Brilio.net - Pemilik PlayStation 5 sekaligus Google Pixel 6 mendapatkan kabar gembira. Sebab, kini DualSense, kontroler wireless PS5, bisa digunakan dengan bantuan Remote Play untuk terhubung dengan ponsel Android 12.

PlayStation mengonfirmasi di akun resmi Twitter-nya @PlayStation pada Selasa (16/11) "Fitur terbaru untuk Android 12, kini pengguna dapat mengakses fitur baru untuk DualShock 4 ketika menggunakan Remote Play, termasuk touchpad, sensor gerak, hingga indikator baterai."

Tentunya, ini merupakan update yang sangat besar bagi pengguna Android. Sayangnya, pengguna non-Pixel yang belum kedapatan pembaruan sistem operasi Android 12 belum dapat menikmati fitur PS5 ini. Butuh waktu lebih untuk mendapatkan update-an ke OS Android 12.

Kontroler DualSense PS5 tiba di Android 12 © 2021 brilio.net

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

foto: Twitter.com/@PlayStation

Pengguna smartphone atau tablet dengan Android 10 atau lebih baru akan masih bisa menggunakan Remote Play dengan DualShock 4. Namun mereka tidak akan bisa menikmati fitur baru di atas, seperti touchpad, sensor gerak, dan indikator baterai.

Meski demikian, pengguna akan tetap bisa memainkan game PS5 dengan kontroler lawas, terlepas dari fakta bahwa DualSense hanya berfungsi untuk bermain di konsol PS5.

Menurut Android Police, pengguna bisa secara teknis mengakses kontroler DualSense di Android 11. Namun, fitur-fitur terbaru tidak akan bekerja dengan baik. Terlebih, Android 11 tidak secara resmi support ke DualSense PS5. Oleh karena itu, penggunaan ini akan menimbulkan beberapa masalah nantinya.

(brl/guf)

(brl/guf)