Brilio.net - Dalam sebuah event di bulan Oktober ini, Samsung mengumumkan Galaxy Unpacked Part 2 dimana acara ini didedikasikan untuk memamerkan banyak hal seputar fitur-fitur terbaru.

Seiring rilisnya Android 12, Samsung juga akan merilis perangkat lunaknya yang dikhususkan untuk ponsel pintar Android, bernama One UI 4. Tentunya dengan kesempatan merilis komponen-komponen terbaru ini, Samsung hadir dengan fitur-fitur baru pula seperti sistem antarmuka yang didesain ulang hingga fitur pengamanan pribadi yang terupdate.

Dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, berikut 5 fitur menarik perangkat lunak dari Samsung, One UI 4 untuk ponsel pintar Samsung Galaxy:

1. Widget dan animasi yang didesain ulang

Fitur keren One UI 4 Samsung Galaxy © 2021 brilio.net

foto: Sam Mobile

Tampilan widget dan animasi sebenarnya telah didesain ulang Android 12. Oleh karena itu, One UI 4 Samsung akan mengadopsi dari Android 12 sehingga akan tampil dengan animasi dinamis.

2. Palette tool yang berwarna

Fitur keren One UI 4 Samsung Galaxy © 2021 brilio.net

foto: Sam Mobile

Pada fitur ini, perombakan desain bakal menghadirkan tingkat personalisasi terbaru ke antarmuka pengguna atau User Interface (UI) Android dengan memberi warna pada wallpaper atau membuat palet dominan yang bisa diaplikasikan pada sistem operasi, dari layar kunci, notifikasi, hingga kontrol volume dan widget. Dalam One UI 4, Samsung menyebut fitur ini dengan nama "Color pallete".

3. Kamera makin canggih

Fitur keren One UI 4 Samsung Galaxy © 2021 brilio.net

foto: Sam Mobile

Sama seperti update Android 12 pada Google Pixel 6, Samsung bakal membuat fitur di kamera makin canggih dengan hadirnya Face Unblur tool, dimana pengguna bisa mengatur tingkat keburaman di kamera. Pada acara Galaxy Unpacked Part 2 juga ditunjukkan ada yang baru pada fitur kamera dimana pengguna dapat memotong dan mengambil bagian tertentu pada gambar pada foto editor.

4. Dasbor privasi terbaru

Fitur keren One UI 4 Samsung Galaxy © 2021 brilio.net

foto: XDA Developers

Dengan rilisnya Android 12, semua ponsel yang berkesempatan dapat OS terbaru ini akan mendapat tampilan Privacy Dashboard terbaru yang memudahkan pengguna melihat data apa yang sedang diakses hingga aplikasi apa saja yang sedang dijalankan. Pengguna Samsung juga akan mendapatkan fitur ini pada One UI 4.

5. Matikan kamera dan mikrofon dengan satu tombol

Fitur keren One UI 4 Samsung Galaxy © 2021 brilio.net

foto: Sammy Fans

Fitur lain yang bakal tercekat di One UI 4 adalah pengguna bisa melihat suatu aplikasi menggunakan kamera atau mikrofon secara langsung di status bar. Selebihnya, pengguna dapat mengetuk indikator untuk mengetahui aplikasi apa yang sedang menggunakan kamera atau mikrofon. Untuk mengeblok akses aplikasi ini, pengguna cukup pergi ke Quick Settings untuk memblokir akses tersebut.

(brl/guf)

(brl/guf)