Brilio.net - Samsung telah merilis software One UI 4 ke seri smartphone Galaxy S21, yakni Galaxy S21, S21 Plus, dan S21 Ultra sejak Senin (15/11). Pembaruan ini bersamaan dengan tahun sistem operasi Android terbaru dirilis, Android 12.

Fitur-fitur terbaru One UI 4 akan terlihat familiar bagi pengguna yang telah meng-update sistem operasi smartphone mereka ke Android 12. Pertama, ada Material You-style di mana pengguna dapat mengubah skema warna sistem operasi berdasarkan wallpaper yang dipilih. Selain itu, ada juga tampilan widgets yang didesain ulang.

Yang ketiga, ada fitur yang diberikan untuk pengaturan privasi. Pembaruan tersebut adalah adanya tampilan baru berupa Privacy Dashboard Dengan ini, pengguna akan mudah melacak aplikasi apa saja yang meminta informasi sensitif pada ponsel. Selanjutnya, ada indikator baru yang berguna untuk menunjukkan kamera dan mikrofon pada ponsel sedang digunakan oleh suatu aplikasi.

Fitur selanjutnya adalah keyboard yang diubah atau tweaked keyboard. Fitur ini menawarkan banyak emoji animasi dan stiker.

Meski begitu, pembaruan One UI 4 masih dilimitasi untuk Samsung Galaxy seri S21. Menurut Jon Porter dalam website The Verge pada Senin (15/11), Samsung mengupayakan perilisan secara berkala "segera" mungkin bersamaan dengan perangkat Samsung yang lain, seperti Galaxy S, Galaxy Note, Galaxy A, dan sekaligus versi tablet.