Brilio.net - Samsung merupakan merek smartphone yang sudah memiliki nama besar. Tak sedikit konsumen merasa puas menggunakan produk-produk keluaran Samsung, termasuk smartphone. Ada banyak jenis dan seri yang ditawarkan, salah satu yang banyak diincar orang sekarang ini adalah Samsung Galaxy A30.

Samsung A30 hadir untuk memenuhi kebutuhan segmen kelas menengah ke bawah. Seri satu ini menjadi yang cukup bisa diandalkan karena hadir dengan spesifikasi tinggi. Bagaimana tidak, dengan harga hanya Rp 2 jutaan, smartphone ini tak kalah keren dengan yang ada di kelas atas.

Buat kamu yang sedang mengincar Samsung A30, yuk cari tahu dulu kelebihan dan kekurangannya. Berikut lansiran brilio.net dari berbagai sumber, Rabu (14/10).

Kelebihan Samsung Galaxy A30

1. Desain elegan.

Desain dari Samsung A30 ini benar-benar elegan meski harganya terbilang cukup murah. Untuk Samsung A30 yang berwarna biru, bodi bagian belakangnya akan menyajikan efek pantulan cahaya yang cantik.

Loading...

Warna birunya juga bisa terlihat berbeda tergantung dari arah cahaya dan bayangan di sekelilingnya. Tak hanya satu warna saja, namun ada pula warna hitam dan putih.

2. Layar super AMOLED yang khas.

Seperti yang diketahui, Samsung selalu memberikan yang terbaik, termasuk dari segi layar. Bukan Samsung jika tidak menggunakan super AMOLED. Galaxy A30 pun memenuhi ekspektasi tersebut.

Layar tetap bisa jelas terlihat meski di sudut ekstrim, tingkat kecerahan tinggi dan tetap jernih di luar ruangan.

3. Baterai tahan lama.

Kapasitas baterai yang ditawarkan pada Galaxy A30 ini sebesar 4.000 mAh sangat lebih dari cukup dan bisa bertahan hingga seharian.

Tak hanya kapasitas baterai saja yang memenuhi kebutuhan, namun juga proses pengisian daya pun terbilang cukup cepat, jadi kamu tidak perlu menunggu terlalu lama.

4. Ruang penyimpanan besar.

Samsung Galaxy A30 hadir dengan dua pilihan penyimpanan, yakni 32 GB dan 64 GB. Kapasitas ini terbilang cukup besar dan bisa memenuhi kebutuhan penggunanya. Penyimpanan internal yang memenuhi ekspektasi tersebut didukung dengan RAM berkapasitas 4 GB untuk memastikan proses multitasking berjalan lancar.

5. Ukuran layar yang memuaskan.

Samsung Galaxy A30 hadir dengan layar yang benar-benar memuaskan, tidak terlalu besar dan juga kecil, ukuran layar Galaxy A30 adalah 6,4 inci. Ukuran yang pas ini disempurnakan dengan resolusi layar tinggi, yakni Full High Definition Plus (Full HD+) 2.340 x 1.080 piksel.

Kekurangan Galaxy A30

1. Kamera belum dibekali night mode.

Jika kamu mengikuti perkembangan smartphone sekarang ini, tentunya sudah tidak asing lagi dengan night mode. Fitur ini memudahkan penggunanya ketika memotret di kondisi low light dengan hasil yang lebih baik. Samsung Galaxy A30 belum dilengkapi fitur satu ini.

2. Sensor sidik jari tidak bekerja maksimal.

Samsung Galaxy A30 ini tidak memberikan kemudahan dalam sensor biometrik sidik jari, karena terlalu sulit dijangkau. Di mana sensornya tidak begitu responsif dan tidak begitu cepat.

Namun sebenarnya ini bukan masalah besar, kamu bisa mengulanginya jika sidik jari kamu tidak terbaca, letakkan saja secara secara tepat pada saat membukanya.

3. Performa tidak sekencang pesaingnya.

Samsung Galaxy A30 masih mengandalkan SoC yang sama dengan Galaxy M20, yakni Exynos 7904 octa-core dengan GPU Mali G71 MP2. Dipadukan dengan RAM 4 GB, untuk penggunaan sehari-hari Galaxy A30 memang masih gesit menangani berbagai pekerjaan standar. Namun bagi mereka yang suka main game, ini akan menjadi masalah.

