Brilio.net - Internet adalah tempat yang berbahaya. Membiarkan komputermu tidak dilengkapi antivirus maka siap-siap untuk menangis kejang-kejang karena kehilangan banyak data. Hanya menunggu waktu personal computer (PC) ataupun laptopmu akan terjangkit virus. Meskipun kamu kerapkali tidak tertarik membuka situs-situs yang 'tak jelas' namun tak salah kamu melengkapi pertahanan komputermu dengan antivirus. Lagipula kini banyak antivirus yang bebas biaya alias gratis.

Berikut ini adalah 8 antivirus terbaik yang bisa kamu download gratis untuk membuat keamanan ketika online. Masing-masing memiliki keunggulan tersendiri. Cek sendiri deh, dirilis brilio.net dari Tech Radar, Rabu (18/5)).

1. Avira Free Antivirus

av gratis  © 2016 brilio.net

Avira Free Antivirus telah diinstal sebanyak 477 juta kali. Antivirus ini cepat, tidak memberikan terlalu banyak petunjuk dan peringatan. Avira disebut-sebut tak kalah dari Kaspersky.  

Loading...

2. Bitdefender Antivirus Free Edition

av gratis  © 2016 brilio.net

Tidak banyak pemberitahuan tentang update baru atau peringatan lain dari antivirus ini. BitDefender Antivirus Free Edition bekerja bagai ninja, mengintai diam-diam dan memusknahkan virus begitu saja. Bitdefender tidak memperlambat komputermu dan tidak akan mengganggu kerjamu.

3. Ad-Aware Free Antivirus+

av gratis  © 2016 brilio.net

Seperti namanya, Ad-Aware Free Antivirus+ awalnya hanya sebagai anti-adware, namun kemudian berevolusi untuk mengatasi ancaman yang lebih berbahaya. Antivirus ini tidak akan mengusik game-mu.

4. 360 Total Security 2016

av gratis  © 2016 brilio.net

360 Total Security 2016 dari Qihoo menggabungkan Avira, BitDefender, 360 Cloud Scan Engine dan 360 QVMII AI mesin, sehingga memungkinkan melakukan deteksi ancaman bahkan sebelum nama virus-virus itu dirilis.

5. Panda 2016 Free Antivirus

av gratis  © 2016 brilio.net

Panda Free Antivirus tidak terlalu membebani komputermu. Kemampuan Panda dalam mendeteksi virus tidak kalah dari Avast, AVG atau BitDefender.

6. Avast Free Anti-Virus 2016

av gratis  © 2016 brilio.net

Avast Free Anti-Virus 2016 melindungi komputermu dari malware dan virus yang dapat mengidentifikasi kelemahan sinyal Wi-Fi-mu. Meskipun tidak selengkap versi berbayarnya, tetapi versi gratis  ini cukup mampu membuat komputermu aman dari serangan virus online yang paling umum.

7. AVG AntiVirus Free 2016

av gratis  © 2016 brilio.net

AVG AntiVirus Free 2016 memungkinkan untuk memindai PC dari ponsel. Meskipun tak sebaik edisi berbayarnya, edisi gratis AVG ini menawarkan cukup banyak perlindungan.

8. Microsoft Security Essentials dan Windows Defender

av gratis  © 2016 brilio.net

Microsoft telah menginvestasikan uang dalam jumlah besar dalam perlindungan sistem dalam bentuk Microsoft Security Essentials untuk Windows 7 dan Vista serta Windows Defenderuntuk Windows 8 dan Windows 10. Antivirus ini terintegrasi dengan baik dengan Windows. Versi 2016 ini  menawarkan perlindungan yang jauh lebih baik dibandingkan versi 2015.

Kalau di komputermu sudah ada antivirus apa guys?