Brilio.net - WhatsApp merupakan salah satu platform chatting yang populer di berbagai negara, termasuk Indonesia. Salah satu fitur yang paling banyak digunakan di WhatsApp ialah fitur menyembunyikan 'last seen' atau waktu yang menunjukkan terakhir WhatsApp dibuka. Fitur 'last seen' sering kali disembunyikan agar orang lain tidak mengetahui kapan terakhir kita membuka WhatsApp.

Menyembunyikan 'last seen' terkadang berpengaruh terhadap pola komunikasi seseorang, terlebih urusan pekerjaan. Sebab, menyembunyikan 'last seen' kadang dianggap sebagai sesuatu yang kurang profesional.

Tapi tahukah kamu, ternyata ada cara yang bisa dilakukan untuk melihat 'last seen' WhatsApp orang lain meskipun sudah disembuyikan. Berikut caranya seperti diansir brilio.net dari liputan6.com, Senin (29/7).

1. Install aplikasi WhatsClock.

Cara pertama, yaitu menginstal aplikasi WhatsClock di smartphone kamu. Langkah kedua, tambahkan nomor WhatsApp yang ingin kamu lacak last seen-nya.

Langkah ketiga, klik kontak yang telah kamu tambahkan sebelumnya. Lalu, klik "Get More Time", dan terakhir, kamu akan mendapatkan 3 jam untuk menggunakan aplikasi ini secara gratis.

Kalau lewat dari waktu tersebut, maka kamu akan dikenakan biaya.

2. Keuntungan menggunakan WhatsClock.

Keuntungan menggunakan aplikasi WhatsClock, kamu akan mendapatkan notifikasi sebanyak dua kali.

Pertama, saat teman kamu online dan saat dia meninggalkan obrolan di WhatsApp.

Keuntungan lainnya adalah bisa melihat semua log (catatan) WhatsApp orang tersebut selama menggunakan aplikasi ini.

3. Bisa juga menggunakan aplikasi Wossip.

Cara kedua yakni dengan menggunakan aplikasi Wossip yang bisa didapatkan melalui Google Play Store. Untuk dapat mengaksesnya, kamu harus masuk ke email dan klik "Monitor Contact".

Selanjutnya, pilih kontak yang ingin dilacak dari smartphone. Berbeda dengan WhatsClock yang hanya bisa memberi 3 jam gratis untuk melacak, aplikasi ini memberikan waktu selama 24 jam secara gratis.