Brilio.net - Di era digital seperti sekarang, hampir semua departemen di suatu perusahaan membutuhkan piranti lunak (software) untuk membantu pekerjaan mereka, salah satunya bagian HR (Human Resources). Fungsi software dapat membantu mengelola informasi dan data karyawan sehingga meminimalkan waktu dan tenaga. Selain itu informasi dapat diproses dan disimpan dengan baik.

Disamping itu dengan software, bagian HR dapat merancang rencana yang lebih baik untuk berbagai proses kerja, pengelolaan anggaran, dan proses pengambilan keputusan. Ada berbagai jenis software HR yang dapat digunakan untuk berbagai fungsi. Apa saja ya?

1. HRIS (Sistem Informasi Human Resources)

Software HR © 2021 brilio.net talenta.co

HRIS atau Sistem Informasi HRD adalah sistem yang dirancang untuk mengelola HRD, kebijakan dan prosedur perusahaan. Sistem ini digunakan sebagai panduan bagi karyawan untuk memahami informasi perusahaan.

Semua jenis dalam perusahaan membutuhkan HRIS, karena dengan sistem ini, perusahaan akan lebih mudah berbagi informasi yang mendukung kinerja perusahaan. Sistem informasi HRD biasanya mencakup beberapa fungsi seperti database, rekrutmen, pelatihan, laporan HRD, dan manajemen kesejahteraan.

Dengan bantuan HRIS, manajer HRD dapat dengan mudah melacak berbagai informasi tentang karyawan, seperti data pribadi, pekerjaan, informasi gaji, pengeluaran, dan lain sebagainya. Manajer HRD juga dapat membatasi siapa-siapa yang dapat mengakses sebuah sistem, informasi apa yang dapat dilihat karyawan, dan informasi apa yang hanya dapat diakses manajemen.

HRIS software adalah salah satu modul dalam sistem ERP, yang juga dapat diintegrasi dengan beberapa modul lain yang sangat dibutuhkan perusahaan.

2. HRMS (Sistem Manajemen Human Resources)

Software HR © 2021 brilio.net

HRMS atau sistem manajemen HRD adalah sistem yang lebih lengkap daripada HRIS dan HCM. Ini adalah solusi untuk manajemen waktu dan karyawan yang lebih detail dan terukur. HRMS memungkinkan perusahaan mengelola penggajian dan manajemen waktu dan tenaga kerja (TLM). Selain itu, ada HRMS, yang menyediakan fungsi penjadwalan dan alat perencanaan dan evaluasi.

3. HCM (Manajemen Human Resources)

Software HR © 2021 brilio.net

HCM atau manajemen modal manusia adalah sistem yang mencakup elemen sistem informasi HRD dan manajemen talenta perusahaan. Sistem HCM juga memungkinkan pengelolaan karyawan dari kebangsaan yang berbeda, karyawan ini pada dasarnya memiliki bahasa dan nilai moneter yang berbeda.

Pada sebuah sistem HCM juga memberikan solusi untuk seperti perencanaan gaji, penetapan tujuan, penganggaran biaya, dan hal-hal lain yang terkait dengan kinerja pribadi karyawan di perusahaan tersebut.