.

4. Pilih format yang kamu inginkan untuk menghasilkan kutipan.

Fitur terbaru Citations dari Microsoft Edge © 2021 brilio.net

foto: Microsoft

Selebihnya, pengguna dapat secara manual mengedit detil jika fitur ini mengekstrak informasi yang salah. Untuk saat ini, fitur Citations masih dalam proses preview. Namun, Microsoft mengabarkan bahwa fitur ini akan diusung di Microsoft Edge secara permanen.

(brl/pep)