Brilio.net - Siapa yang tak kenal dengan brand asal China yang satu ini? Vivo merupakan salah satu brand smartphone yang sangat terkenal, terutama di Indonesia. Smartphone yang satu ini memiliki fitur-fitur menarik, canggih, dan berkualitas. Sejak kemunculannya, Vivo laris manis disukai banyak kalangan. Selain andal, harga handphone Vivo tergolong relatif murah.

Vivo adalah salah satu brand yang memang unggul dalam kualitas kameranya. Hasil gambar yang dihasilkan oleh kamera HP Vivo nampak lebih halus, terang dan jelas. Pada akhir tahun 2019 lalu, Vivo merilis produk terbarunya untuk pasar Indonesia.

Vivo merilis seri S1 Pro, yang sebelumnya didahului dengan dirilisnya Vivo S1. Vivo S1 Pro ini muncul dengan desain yang berbeda dengan seri S yang sebelumnya. Perbedaan ini sangat terlihat pada tata letak dan jumlah kamera pada body belakang. Meski begitu, ada beberapa kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh HP Vivo S1 Pro ini.

Berikut harga dan rincian spesifikasi, lengkap dengan kelebihan dan kekurangan dari Vivo S1 Pro, seperti brilio.net lansir dari vivo.com dan sumber lainnya pada Kamis (8/10).

Spesifikasi

Loading...

1. Memiliki layar super AMOLED dengan ukuran 6.38 inci.

2. Resolusi layar 1080 x 2340 piksel, rasio 19,5:9 (kepadatan 404 ppi).

3. Dibekali chipset Qualcomm SDM665 Snapdragon 665 (11 nm), CPU Octa-core (4x2.0 GHz Kryo 260 Gold & 4x1.8 GHz Kryo 260 Silver), dan GPU Adreno 610.

4. Untuk media penyimpanan, terdiri dari RAM 8 GB, memori internal 128 GB atau 256 GB dan didukung microSD, hingga 256 GB (slot khusus).

5. Batrai tanam jenis Li-Po dengan kapasitas 4500 mAh, fast charging 18 W

6. Dilengkapi dengan 4 kamera belakang yang terdiri dari 48 MP + 8 MP + 2 MP + 2 MP, dan 32 MP, f/2.0, 0.8µm untuk kamera depan.

7. USB Type-C, USB On-the-Go, Audio Jack 3.5mm

8. Dilengkapi sensor fingerprint di layar, accelerometer, gyro, proximity, compass.

Harga

Dimulai dari Rp 3.699.000

Kelebihan Vivo S1 Pro

1. Quad Camera.

Spesifikasi harga vivo S1 Pro © 2020 brilio.net

foto: vivo.com

Seperti yang dibahas sebelumnya di bagian desain, Vivo S1 Pro hadir dengan desain kamera yang unik. Desainnya berbentuk diamond yang membuat ponsel ini memiliki ciri khas tersendiri. Di dalam bagian kamera ini, terdapat empat kamera atau quad camera. Kamera ini terdiri dari kamera utama 48 MP, kamera ultra-wide 8 MP, kamera makro 2 MP, dan kamera depth sensor 2 MP. Sementara untuk kamera depannya, kamu akan mendapati kamera selfie 32 MP yang diletakkan pada sebuah poni berbentuk waterdrop notch.

Selain itu kamera dari Vivo S1 Pro ini memiliki beberapa mode dan vitur seperti AI Face Beauty, AI Makeup, Pose Master, Potrait Framing, dan lainnya. Untuk pencinta selfie atau pun fotografi, spesifikasi kamera tersebut sudah cukup mumpuni dan dapat memanjakan penggunanya.

Selanjutnya kebutuhan merekam gambar atau video. Kemampuan tertinggi yang bisa dipilih untuk merekam ialah Full HD 1080p, dengan pengaturan default berada di rentang 720p. Perekaman gambar bisa memilih dua kode yakni H.264 agar lebih kompatibel atau H.265 yang lebih efisien. Kebutuhan variasi rekam bisa didapatkan dengan memanfaatkan mode time lapse ataupun slow motion.

