Brilio.net - Memilih laptop memang memerlukan pertimbangan yang matang. Salah satu yang menjadi pertimbangan utama adalah performa yang ditawarkan. Setidaknya, laptop yang dipilih dapat melakukan berbagai task tanpa kendala berarti, mulai dari bekerja, main game, hingga memutar film.

Untuk memenuhi kegiatan tersebut, setidaknya ada tiga pilihan laptop yang bisa dipertimbangkan, yaitu Asus VivoBook M1403QA, Lenovo Ideapad Slim 3, dan HP 14s. Ketiganya sama-sama dijual dengan harga Rp 7 jutaan, namun memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Agar tidak bingung, berikut perbandingan ketiganya yang telah brilio.net himpun dari berbagai sumber, Rabu (10/5).

Spesifikasi Lengkap Asus VivoBook 14X M1403, Lenovo Ideapad Slim 3, dan HP 14s.

1. Layar.

Asus VivoBook 14X M1403.

Laptop Asus VivoBook 14X M1403 ini menggunakan layar berukuran 14 inci LED dengan panel VIPS serta memiliki resolusi WUXGA (1920x1200), menjadikan laptop ini memiliki resolusi layar terbaik dibanding kedua pesaingnya.

Selain resolusi, laptop ini juga memiliki aspect ratio 16:10, sedikit lebih baik dibanding pesaingnya. Untuk menyajikan gambar yang tajam, terdapat GPU AMD Radeon Graphics di dalamnya. Untuk melindungi mata pemilik dari kelelahan, layar laptop ini memiliki fitur bernama Asus EyeCare protection agar tidak mudah lelah saat menatap layar dalam durasi yang cukup lama.

Lenovo Ideapad Slim 3.

Sama seperti Asus, terpasang layar berukuran 14 inci dengan panel TN serta memiliki resolusi FHD (1920x1080). Layar laptop ini sudah cukup baik untuk menunjang kegiatanmu, mulai dari bekerja hingga bermain game. Layar laptop ini memiliki aspect ratio 16:9 dan mengandalkan Integrated AMD Radeon Graphics untuk menghasilkan gambar yang jernih.

HP 14s.

Sedangkan untuk laptop HP 14s, menggunakan layar berukuran 14 inci dengan panel IPS serta memiliki resolusi FHD (1920x1080). Gambar yang dihasilkan pun detail, cocok untuk digunakan bekerja di bidang visual. Layar laptop ini memiliki aspect ratio 16:9 dan menggunakan AMD Radeon Graphics untuk mengolah visual dengan hasil yang baik.

2. Performa.

Asus VivoBook 14X M1403.

Untuk urusan performa, Asus memasangkan AMD Ryzen 5 5600H dengan arsitektur Zen 3 hexa-core 12 thread pada laptop VivoBook 14X M1403, prosesor yang biasanya digunakan pada laptop gaming. Prosesor ini memiliki kecepatan hingga 3,3 GHz dan dengan Turbo menjadi maksimal 4,2 GHz.

Maka tidak heran, jika performa yang dihasilkan laptop ini jadi daya tarik, karena memang lebih stabil dan juga dapat menjalankan task dari program berukuran besar tanpa kendala. Untuk segi memori, laptop ini memiliki RAM berukuran 8GB DDR4 dual-channel yang dapat kamu upgrade.

Untuk menyimpan berkas, kamu dapat mengandalkan penyimpanan berkapasitas 512GB berjenis SSD yang dapat mentransfer data dengan cepat serta hemat energi.

Lenovo Ideapad Slim 3.

Sedangkan untuk laptop besutan Lenovo, menggunakan prosesor AMD Ryzen 5 5625U hexa-core 12 thread dengan arsitektur Zen 3. Performa yang dihasilkan pun sangat baik untuk bekerja hingga bermain game ringan ke moderate. Prosesor ini memiliki kecepatan 2,3 GHz dan dengan Turbo mencapai 4,3 GHz.