Cara mengatasi agar HP tidak cepat panas

1. Hindari sinar matahari langsung ke ponselmu.

Harga Samsung A30 © 2020 brilio.net

foto: pixabay

Meski kamu ingin selalu mengakses ponsel di mana saja, namun itu buruk bagi HP. Ponsel dapat menangkap cahaya dan panas dari matahari dan mempertahankannya di dalam. Menghindari sinar matahari langsung dan panas adalah cara termudah untuk mencegah ponsel kepanasan.

2. Matikan aplikasi dasar yang tidak digunakan.

Harga Samsung A30 © 2020 brilio.net

foto: brilio.net

Membiarkan aplikasi yang tidak kamu gunakan tetap berjalan di latar belakang, dapat menguras baterai dan menambah panas pada ponsel. Contohnya pada iPhone, yang harus kamu lakukan hanyalah menekan tombol beranda dua kali dan menghapus aplikasi.

Cara ini tidak hanya menghemat baterai tetapi juga dapat mengurangi kerasnya mesin ponsel bekerja.

3. Jangan naikkan kecerahan HP.

Harga Samsung A30 © 2020 brilio.net

foto: brilio.net

Sama seperti menjalankan aplikasi latar belakang, menaikkan kecerahan ponsel akan memaksa baterai untuk bekerja lebih keras. Alih-alih menaikkan kecerahan, pada akhirnya layar HP-mu akan terlalu silau. Kamu bisa setting secukupnya agar matamu juga tak cepat lelah.

4. Matikan HP saat tidak dipakai.

Harga Samsung A30 © 2020 brilio.net

foto: unsplash

Saat kamu tidak sedang menggunakan ponsel, matikan ke mode pesawat atau matikan penuh mesin HP-mu. Dua opsi ini memudahkan dirimu untuk bisa menghemat baterai dan mencegahnya memanas.

Saat ponsel dalam keadaan mati, seluruh proses kegiatan ponsel akan mati. Cara ini paling cepat untuk menurunkan temperatur HP. Selain itu juga berfungsi mengembalikan kecepatan kerja aplikasi ketika HP dibuka.

5. Lepaskan casing HP.

Harga Samsung A30 © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@tamiahstore

Jika ponsel milikmu panas, casing HP juga menahan panas. Melepaskan casing akan memungkinkan ventilasi panas telepon untuk melakukan pekerjaan mereka sepenuhnya tanpa harus dihalang-halangi oleh benda yang sebenarnya tidak terlalu diperlukan. Ini akan membantu ponsel menjadi lebih cepat dingin.

6. Pisahkan ponsel dari gadget lainnya.

Harga Samsung A30 © 2020 brilio.net

foto: unsplash

Saat kamu tidak sedang memakai HP, jangan simpan ponsel dengan gadget lainnya. Menyimpan ponsel, tablet, dan komputer atau laptop dalam satu tempat (bahkan lebih buruk lagi, ditumpuk di dalam tas) memungkinkan baterai HP akan cepat panas. Pisahkan barang-barang itu agar kamu tetap tenang.

7. Kelola penyimpanan ponsel.

Harga Samsung A30 © 2020 brilio.net

foto: airmore

Terlalu banyak file dan aplikasi yang tersimpan di ponsel juga dapat menyebabkan masalah panas berlebih. Dalam hal ini, kamu perlu memeriksa jenis file apa yang terlalu banyak memakan penyimpanan ponsel. Kamu dapat pergi ke Setting/Pengaturan untuk melihat penyimpanan dan menghapus beberapa data yang tidak diperlukan lagi. Jangan lupa back up atau selamatkan data-data penting untuk dipindahkan ke komputer/laptop kamu.

8. Cabut charger saat ingin menggunakan HP.

Harga Samsung A30 © 2020 brilio.net

foto: pixabay

Saat kamu masih tetap ingin menggunakan HP, hindari bersamaan saat kamu sedang mengisi baterai. Panas yang dikeluarkan HP saat di-charge sangat berbahaya untuk mesin HP-mu sendiri. Ingat kasus ada HP meledak gara-gara masih dimainkan padahal sedang dalam keadaan di-charge?

9. Letakkan ponsel di tempat dingin.

Harga Samsung A30 © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@eko_herowati

Jangan letakkan ponsel di sekitar tempat yang panas atau di samping perangkat lain yang sedang berjalan. Meletakkan ponsel di tempat yang dingin tidak berarti memasukkannya ke lemari es, karena itu juga akan menyebabkan kerusakan pada ponsel, terutama mesinnya.

Namun, kamu dapat mendinginkan ponsel dengan meletakkannya di depan kipas angin, ventilasi AC, atau di atas lantai yang dingin.