2. Dapur pacu yang manjakan gamers.

Spesifikasi harga vivo S1 Pro © 2020 brilio.net

foto: vivo.com

Vivo S1 Pro menggunakan chipset Snapdragon 665 untuk dapur pacunya. Di dalam chipset Snapdragon 665 terdapat prosesor octa core yang terdiri dari empat core Kryo 260 Gold 2.0 GHz untuk performa dan empat core Kryo 260 Silver 1.8 GHz untuk hemat daya. Sementara untuk pengolah grafis, tersemat GPU Adreno 610. Dengan spesifikasi chipset tersebut, para gamers dapat bermain game seperti PUBG Mobilr dengan pengaturan grafis smooth dengan frame rate high atau balance dengan frame rate medium, yang tergolong lancar dan tanpa nge-lag.

3. Fast charging.

Spesifikasi harga vivo S1 Pro © 2020 brilio.net

foto: vivo.com

Untuk seorang gamers, tentu membutuhkan HP dengan daya baterai yang tahan lama dan cepat saat pengisian daya. Vivo S1 Pro sudah dibekali baterai berkapasitas 4.500 mAh yang terbilang cukup besar, dengan fitur pengisian daya yang cepat seperti Dual-Engine Fast Charging 18W lengkap dengan port bertipe USB Type-C. Dengan proses charging yang cepat, membuat seorang gamers tak ketinggalan untuk kembali memainkan game dengan lawan.

4. Layar AMOLED.

Spesifikasi harga vivo S1 Pro © 2020 brilio.net

foto: vivo.com

Seperti yang tertera dalam spesifikasi di atas, Vivo S1 Pro memiliki layar dengan dimensi 6,38 inci dengan resolusi Full HD+ 1080 x 2340 pixel, dan panel layar super AMOLED FHD+ dan rasio 19.5:9. Kualitas layar AMOLED, menjadi salah satu yang ditawarkan pada HP-HP kekinian.

Layar AMOLED memiliki kecerahan tinggi di dalam tampilannya. HP yang menggunakan layar AMOLED dapat membuat warna foto ataupun video lebih stabil, sehingga tampilannya bisa lebih cerah dan tajam. Menggunakan spesifikasi seperti ini, tentu vivo S1 Pro juga sudah dilengkapi dengan fitur Always On Display (AOD) serta Screen Touch ID sebagai fitur keamanan biometrik andalannya. Tak hanya mempercantik tampilan, teknologi ini juga memiliki tingkat konsumsi energi rendah atau hemat daya.

5. Kapasitas penyimpanan yang lega.

Spesifikasi harga vivo S1 Pro © 2020 brilio.net

foto: vivo.com

Vivo S1 Pro dilengkapi dengan kapasitas memori yang lega, yaitu dengan RAM 8GB dan ROM (memori internal) 128GB. Vivo S1 Pro juga memiliki slot bertipe hybrid yang memungkinkan untuk menambahkan memori eksternal dengan microSD hingga 256GB. Dengan kapasitas yang lega, memungkinkan penggunanya untuk men-download aplikasi-aplikasi dengan kapasitas besar.

Kekurangan Vivo S1 Pro

1. Tidak dibekali NFC.

Spesifikasi harga vivo S1 Pro © 2020 brilio.net

foto: vivo.com

Saat beberapa brand kompetitor sekelas Vivo S1 Pro sudah dilengkapi dengan NFC, Vivo S1 Pro justru belum dibekali fitur ini. NFC atau Near Field Communication dapat memudahkan kamu dalam men-transfer data antar perangkat tanpa harus melalui proses pairing seperti saat menggunakan Bluetooth. Selain itu, kamu juga bisa melakukan transaksi pada mesin digital menggunakan NFC.

2. Tak ada tombol Assistant.

Spesifikasi harga vivo S1 Pro © 2020 brilio.net

foto: vivo.com

Tombol assistant pada smartphone biasanya terintegrasi dengan Jovi AI Assistant atau Google Assistant yang terdapat pada perangkatnya. Sayangnya, tombol ini tidak ditemukan pada Vivo S1 Pro. Kamu hanya akan menemukan dua dari tiga buah tombol pada bodi smartphone, yakni tombol power dan tombol volume up/down saja.