Sedangkan untuk urusan memori, terpasang RAM berukuran 8GB DDR4 yang dapat diupgrade maksimal hingga 16GB. Lalu, untuk penyimpanan laptop ini menggunakan SSD berkapasitas 512GB. Walaupun performa transfer data terasa standar, namun sudah cukup untuk aktivitasmu.

HP 14s.

Laptop ini mengandalkan prosesor AMD Ryzen 5 5625U hexa-core 12 thread dengan arsitektur Zen 3 yang memiliki kecepatan hingga 2,3 GHz dan dengan Turbo mencapai 4,3GHz. Performa ini tentu sangat cukup untuk diandalkan saat bekerja.

Agar lebih lancar, laptop ini juga dibekali dengan RAM berkapasitas 8GB DDR4 dual-channel yang dapat diupgrade. Sedangkan untuk urusan menyimpan file, terdapat media penyimpanan berjenis SSD dengan kapasitas hingga 512GB.

3. Baterai.

Asus VivoBook 14X M1403.

Laptop ini memiliki kapasitas baterai yang cukup besar, baterai 3 Cell 50WHrs yang dapat bertahan hingga 8 jam dalam pemakaian normal, sehingga kamu dapat beraktivitas tanpa takut baterai akan habis dalam waktu yang cepat. Untuk menopang hal tersebut, Asus melengkapinya dengan Power Adapter fast charging 90W yang dapat mengisi daya dalam waktu singkat, sekitar 40 menit saja untuk mencapai 60%.

Lenovo Ideapad Slim 3.

Untuk daya tahan, laptop ini dibekali dengan baterai 3 Cell 38WHrs yang dapat bertahan dalam pemakaian normal hingga 7 jam, cukup untuk penggunaan standar. Sedangkan untuk pengisian daya, Lenovo melengkapinya dengan power adapter fast charging 65W.

HP 14s.

Laptop ini dibekali dengan baterai yang cukup besar, yakni baterai 3 Cell 41WHrs yang dapat bertahan setidaknya 7 jam lebih dalam pemakaian normal. Untuk mengisi daya secara cepat, HP memberikan power adapter tipe fast charging 45W.

4. Dimensi.

Asus VivoBook 14X M1403.

Jika kamu mencari laptop dengan desain yang elegan dan minimalis, maka Asus VivoBook ini bisa menjadi pertimbangan. Laptop ini tersedia dalam 2 pilihan warna, yaitu Quiet Blue dan Transparent Silver. Sedangkan untuk bobotnya, laptop ini cukup ringan untuk dibawa kemana-mana.

Asus VivoBook 14X M1403 ini memiliki dimensi 31.71 x 22.20 x 1.99 (WxHxD). Dengan begitu, laptop ini tidak begitu tebal dan juga memiliki berat (dengan baterai) sekitar 1.60 kg. Cukup ringkas untuk dibawa kemanapun. Terdapat fitur finger print sebagai keamanan pada laptop ini.

Lenovo Ideapad Slim 3.

Bisa dikatakan, laptop Lenovo khususnya untuk seri ideapad memiliki desain yang khas, begitu juga dengan Ideapad Slim 3 ini. Dengan desain yang polos serta penempatan logo Lenovo di sisi kanan laptop membuat laptop ini terlihat elegan.

Laptop ini tersedia dalam 3 pilihan warna, yaitu Arctic Grey, Abyss Blue, dan Misty Blue. Laptop ini memiliki dimensi 32.42 x 21.57 x 1.99 cm. Sementara untuk bobotnya sekitar 1.60 kg.

HP 14s.

Laptop ini memiliki bobot yang cukup ringan, hanya sekitar 1.47 kg saja (dengan baterai). Sementara, untuk dimensinya adalah 32.4 x 22.5 x 1.79 cm. Namun, hanya tersedia satu pilihan warna saja, yaitu Natural Silver.

Nah, itu dia perbandingan ketiga laptop yang terjangkau serta dapat diandalkan untuk segala kegiatan. Dengan harga mulai dari Rp 7 jutaan, setiap laptop memiliki daya tarik masing-masing, contohnya laptop Asus yang memiliki kapasitas baterai serta waktu pengisian daya paling cepat dibanding pesaingnya.