Brilio.net - Pameran TI Indocomtech 2016 tidak hanya menawarkan smartphone dan laptop, namun juga berbagai peralatan TI terbaru, salah satunya CCTV tanpa kabel.

Mengusung konsep rumah pintar minim kabel, perusahaan pembuat alat keamanan Cleverdog memperkenalkan CCTV minim kabel. Dengan menghubungkan ke sumber listrik, kamera CCTV Cleverdog dapat langsung mengawasi ruangan melalui smartphone.

"Biasanya CCTV harus dibor dan dipasang di sudut, ini hanya butuh satu model power untuk standby, tidak perlu banyak kabel. Penempatannya bisa di mana saja, bisa di taruh di atas TV, di atas kulkas, di sudut-sudut ruangan juga bisa," kata Bayu Firmansyah, marketing Cleverdog yang dikutip brilio.net dari antara, Minggu (5/11).

CCTV tanpa kabel tersebut akan disambungkan ke pengguna melalui aplikasi yang dapat diunduh di App Store, Play Store dan Windows Store sehingga pengguna dapat memantau dari mana saja melalui perangkat mobile mereka.

Untuk terhubung dengan aplikasi pengguna, CCTV tanpa kabel milik Cleverdog tersebut hadir dalam dua varian yaitu menggunakan Wifi, satunya lagi menggunakan Wifi dan simcard.

Perangkat tersebut dibekali SD Card hingga 32GB yang dapat digunakan untuk merekam selama 7 hari.

Tidak hanya itu, CCTV minim kabel tersebut juga dilengkapi dengan teknologi infrared dan teknologi 720HD sehingga dapat menangkap gambar dengan jelas dan dalam kondisi gelap, serta teknologi full duplex yang memungkinkan pengguna untuk melakukan komunikasi dua arah.

"CCTV ini juga bisa komunikasi dua arah, semacam video call. Dari aplikasi bisa lihat yang berkomunikasi dengan kita siapa untuk yang varian premium. Untuk varian biasa hanya dapat berkomunikasi suara," ujar Bayu.

CCTV milik Cleverdog tersebut juga dilengkapi dengan sensor gerakan sehingga dapat mendeteksi setiap gerakan di depan kamera lalu mengirim pemberitahuan ke smartphone pengguna.

Pengguna kemudian dapat mengaktifkan alarm karena perangkat tersebut juga dapat mengeluarkan suara alarm sirine atau suara anjing.

Dengan teknologi share pengguna juga dapat berbagi kamera dengan orang lain. CCTV tanpa kabel dari Cleverdog tersebut dibandrol harga Rp 685 ribu untuk varian Wifi, sedangkan varian Wifi dan Sim Card ditawarkan dengan harga Rp 1,3 ribu.