Brilio.net - Pengguna Facebook, Instagram, dan Messanger sedang mengalami mengalami kendala saat mengirim pesan. Hal ini dikabarkan karena aplikasi tersebut mengalami down.

Baru saja mengganti namanya menjadi Meta, perusahaan yang sebelumnya bernama Facebook ini mengalami pemadaman yang terjadi sejak pukul 23:00 WIB (3/11). Meski begitu, hanya ada beberapa fitur yang dipengaruhi server down ini.

Banyak pengguna, khususnya Instagram, komplain karena mereka tidak bisa mengirim pesan dengan lancar melalui aplikasi ini. Meta mengatakan kepada The Independent, "Kami menyadari bahwa banyak pengguna yang mengalami isu dalam mengakses Messanger, Workplace Chat dan Instagram DM. Kami sedang memperbaiki masalah ini agar kembali normal secepat mungkin dan kami mohon maaf atas ketidaknyamanan yang dialami pengguna."

Padahal Oktober lalu, ketiga aplikasi ini sempat mengalami down pula yang menyebabkan penggunanya tak bisa memakai aplikasi selama beberapa jam. Bedanya, saat itu WhatsApp juga ikut padam.

Terkait dengan hal tersebut, Facebook lantas meminta maaf kepada miliaran penggunanya dan menjelaskan bahwa ada perubahan konfigurasi atau "configuration changes".

"Penyebab yang mendasari server down ini mempengaruhi faktor dan sistem internal yang kami gunakan sehari-hari dalam pengoperasian, hal ini juga membuat usaha yang rumit untuk mendiagnosa secara cepat permasalahan dari pemadaman ini," ujar Facebook dalam situs blog-nya pada saat itu.

(brl/pep)

(brl/pep)